Tips & Trik

Cara Mengganti Keyboard WhatsApp Tanpa Aplikasi, Mudah dan Praktis

Merasa bosan dengan keyboard atau papan ketik yang monoton? Cara mengganti keyboard WhatsApp bisa dilakukan dengan mudah, lho.

Kamu bisa mengubah tampilan keyboard pada WhatsApp atau aplikasi perpesanan lainnya sesuai dengan keinginan agar terlihat lebih menarik.

Dikarenakan WhatsApp atau yang sering disebut WA tidak menyediakan fitur khusus untuk mengganti tampilan keyboard, maka saat ini sudah banyak aplikasi pengedit keyboard yang bisa ditemukan di Google Play Store.

Menariknya, smartphone Android sendiri telah dilengkapi dengan fitur untuk mengedit keyboard. Sehingga, kamu tidak perlu repot-repot menginstal aplikasi lain untuk mengubah tampilan keyboard WA.

Dengan tampilan keyboard yang menarik, pastinya kamu tidak akan bosan setiap kali chattingan.

Seperti yang kita ketahui, WhatsApp ini menjadi salah satu aplikasi chatting yang paling populer. Hingga saat ini, penggunanya mencapai lebih dari 2 milyar di seluruh dunia.

Aplikasi ini hampir setiap hari digunakan oleh lapisan masyarakat untuk berkomunikasi hingga berbisnis. Dengan seringnya penggunaan, tak sedikit penggunanya yang mengedit tampilan WA agar tidak membosankan.

Lantas, bagaimana cara mengganti keyboard WhatsApp yang mudah tanpa aplikasi tambahan? Simak selengkapnya di bawah ini.

Cara Mengganti Keyboard WhatsApp

Dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini, kamu bisa mengubah keyboard

atau papan ketik WhatsApp dengan berbagai tema, warna, bahkan menambahkan latar gambar. Langsung saja, ke tutorialnya.

Buka Pengaturan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke menu Pengaturan yang ada pada smartphone Android kamu. Scroll atau gulir layar hingga menu opsi terakhir.

Klik Pengaturan Sistem

Pada menu tersebut, kamu bisa mengatur bahasa, fungsi tombol, tanggal dan waktu, aksesibilitas, cuplikan layar, dan lain-lain, termasuk mengatur keyboard.

Pilih Menu Keyboard & metode input

Nah, pada menu Keyboard, kamu bisa mengatur jenis, kamus pribadi, hingga kecepatan penunjuk ketika mengetikkan sesuatu pada keyboard

.

Klik Gboard

Dari berbagai menu yang ada, pilih Gboard untuk menyetel segala tentang keyboard. Di sana ada menu Bahasa, Preferensi, Tema, Koreksi teks, Emoji, Stiker, dan lain-lain.

Untuk mengganti keyboard, bisa dilakukan dengan cara mengklik menu Tema.

Pilih Tema

Perangkat menyediakan berbagai tema keyboard yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan. Ada Default, keyboard dengan latar belakang warna, Light gradient, Landscapes, dan Dark gradient.

Selain dari latar berwarna, opsi lainnya perlu kamu download terlebih dahulu, baru bisa digunakan. Jadi, untuk mengganti keyboard WA menjadi lebih menarik lagi, pastikan smartphone terhubung ke jaringan internet.

Terapkan

Jika tema sudah dipilih, klik tombol Terapkan. Setelah itu, keluar dari pengaturan dan masuk ke aplikasi WhatsApp.

Buka ruang chat dengan siapa saja dan lihat keyboard alias papan ketik sudah berubah sesuai dengan pilihan tadi.

Untuk diketahui, cara ini tak hanya mengubah keyboard pada aplikasi WhatsApp. Melainkan mengubah keyboard pada aplikasi perpesanan lain yang ada pada smartphone.

BACA JUGA: Jangan Panik! Begini Cara Memperbarui WhatsApp yang Kadaluarsa

Nah, itulah cara mengganti keyboard WhatsApp tanpa bantuan aplikasi lain. Mudah, kan? Selamat mencoba.