Tips & Trik

Cara Mengganti Nada Dering Alarm Oppo dengan Langkah Mudah

Bosan dengan nada alarm di HP Oppo kamu? Kamu bisa mengatasinya dengan cara mengganti nada dering alarm Oppo yang bisa dilakukan dengan cepat dan mudah.

Hampir semua smartphone termasuk Oppo dilengkapi dengan fitur Alarm yang bermanfaat bagi setiap pengguna.

Kamu pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya alarm. Alarm ini biasa digunakan sebagai pengingat ketika harus bangun pagi, melakukan suatu kegiatan, dan lainnya dengan membunyikan nada dering pada jam tertentu.

Tipe smartphone Oppo keluaran baru memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mengganti nada dering alarm dengan menu yang mudah dipahami.

Selain itu, fitur pada alarm tersebut bisa mengubah nada dering menjadi musik favorite atau suara rekaman sesuai dengan keinginan pengguna. Menarik, bukan?

Meskipun langkah mengganti nada dering alarm sangat mudah, mungkin masih banyak diantara pengguna HP Oppo yang masih kebingungan untuk melakukannya, terlebih pengguna baru.

Tenang saja, karena pada artikel ini Hallo GSM akan memberikan panduan lengkapnya. Untuk itu, simak terus hingga tuntas, ya!

Cara Mengganti Nada Dering Alarm Oppo

Tutorial di bawah ini menggunakan HP Oppo dengan OS Android 12 dan ColorOS 12.1. Jika kamu pengguna HP Oppo dengan versi OS yang berbeda, mungkin perlu sedikit penyesuaian.

Buka Menu Jam

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengganti nada dering alarm di HP Oppo adalah dengan membuka menu Jam yang biasanya ada di deretan aplikasi pada Home Screen.

Setelah menu terbuka, kamu akan disuguhkan dengan jadwal alarm yang telah kamu setting sebelumnya.

Pilih Alarm

Dari jadwal alarm yang ada, pilih salah satu alarm yang nadanya ingin kamu ganti.

Selanjutnya, kamu akan diarahkan ke halaman edit alarm. Dimana kamu bisa mengedit jadwal kapan alarm berbunyi, getar, dan nada dering.

Klik Menu Nada Dering

Untuk mengganti nada dering alarm Oppo, klik menu Nada dering

.

Selanjutnya, berbagai nada dering bawaan yang sudah disediakan Oppo akan muncul, seperti Jazz impian, House-music, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa mendengarkan nadanya satu persatu untuk memilih nada yang paling sesuai dengan keinginan.

Ganti Nada Dering Alarm

Selain menggunakan nada dering bawaan, kamu juga bisa mengganti nada alarm dengan musik atau rekaman audio yang ada di penyimpanan HP Oppo kamu.

Caranya, klik menu Di perangkat ini. Lalu, pilih musik atau rekaman yang ingin kamu jadikan sebagai nada dering alarm.

Setelah memilih nada, musik, atau rekaman yang sesuai, klik tombol navigasi kembali (Back) hingga ke halaman Edit alarm. Setelah itu, klik ikon ceklis yang ada di pojok kanan atas untuk mennyimpan perubahan.

Selesai. Nada alarm pada jam yang kamu edit akan berbunyi dengan nada yang telah kamu pilih tadi. Dengan begitu, pastinya kamu akan lebih bersemangat untuk bangun pagi atau melakukan aktivitas sesuai jadwal, karena diawali dengan nada atau musik favorit.

BACA JUGA: Cara Mengecek Garansi Oppo, Mudah dan Praktis Bisa Lewat HP

Nah, itulah cara mengganti nada dering alarm Oppo. Sangat mudah, bukan? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.