Tips & Trik

Cara Menghemat Baterai HP, Dijamin Awet Seharian

Cara menghemat baterai HP (handphone) perlu diketahui oleh setiap penggunanya. Pasalnya, cara ini akan sangat berguna, apalagi ketika melakukan perjalanan jauh.

Selain itu, menghemat baterai juga bisa membuat umur hp lebih panjang. Jadi, pengguna tidak perlu sering mengganti hp hanya karena baterainya yang sudah rusak.

Tidak bisa dipungkiri, baterai merupakan komponen penting di setiap smartphone atau perangkat elektronik lainnya.

Baterai memberi daya pada ponsel, sehingga bisa digunakan untuk berbagai aktivitas digital, seperti melakukan pekerjaan, komunikasi, transaksi, belanja online, hingga mengambil uang.

Oleh karena itu, banyak orang yang mengecek terlebih dahulu berapa kapasitas baterai suatu perangkat, terutama smartphone, sebelum membelinya.

Baterai dengan kapasitas lebih besar yang tentunya lebih awet, mendapat perhatian lebih dan kerap menjadi pilihan. Hal ini dikarenakan pengguna HP tidak mau direpotkan dengan seringnya mengisi ulang baterai.

Perlu diketahui, baterai yang boros biasanya dipengaruhi beberapa faktor. Faktor utama biasanya dari durasi penggunaan baterai itu sendiri.

Agar masalah baterai boros tidak semakin parah, kali ini Hallo GSM akan membagikan tips mudah menghemat baterai HP agar tidak cepat habis.

Beberapa cara menghemat baterai di bawah ini bisa dipraktikkan pada berbagai jenis smartphone, baik itu HP Samsung, Oppo, Vivo, ataupun yang lainnya. Langsung saja, simak ulasannya sampai akhir, ya!

Cara Menghemat Baterai HP

Aktifkan Mode Hemat Daya

Mode ini umumnya sudah tersedia di setiap smartphone. Untuk mengaktifkannya, masuk ke menu Pengaturan atau Settings > Pemeliharaan Perangkat atau Device Maintenance > Baterai.

Lalu, aktifkan Mode Hemat Daya dengan memilih opsi untuk memperpanjang durasi penggunaan sesuai dengan kebutuhan.

Mengaktifkan mode ini akan meminimalisir konsumsi daya baterai agar tidak berlebihan. Semua fungsi smartphone yang mengkonsumsi baterai akan dibatasi. Mulai dari kecerahan layar, WiFi, GPS, hingga koneksi mobile.

Aktifkan Airplane Mode Saat Tidak Digunakan

Ketika tidak memerlukan jaringan internet untuk beraktivitas, lebih baik matikan koneksi internet dan aktifkan Airplane Mode (mode pesawat) untuk menghemat baterai.

Mode ini juga bermanfaat ketika melakukan perjalanan jauh. Dimana, HP bekerja keras untuk mencari sinyal, yang akhirnya membuat daya baterai terkuras.

Dengan mengaktifkan mode pesawat, koneksi jaringan pada perangkat ditutup secara otomatis.

Gunakan Wallpaper Hitam

Khusus ponsel layar AMOLED, seperti Realme 9, POCO M4 Pro, Samsung Galaxy M53, dan lainnya, layarnya akan mematikan pixel saat menampilkan warna hitam.

Jadi, semakin banyak bagian layar yang berwarna hitam, maka konsumsi daya akan semakin irit.

Gunakan Dark Mode

Selain menggunakan wallpaper berwarna hitam, mengaktifkan Dark Mode atau Mode Gelap termasuk cara menghemat baterai HP yang mudah.

Hampir semua smartphone zaman sekarang telah dilengkapi mode ini. Selain untuk mengurangi kecerahan yang membuat silau dan mata tidak nyaman, Dark Mode juga mampu menghemat daya baterai.

Seperti namanya, fitur ini membuat tampilan background layar menjadi gelap yang kemudian mengurangi konsumsi daya berlebih.

Matikan Notifikasi dan Getaran

Untuk membuat smartphone bergetar ketika ada notifikasi membutuhkan daya baterai yang tidak sedikit. Jadi, sangat disarankan untuk menonaktifkan getaran jika ingin baterai lebih hemat.

Simpelnya, ketika HP dalam jangkauan, aktifkan mode silent atau mode sunyi saja.

BACA JUGA: 5 Cara Screenshot di Komputer, Mudah Banget!

Itu dia beberapa cara menghemat baterai HP yang praktis tanpa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Mudah, kan? Semoga bermanfaat.