Tips & Trik

Mudah! Begini Cara Mengganti Icon Aplikasi Android Tanpa Aplikasi Tambahan

Bosan dengan tampilan ikon aplikasi yang gitu-gitu aja? Coba ganti dengan mengikuti cara mengganti icon aplikasi Android tanpa aplikasi yang super mudah di bawah ini.

Setiap aplikasi memiliki ciri khasnya masing-masing yang didesain agar mudah dikenal. Hal tersebut juga untuk membedakan satu aplikasi dengan aplikasi lainnya.

Ketika mengunduh sebuah aplikasi, maka aplikasi tersebut akan tampil sesuai dengan ikon bawaannya. Lama-kelamaan, pengguna smartphone yang pastinya memiliki banyak aplikasi tak jarang merasa bosan dengan ikon aplikasi yang itu-itu aja.

Untuk mengatasi kebosanan pada tampilan ikon aplikasi, solusinya adalah dengan cara mengubah ikon tersebut.

Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat, kini sudah banyak aplikasi yang menawarkan layanan untuk mengganti ikon suatu aplikasi yang ada pada smartphone.

Beberapa aplikasi menyediakan beragam variasi bentuk ikon yang menarik. Pengguna bisa memilihnya sesuai dengan bentuk yang diinginkan.

Sebenarnya, mengganti icon aplikasi Android bisa juga dilakukan tanpa bantuan aplikasi tambahan. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot-repot mengunduh aplikasi lain untuk mengubahnya.

Penasaran? Simak artikel ini hingga selesai, karena Hallo GSM akan berbagi cara mengganti icon aplikasi Android tanpa aplikasi tambahan.

Cara Mengganti Icon Aplikasi Android Tanpa Aplikasi

Berikut ini langkah-langkah untuk mengganti ikon aplikasi Android tanpa aplikasi tambahan. Pastinya, kamu bebas menggantinya sesuai dengan keinginan.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa tutorial di bawah ini menggunakan HP Oppo dengan OS Android 12. Untuk itu, jika kamu menggunakan merk lain, mungkin perlu sedikit penyesuaian.

Buka Pengaturan

Dikarenakan mengganti ikon aplikasi yang dibahas kali ini tanpa menggunakan bantuan aplikasi lain, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka menu Pengaturan yang ada di HP Android kamu.

Klik Menu Personalisasi

Pada menu ini, terdapat berbagai menu yang bisa kamu gunakan untuk mengatur tampilan perangkat. Seperti Wallpaper, Tema, Warna, Font dan ukuran tampilan, termasuk ikon.

Pilih Ikon

Sesuai dengan tujuan awal untuk mengganti ikon, maka opsi yang harus dipilih adalah Ikon

.

Nah, pada menu ini, kamu akan disuguhkan dengan berbagai menu pengaturan ikon yang bisa diatur dan disesuaikan dengan keinginan.

Atur Bentuk Ikon Sesuai Keinginan

Dari bentuk bawaan, kamu bisa memilih gaya ikon dengan gaya lainnya. Seperti pada smartphone Oppo ini yang bisa memilih dua tampilan ikon dengan Gaya Bahan atau Kerikil.

Tampilan ikon aplikasi yang sedang kamu edit ditampilkan pada halaman bagian atas. Sehingga, kamu bisa menyesuaikannya.

Jika dirasa belum sesuai, maka kamu juga bisa mengatur ukuran ikon menggunakan pengatur ukuran yang berada di bagian bawah.

Selain itu, pada halaman yang sama, kamu juga bisa menyesuaikan nama aplikasi apakah ingin ditampilkan atau tidak serta ukurannya yang bisa diatur lebih besar ataupun lebih kecil.

Terapkan

Nah, jika semua pengaturan telah dilakukan dan sudah sesuai dengan keinginan, maka untuk menerapkannya pada tampilan HP, kamu tinggal klik tombol Terapkan yang ada di bagian bawah layar.

Selesai. Kembali pada Home Screen untuk melihat perubahannya.

BACA JUGA: Cara Mengubah Bahasa di Whatsapp Sesuai dengan Keinginan

Itulah cara mengganti icon aplikasi Android tanpa aplikasi tambahan. Mudah, kan? Selamat mencoba.