Tips & Trik

Cara Menggabungkan PDF di HP Secara Online dan Gratis Tanpa Aplikasi

Perlu menyatukan beberapa halaman PDF menjadi satu file? Jangan bingung-bingung, karena ada cara menggabungkan PDF yang mudah dan cepat.

Kamu yang berstatus sebagai pelajar, mahasiswa, karyawan, pengusaha, anggota organisasi, pastinya sudah tidak asing lagi dengan dokumen yang berformat PDF.

PDF atau Portable Document Format seringkali digunakan untuk berbagai keperluan. Diantaranya, mengirim tugas, membuat makalah, membuat laporan, surat lamaran pekerjaan, surat undangan, dan lain-lain.

Format ini banyak dipilih karena keamanan dari isi file sangat terjaga, serta kompatibel dengan berbagai perangkat, sehingga bisa dibaca pada HP Android, iPhone, atau gadget lain.

Saat ini, membuat file PDF bukan hanya harus menggunakan laptop/PC saja. Dengan kecanggihan teknologi, kini membuat PDF juga bisa lewat HP.

Jika kamu sudah membuat beberapa dokumen PDF, namun ternyata dokumen tersebut harus disatukan dalam satu file, kamu bisa menggabungkannya dengan cepat dan mudah dari HP.

Ya, menggabungkan PDF bisa dilakukan dengan mudah dan cepat baik itu menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga atau tanpa aplikasi sekalipun.

Populernya dokumen berformat PDF pada saat ini membuat banyak developer aplikasi yang meluncurkan aplikasi khusus untuk mengedit PDF hingga memudahkan banyak pengguna.

Selain itu, banyak juga muncul situs-situs website penyedia layanan edit PDF yang bisa diakses dengan cepat dan mudah, dan pastinya gratis.

Khusus untuk kamu yang ingin tahu langkah-langkah menggabungkan PDF melalui HP dengan langkah yang mudah dan praktis, berikut ini Hallo GSM

sajikan tutorial lengkapnya. Pastikan simak terus hingga tuntas, ya!

Cara Menggabungkan PDF

Dikarenakan pada artikel ini kami membahas cara yang mudah, jadi, tutorial berikut menggunakan salah satu situs web penyedia layanan penggabungan PDF.

Dengan begitu, kamu tidak perlu repot-repot mengunduh aplikasi pihak ketiga untuk menggabungkan PDF.

Dari banyaknya situs, tutorial di bawah ini menggunakan situs website bernama Small PDF. Langsung saja, berikut tutorial lengkapnya.

  • Langkah pertama untuk menggabungkan PDF melalui situs web yakni dengan membuka menu Browser yang ada di HP kamu.
  • Ketik Small PDF pada kolom pencarian.
  • Masuk ke situs tersebut.
  • Pada halaman utama, scroll atau gulir layar, kemudian pilih menu Menggabungkan PDF.
  • Selanjutnya, klik Pilih file untuk mengupload beberapa file PDF yang ingin kamu gabungkan.
  • Cari file PDF yang ingin digabungkan, kemudian klik Pilih.
  • Tunggu beberapa saat, kemudian akan muncul dua opsi. Pilih Gabungkan file.
  • Klik tombol Pilih opsi.
  • Nantinya, tampilan file PDF yang kamu pilih akan muncul. Untuk menggabungkannya, klik tombol Gabungkan PDF.
  • Setelah itu, kamu bisa mengunduh file PDF yang telah digabungkan menjadi satu dengan mengklik tombol Unduh.
  • Sebelum mengunduhnya, kamu juga bisa mengedit, menambahkan kata sandi, menambahkan tanda tangan, serta mengkompres ukuran filenya dengan memilih menu yang ada pada halaman tersebut.
  • Selesai. File PDF telah berhasil digabungkan dan dokumen tersimpan di galeri HP kamu.

Selain Smallpdf, kamu juga bisa menggunakan situs web penyedia layanan penggabungan PDF lainnya seperti Combine PDF, ILovePDF, Soda PDF, dan situs lainnya.

Kebanyakan situs web tersebut bisa diakses dengan mudah, cepat, dan tanpa mengeluarkan biaya, alias gratis.

BACA JUGA: Cara Membuat PDF di HP dengan Aplikasi atau Tanpa Aplikasi, Cepat dan Praktis!

Nah, itulah cara menggabungkan PDF di HP yang bisa kamu lakukan dengan mudah dan cepat tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan. Semoga bermanfaat.