Tips & Trik

Cara Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power Paling Praktis

Cara menghidupkan HP tanpa tombol Power bisa dilakukan dengan mudah. Cara ini sering dicari-cari ketika pengguna handphone punya masalah pada tombol Power.

Salah satu masalah yang sering terjadi pada pengguna HP adalah tombol Power yang tidak berfungsi dengan normal.

Bagaimana tidak, tombol yang berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan ponsel itu tentunya sangat sering digunakan.

Apalagi, dengan intensitas penggunaan smartphone yang tinggi di setiap harinya, tombol Power memiliki peluang kerusakan yang lebih cepat.

Ketika tombol Power mengalami kendala atau kerusakan, pastinya akan menghambat penggunanya dalam melakukan aktivitas digital.

Akan sangat repot ketika membutuhkan smartphone namun tombol Power sudah tidak berfungsi dan layar perangkat dalam keadaan mati.

Jangan khawatir, karena kali ini Hallo GSM akan berbagi informasi mengenai cara menghidupkan HP tanpa menggunakan tombol Power.

Ya, HP bisa menyala sekalipun tombol Power sedang tidak berfungsi alias rusak. Penasaran? simak hingga akhir, ya!

Cara Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power

Tekan Tombol dengan Benda Lain

Kerusakan pada tombol Power memiliki jenis yang beragam. Bisa jadi, tombolnya masih bisa berfungsi namun tidak responsif.

Nah, untuk mengatasinya, coba tekan menggunakan benda tajam seperti SIM card ejector, tusuk gigi, atau sejenisnya pada lubang kecil yang ada di tombol Power.

Dengan cara tersebut, tombol pada bagian dalam akan lebih mudah diakses hingga akhirnya melakukan fungsi dengan baik.

Gunakan Sensor Biometrik

Sensor biometrik yang paling umum ditemukan adalah sensor fingerprint dan face unlock. Namun, sayangnya tidak semua HP dilengkapi dengan dukungan sensor tersebut.

Akan tetapi, handset versi terbaru saat ini baik kelas entry apalagi flagship

umumnya sudah didukung dengan sensor tersebut sebagai fitur keamanan.

Nah, jika HP kamu termasuk salah satunya, maka memanfaatkannya bisa langsung menghidupkan layar tanpa harus menekan tombol Power.

Hubungkan dengan Charger atau Powerbank

Cara paling praktis untuk menyalakan HP tanpa menggunakan tombol Power adalah dengan menyambungkannya ke charger atau powerbank.

Jika HP masih aktif, layar akan langsung menyala dan kamu tinggal membuka kunci layar dan langsung bisa menggunakannya.

Aktifkan Fitur Ketukan Layar

Rasanya sudah banyak smartphone yang dilengkapi fitur ketukan layar. Fitur tersebut bisa digunakan untuk mengaktifkan layar hanya dengan mengetuk sebanyak dua kali.

Untuk mengaktifkannya, masuk ke menu Pengaturan atau Settings > Layar kunci > aktifkan fitur Ketuk 2x untuk bangunkan atau matikan layar.

Nah, setelah aktif, menghidupkan layar lebih mudah dengan mengetuk layar dua kali tanpa perlu menggunakan tombol Power.

BACA JUGA: Penyebab HP Panas dan Cara Ampuh Mengatasinya

Itulah beberapa cara menghidupkan HP tanpa tombol Power yang bisa dilakukan sebagai alternatif ketika tombol Power mengalami kerusakan ataupun untuk meminimalisirnya.