Tips & Trik

Cara Menghidupkan HP yang Mati Total, Dijamin Berhasil

Tata cara menghidupkan HP yang mati total sangat penting untuk diketahui terutama jika HP Anda mengalami keadaan mati total.

HP yang matot alias mati total pastinya akan merepotkan dan membuat penggunanya khawatir. Bagaimana tidak, di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, aktivitas kebanyakan berkaitan dengan ponsel pintar atau smartphone.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, benda bernama ponsel pintar tersebut kerap kali diandalkan untuk berbagai hal.

Bukan hanya untuk melakukan komunikasi, namun kini smartphone memiliki fungsi yang lebih dari itu. Dengan adanya smartphone, aktivitas menjadi lebih mudah, cepat, dan praktis karena dibantu dengan berbagai fitur yang tersedia.

Mulai dari hiburan, bisnis, melakukan pekerjaan, serta bertransaksi juga kini bisa dilakukan melalui smartphone.

Oleh karena itu, jika HP tiba-tiba mati dan tidak menampilkan apapun meski tombol yang ada sudah dicoba untuk ditekan, pastinya akan merepotkan. Apalagi, jika keadaan tersebut terjadi ketika Anda berada di luar rumah.

Perlu Anda ketahui, ada beberapa penyebab HP mati total. Bisa jadi karena baterai pada perangkat bermasalah, adanya virus, aplikasi tidak sesuai, perangkat terlalu panas, kerusakan pada komponen HP, dan lainnya.

Di antara penyebab tersebut, ada yang bisa dihindari, dan ada juga yang tidak. Oleh karena itu, pastikan Anda mengetahui bagaimana cara merawat ponsel smartphone.

Untuk menghindari kejadian HP mati total, Anda bisa merawat smartphone dengan tepat, dengan melakukan cara membersihkan memori internal HP, cara membersihkan speaker, cara mendinginkan HP yang panas, dan lain-lain.

Jika HP Anda sedang dalam keadaan mati total, sebelum buru-buru pergi ke service center, Anda bisa mencoba beberapa cara untuk menghidupkan HP yang mati total di bawah ini yang telah Hallo GSM rangkum dari berbagai sumber.

Cara Menghidupkan HP yang Mati Total

Pastikan HP Kering

Jika HP mati total disebabkan terkena air dengan jumlah yang banyak seperti masuk ke dalam kolam renang ataupun yang lainnya, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengeringkan perangkat dengan cara yang tepat.

Langkah ini dapat mencegah kemungkinan munculnya masalah yang lebih serius. Anda bisa mengeringkannya dengan cara manual dan hati-hati.

Untuk lebih jelasnya, Anda perlu mengikuti dan mengetahui cara mengatasi HP kemasukan air yang tepat dan mudah.

Jika HP sudah dalam keadaan benar-benar kering, Anda bisa melakukan langkah selanjutnya.

Cara Menghidupkan HP yang Mati Total dengan Mengisi Daya Baterai

Apabila HP mati bukan disebabkan terkena air, maka langkah yang harus dilakukan untuk menghidupkannya adalah dengan melakukan pengisian daya menggunakan charger atau power bank.

Jika ponsel menyala dengan tampilan seperti biasa ketika mengisi daya, tunggu hingga baterai terisi 90% dan nyalakan ponsel seperti biasa.

Akan tetapi, jika ponsel dihubungkan dengan charger namun tidak memperlihatkan respon apa-apa atau bahkan suhu ponsel menjadi panas, segera cabut sambungan dengan charger

.

Kondisi tersebut kemungkinan ada kerusakan yang cukup serius di bagian baterai atau ada ketidakcocokan antara baterai dengan charger. Untuk itu, pastikan gunakan charger yang original.

Nyalakan dengan Baterai Lain

Pada smartphone yang masih menggunakan sistem baterai removable atau lepas-pasang, keadaan HP mati total bisa coba diatasi dengan mengganti baterai dengan menggunakan baterai lain.

Pastikan bahwa baterai yang digunakan kompatibel dengan smartphone Anda. Jika HP Anda menyala, maka dapat dipastikan bahwa baterainya rusak dan perlu diganti.

Factory Reset

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk menghidupkan smartphone yang mati total bisa dengan factory reset. Cara ini dilakukan ketika Anda sudah melakukan cara di atas, namun HP masih saja mati.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa factory reset bisa menghapus semua data yang ada pada smartphone. Untuk itu, pastikan data-data penting sudah aman.

Meskipun begitu, cara ini diyakini bisa mengatasi berbagai masalah seperti HP panas, bootloop, mati total, lag, dan lainnya.

Pasalnya, factory reset akan membuat smartphone menjadi seperti baru lagi layaknya baru keluar dari pabrik.

Anda bisa melakukan cara reset HP yang mati total dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini. Meskipun dalam keadaan mati, namun pastikan bahwa HP sebelumnya memiliki daya.

  • Tekan dan tahan kombinasi tombol Power dan Volume bersamaan selama beberapa detik.
  • Jika berhasil, nantinya akan muncul mode recovery.
  • Pilih menu Factory Reset.
  • Klik Yes, kemudian pilih Delete All User Data.
  • Tunggu hingga sistem memproses.
  • Setelah itu, klik Reboot System Now.
  • Tunggu hingga proses selesai dan nyalakan smartphone seperti biasa.

BACA JUGA: Cara Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power Paling Praktis

Demikian beberapa cara menghidupkan HP yang mati total. Anda bisa melakukannya dengan bertahap. Jika HP Anda masih mati, maka perbaiki ke service center. Semoga artikel ini membantu.