Tips & Trik

Cara Menggunakan Anycast dari HP ke TV Tanpa Pake Ribet

Cara menggunakan Anycast dari HP ke TV belakangan ini banyak dicari oleh pengguna yang ingin merasakan sensasi streaming film atau bermain game di layar yang lebih lebar.

Bagi yang belum tahu, Anycast merupakan sebuah perangkat khusus yang bisa kamu manfaatkan untuk menampilkan layar HP, laptop atau komputer ke TV menggunakan jaringan WiFi.

Selain dengan bantuan Anycast, cara menampilkan layar HP di TV juga bisa dilakukan lewat kabel MHL atau secara nirkabel dengan menggunakan Google Chromecast, Miracast dan Airplay.

Namun sesuai dengan judul artikel di atas, kali ini Hallo GSM akan menerangkan langkah-langkah cara menggunakan Anycast dari HP ke TV.

Jadi, keunggulan yang bisa kamu dapat dengan Anycast adalah dapat menampilkan layar HP ke TV tanpa harus menggunakan kabel HDMI.

Lantas seperti apa cara menghubungkan HP ke TV menggunakan Anycast? Jawabannya bisa kamu temukan dengan membaca artikel ini hingga tuntas.

BACA JUGA: Cara Memprogram TV Parabola yang Tidak Ada Sinyal

Cara Menggunakan Anycast dari HP ke TV

Anycast saat ini sudah tersedia di sejumlah toko online. Harga Anycast sendiri cukup beragam, mulai Rp 80 ribuan hingga Rp 150 ribuan.

Harga Anycast HDMI Dongle. (SS)

Untuk cara penggunaannya sendiri tak jauh berbeda dengan Google Chromecast yang juga merupakan salah satu perangkat untuk menghubungkan HP ke TV

1. Langkah pertama, siapkan perangkat Anycast yang akan kamu gunakan untuk menghubungkan layar HP ke TV. Jika belum punya, kamu bisa membelinya dari aplikasi belanja online seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada dan lain-lain.

2. Kedua, pastikan juga hp yang akan kamu gunakan memiliki kuota internet. Kenapa? Sebab kamu harus mendownload aplikasi Anycast dan menginstalnya di hp tersebut.

Aplikasi Anycast HDMI Dongle. (SS)

3. Setelah aplikasi Anycast berhasil terpasang, yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah mencari port HDMI yang biasanya terletak di belakang atau di samping TV.

4. Jika sudah ditemukan, langsung saja colokan atau hubungan Anycast ke port HDMI. Pastikan Anycast terpasang dengan benar.

Port HMDI TV Polytron. (IST)

5. Berikutnya masuk ke pengaturan WiFi di hp kamu kemudian masukkan Nama SSID beserta password-nya sesuai dengan yang muncul di layar TV.

6. Apabila sudah berhasil terhubung, kamu tinggal membuka aplikasi Anycast di hp, kemudian pencet tombol kecil di Anycast yang sudah dicolokan ke port HDMI di TV tadi.

7. Tunggu sekitar 2-3 menit, hingga tampilan layar hp kamu muncul di TV. Selama proses penyambungan berlangsung kamu tidak boleh menekan tombol apapun baik itu tombol yang ada di HP maupun di TV.

8. Ketika proses penyambungan telah selesai biasanya akan muncul notifikasi. Selesai, kini kamu sudah berhasil menampilkan layar HP ke TV.

Menariknya, layar HP yang muncul di TV bisa kamu atur ke posisi Portrait ataupun Landscape sesuai kebutuhan.

BACA JUGA: Cara Live di Nimo TV Agar Dapat Uang Gaji Bulanan

Seperti itulah cara menggunakan Anycast dari HP ke TV, gampang banget kan?