Tips & Trik

Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi dengan Aman, Baterai Jadi Lebih Awet!

Ingin baterai lebih awet saat perjalanan jauh atau ketika dipakai event seharian? Coba cara menghemat baterai HP Xiaomi dibawah ini.

Baterai pada perangkat HP atau smartphone bisa dibilang sebagai nyawa. Karena, sebagus apapun performanya, jika baterai habis maka HP akan mati dan tidak bisa digunakan.

Oleh karena pentingnya peran baterai pada HP, para developers smartphone, termasuk Xiaomi, berlomba-lomba menghadirkan HP dengan baterai mumpuni dengan teknologi canggih.

Umumnya, Xiaomi meluncurkan smartphone ke pasaran yang telah dilengkapi baterai berkapasitas 4.000mAh ke atas. Semakin besar kapasitas baterai yang dimiliki sebuah perangkat, maka semakin tahan lama, alias awet penggunaannya.

Selain kapasitas baterai yang bisa dibilang besar, Xiaomi juga selalu melengkapi baterai pada smartphone yang diluncurkannya dengan teknologi pengisian cepat. Rata-rata, baterai HP Xiaomi telah dibekali fitur fast charging 15W.

Dengan begitu, proses pengisian daya akan lebih cepat dan tentunya tidak memakan waktu lama.

Bicara soal baterai, tentunya tidak terlepas dari permasalahan baterai boros. Sebesar apapun kapasitas baterai serta fitur canggih yang dimilikinya, baterai boros tetap saja bisa terjadi.

Baterai boros tentunya akan mengurangi performa HP itu sendiri. Aktivitas pengguna juga akan terganggu.

Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi

Sebelum ke cara menghemat baterai, perlu diketahui bahwa ada beberapa faktor yang bisa membuat baterai HP boros.

Salah satu faktor penyebab baterai HP boros adalah umur baterai dan kesehatan baterai. Cara penggunaan juga seringkali menjadi faktor utama terjadinya baterai boros atau tidak awet lagi.

Penggunaan yang tidak tepat akan membuat kesehatan baterai menurun dan menyebabkan kinerja terganggu.

Contohnya saja, cara penggunaan yang membuat baterai HP boros adalah penggunaan berat seperti bermain game HD terus menerus.

Faktor-faktor penyebab baterai boros tentunya perlu dihindari untuk menjaga baterai tetap hemat dan menghindari terjadinya kerusakan-kerusakan.

Terlebih, kebanyakan baterai HP Xiaomi sekarang ini merupakan baterai tanam yang tidak bisa diganti dengan mudah seperti baterai removable (bisa dilepas).

Berikut ini Hallo GSM sajikan cara menghemat baterai yang perlu pengguna Xiaomi ketahui agar HP bisa terus bekerja dengan optimal.

Matikan Fitur yang Sudah Tidak Digunakan

Fitur-fitur seperti WiFi, Bluetooth, GPS, biasanya lupa dinonaktifkan kembali setelah digunakan. Meski mematikan fitur terlihat sepele, namun ini sangatlah berpengaruh pada konsumsi daya baterai.

Fitur yang bersifat mengkoneksikan seperti WiFi dan Bluetooth jiga terus-terusan aktif maka akan terus mencari koneksi perangkat lain meski sudah tidak digunakan.

Kerja keras perangkat dalam mencari koneksi itu yang memakan banyak daya baterai. Untuk itu, pastikan fitur-fitur yang sudah tidak digunakan lagi kembali dinonaktifkan agar baterai HP tetap hemat.

Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi dengan Mengaktifkan Mode Penghemat Baterai

Hampir setiap HP Xiaomi dilengkapi dengan fitur penghemat baterai. Fitur ini sangat berguna untuk membatasi penggunaan perangkat agar konsumsi daya baterai bisa lebih hemat.

Untuk mengaktifkannya, akses menu Setelan atau Settings di HP Xiaomi. Kemudian, buka menu Baterai dan aktifkan mode penghemat baterai.

Dengan mengaktifkan mode penghemat baterai, sebagian besar fitur yang menghabiskan daya dan menurunkan kinerja perangkat akan dibatasi.

Fitur menghemat baterai memungkinkan fungsi dasar seperti panggilan, SMS, dan koneksi ke jaringan tersedia lebih lama.

Atur Kecerahan Layar

Cara selanjutnya adalah dengan mengatur kecerahan layar. Atur kecerahan layar menjadi lebih redup untuk menghemat daya.

Semakin tinggi kecerahan layar HP, maka akan semakin tinggi juga konsumsi baterainya.

Untuk mempermudah mengatur kecerahan layar, kamu bisa mengaktifkan fitur kecerahan otomatis agar kecerahan layar HP bisa disesuaikan dengan kondisi cahaya sekitar dengan sendirinya.

Kamu juga bisa mengatur kecerahan layar secara manual dan disesuaikan dengan kebutuhan. Jangan sampai kecerahan layar terlalu tinggi. Selain membuat baterai boros, layar yang terlalu cerah juga tidak baik untuk kesehatan mata.

Gunakan Pengaturan Layar yang Menghemat Baterai

Selain dari mengatur tingkat kecerahan layar, upaya untuk menghemat baterai HP juga bisa dilakukan dengan mengatur layar agar tidak menampilkan hal yang memakan banyak daya.

Kamu bisa menggunakan mode gelap (dark mode), menghindari penggunaan wallpaper bergerak, tema, dan menghindari penggunaan animasi.

Penggunaan wallpaper bergerak, tema, dan animasi sangat membuat baterai menjadi boros, bahkan berpotensi membuat HP lemot, ngelag, dan cepat panas.

Tutup Aplikasi Setelah Digunakan

Aplikasi-aplikasi yang telah digunakan jika tidak ditutup dengan baik akan memakan banyak ruang pada RAM dan tentunya menguras daya.

Untuk menutup aplikasi setelah digunakan, kamu hanya perlu menekan tombol Recent Apps yang biasanya ada di paling kiri tombol navigasi. Kemudian, klik ikon cakra (x) untuk menutup semua aplikasi yang sebelumnya dibuka.

Untuk mengurangi banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang, uninstal atau copot pemasangan aplikasi-aplikasi yang sudah tidak penting.

BACA JUGA: Cara Menghilangkan Iklan di HP Xiaomi yang Mudah dan Praktis, Buruan Cek Biar Bebas Iklan!

Itulah beberapa cara menghemat baterai HP Xiaomi yang bisa dilakukan dengan mudah bahkan tanpa perlu bantuan aplikasi tambahan. Untuk baterai yang lebih awet dan kesehatannya terjaga, pastikan selalu menggunakan charger original. Semoga bermanfaat.