Tips & Trik

Cara Menggunakan Aplikasi Google Classroom dengan Mudah Untuk Guru dan Murid

Cara menggunakan aplikasi Google Classroom wajib banget untuk kalian ketahui. Pasalnya, layanan yang disediakan Google Classroom sangatlah bermanfaat untuk membantu proses belajar mengajar.

Sehingga mempermudah pengajar dan murid untuk berinteraksi baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah. Sangat membantu apalagi di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Selain itu, Google Classroom juga memiliki kelebihan yakni terintegrasi langsung dengan Google Docs, Google Driver, Google Sheets, dan lainnya.

Menariknya lagi, Google Classroom bisa digunakan di berbagai perangkat, mulai dari smartphone Android dan iOS, hingga Windows dan MacOS.

Dan yang paling penting adalah Google Classroom tidak menampilkan iklan dan gratis untuk digunakan. Di Google Classroom terdapat 2 mode, yaitu mode guru dan siswa.

Cara Menggunakan Aplikasi Google Classroom Untuk Guru

Tutorial pertama kami akan menjelaskan mengenai cara memakai Google Classroom untuk guru. Silakan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara membuat kelas

  • Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat kelas terlebih dahulu. Silakan login ke aplikasi Google Classroom yang sudah di-download di perangkatmu atau kunjungi laman https://classroom.google.com/.
  • Lalu, pilih alamat email yang akan digunakan untuk login Google Classroom. Pastikan jika alamat email yang kalian pilih masih aktif.

  • Untuk membuat kelas, silakan klik icon + di pojok kanan atas layar > klik Buat Kelas.

  • Selanjutnya, silakan isi nama kelas, mata pelajaran, ruangan dan lainnya sampai lengkap > klik Buat
    .

  • Selesai! Kelas pun sudah berhasil dibuat.

Cara undang siswa

Cara menggunakan aplikasi Google Classroom selanjutnya adalah untuk mengundang siswa.

Silakan klik bagian menu Kode Kelas dan copy kodenya untuk dibagikan ke para siswa agar bisa dengan mudah bergabung ke kelas tersebut.

Salin Kode Kelas. (IST)

BACA JUGA: Cara Menggunakan Aplikasi BRI Mobile dengan Mudah

Cara membuat tugas

  • Ketika para guru ingin membuat tugas untuk dikerjakan para murid, silakan klik menu Tugas Kelas > klik Buat > pilih salah satu opsi yang tampil, misalnya Tugas.

  • Silakan isi judul tugas disertai dengan petunjuk pengerjaannya.
  • Kamu bisa menambahkan materi atau melampirkan file dari Google Drive, YouTube, dan lainnya
  • Tahap selanjutnya adalah mengatur ketentuan tugas mulai dari poin hingga batas waktu pengerjaan. Terkhir klik Tugaskan jika semuanya sudah selesai.

Selain memberikan tugas, di opsi Tugas Kelas kalian juga bisa memberikan materi dengan mengklik Materi. Gunakan opsi lainnya sesuai kebutuhan.

Cara menggunakan aplikasi Google Classroom Untuk Siswa

Seperti dijelaskan tadi, terdapat dua mode untuk penggunaan Google Classroom, yakni untuk guru dan siswa. Berikut ini cara penggunaan aplikasi Google Classroom untuk siswa.

  • Untuk langkah awal sama seperti cara menggunakan Google Classroom untuk guru, yakni melakukan login ke aplikasi Google Classroom atau buka di classroom.google.com.
  • Klik tanda +, lalu pilih Gabung ke Kelas.

  • Masukkan kode kelas yang sudha diberikan oleh guru > klik Gabung.

  • Tunggu beberapa saat sampai proses bergabung selesai.
  • Silakan klik Tugas Kelas untuk memilih materi atau tugas yang diberikan oleh guru untuk kamu kerjakan.

BACA JUGA: Cara Menggunakan Aplikasi Get Contact yang Wajib Diketahui

Sekian tutorial mengenai cara menggunakan aplikasi Google Classroom di laptop atau PC untuk guru dan siswa. Simple dan mudah banget, kan?