Tips & Trik

Begini Cara Menghapus History Google Paling Cepat dan Mudah

Cara menghapus history Google bisa membantu kamu untuk menghilangkan riwayat atau jejak pencarian yang otomatis tersimpan di aplikasi Google.

Seperti yang kita tahu, Google kerap kali digunakan oleh hampir semua pengguna smartphone untuk melakukan pencarian informasi. Baik itu pelajaran, berita, resep masakan, gambar pemandangan, tempat wisata, informasi sekolah, suatu perusahaan, dan masih banyak lagi.

Raksasa mesin pencari yang dikembangkan perusahaan asal California, Amerika Serikat ini, menyimpan setiap kata kunci yang dicari oleh penggunanya pada fitur history.

Meskipun fitur ini dapat membantu pengguna ketika mencari kata kunci serupa agar bisa mengakses dengan cepat, namun tak sedikit diantara mereka yang justru ingin menghapus history penelusuran.

Daftar history biasanya tampil ketika pengguna mengetikkan sesuatu pada kolom pencarian. Beberapa diantara pengguna merasa hal tersebut mengganggu karena dianggap tidak rapi.

Selain itu, tidak bisa dipungkiri bahwa data-data jejak penelusuran yang tersimpan dan seringkali muncul terkadang memuat sesuatu yang bersifat privasi.

Apapun alasan yang mendasarinya, kamu bisa menghapus history Google dengan mudah. Kamu bisa menghapusnya dengan perangkat apapun, baik itu komputer, laptop, tablet, atau smartphone alias HP.

Nah, kali ini, Hallo GSM

akan berbagi tutorial lengkap cara menghapus history Google yang paling cepat dan mudah menggunakan HP. Simak hingga tuntas, ya!

Cara Menghapus History Google

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa history penelusuran bukan hanya tampil di bawah kolom pencarian ketika kita mengetikkan kata kunci.

History juga tersimpan di menu khusus, dimana kamu bisa melihat daftar seluruh jejak penelusuran yang pernah kamu cari dalam 90 hari terakhir.

Untuk menghapusnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka aplikasi Google pada smartphone kamu.
  • Pada halaman utama, klik ikon profil
    berbentuk bulat yang ada di sudut kanan atas.
  • Pilih opsi History penelusuran Menyimpan.
  • Scroll atau gulir layar pada halaman Histori Penelusuran untuk melihat daftar history yang pernah kamu cari.
  • Tak hanya kata kunci, di sana juga ditampilkan detail mengenai tempat dan waktu ketika menelusuri kata kunci tersebut. Kamu juga bisa mengkliknya untuk membuka halaman yang pernah kamu kunjungi.
  • Untuk menghapus history, klik tombol Hapus.
  • Kemudian, pilih opsi rentang penghapusan history yang kamu inginkan. Kamu bisa menghapus histori hari ini, hapus semua, atau memilih rentang khusus.
  • Agar lebih leluasa, lebih baik pilih Hapus semua > Berikutnya dan beri konfirmasi dengan klik Hapus.
  • Akan tetapi, kamu juga bisa memilih sendiri history dari rentang waktu kapan saja yang ingin kamu hapus.
  • Kemudian, ikuti langkah-langkah selanjutnya untuk menghapus history.
  • Selesai. History penelusuran Google telah berhasil di hapus.

BACA JUGA: Cara Menghapus History Google Maps untuk Kamu yang Peduli Privasi

Nah, itulah pembahasan mengenai cara menghapus history Google. Cukup mudah, bukan? Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam menghilangkan jejak history penelusuran Google.