Tips & Trik

Cara Menggunakan NFC Samsung A51 Untuk Melakukan Pembayaran

Samsung Galaxy A51 merupakan smartphone kelas menengah terbaik yang dibekali dengan sejumlah fitur premium, salah satunya adalah NFC. Lantas bagaimana cara menggunakan NFC Samsung A51?

NFC sendiri merupakan singkatan dari Near Field Communication yang kini sudah bisa dijumpai di berbagai smartphone kelas menengah, seperti Galaxy A51, Poco X3 NFC dan lain sebagainya.

Dengan NFC, kamu akan dimudahkan untuk memindahkan file atau berkas ke smartphone lain, melakukan pembayaran, mengecek saldo e-money serta menghubungkan perangkat dengan aksesoris tambahan.

Sistem kerjanya hampir mirip dengan Bluetooth atau WiFi, hanya saja fitur ini dapat menghubungkan perangkat lebih cepat bahkan tanpa harus melakukan pairing.

Pasti kamu jadi makin penasaran kan? Oke, tanpa banyak basa-basi lagi, berikut adalah cara menggunakan fitur NFC di hp Samsung.

Cara Menggunakan NFC Samsung A51

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengaktifkan fitur NFC dari menu Pengaturan terlebih dahulu.

  • Masuk ke menu Settings atau Pengaturan di hp Samsung A51 kamu.
  • Kemudian pilih menu Connections dan klik tombol slider yang berada di samping kanan menu NFC and Payment.
Cara mengaktifkan fitur NFC Samsung. (SS)
  • Selain dari Pengaturan, kamu juga bisa mengaktifkan fitur tersebut dari bar notifikasi.
Cara mengaktifkan NFC Samsung. (SS)
  • Setelah aktif, kamu bisa langsung menggunakannya, yaitu dengan cara mendekat ponsel ke perangkat lain yang juga sudah mendukung fitur NFC.
  • Ingat, kamu harus mendekatkan bagian pas dan jaraknya tidak boleh terlalu jauh. Sebab, fitur NFC hanya akan bekerja dari jarak dekat serta antena NFC sering kali ditempatkan di bagian yang berbeda-beda.

Nah, setelah kamu mengetahui cara menggunakan NFC Samsung A51, kamu juga harus tau fungsi lain dari fitur tersebut.

BACA JUGA: Cara Membuat Akun Samsung

Fungsi NFC di HP Samsung A51

Menjalankan Perintah

Seperti yang sudah disinggung di awal tadi bahwa NFC tak hanya sekedar bisa digunakan untuk melakukan pembayaran atau mengecek saldo e-money saja, melainkan masih ada fungsi lain yang masih jarang diketahui oleh para pengguna.

Adapun fungsi yang pertama, yaitu dalam menjalankan perintah seperti mengirim kartu ucapan tanpa harus mengetik.

Namun untuk melakukan hal tersebut, kamu harus melakukan sedikit penyetingan di menu Pengaturan NFC tadi.

Mengirim Data

Selain itu, fitur NFC juga akan memudahkan kamu dalam hal transfer berkas atau data. Jadi ketika kamu hendak berganti smartphone, kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk mengirim semua file yang ada di smartphone lama.

Meskipun sekarang ini sudah ada aplikasi transfer file seperti SHAREit, ShareMe dan Zapya, transfer file lewat NFC bisa jauh lebih cepat.

Dapat Membuka Aplikasi Secara Otomatis

Kehadiran fitur NFC pada semua smartphone tentu akan membuat pengguna semakin dimudahkan dalam mengoperasikan smartphone tersebut. Dengan NFC, kamu dapat membuka aplikasi favorit secara otomatis.

Ya, jadi sekarang tiap kali kamu hendak memutar musik, menelpon orang lain atau bahkan menjalankan aplikasi game cukup gunakan saja fitur NFC.

BACA JUGA: Cara Screenshot Samsung A51

Itulah pembahasan mengenai cara menggunakan NFC di Samsung A51 berikut fungsi-fungsinya.