Tips & Trik

Mudah! Begini Cara Mengetahui Email Sudah Dibaca atau Belum

Cara mengetahui email sudah dibaca atau belum akan sangat berguna ketika kamu mengirimkan email yang bersifat penting seperti melamar kerja.

Setelah mengirim surat lamaran pekerjaan, pastinya kamu penasaran apakah HRD atau penerima email sudah membaca email kamu atau belum.

Pengguna yang mengirim pesan melalui email tentu tidak bisa mengetahui apakah pesan sudah dibaca oleh penerima atau belum.

Seperti yang kita tahu, email atau electronic mail merupakan layanan surat elektronik yang banyak digunakan sebagai sarana untuk mengirimkan pesan baik itu formal maupun informal.

Dari email, pengguna internet bisa mengirimkan surat, dokumen, file, folder, dan lainnya dengan mudah, cepat, hemat, dan praktis.

Ya, mengirim pesan dari email jauh lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan mengirim pesan melalui kantor pos.

Hanya dengan bermodalkan smartphone atau laptop/PC serta jaringan internet, pengguna bisa mengirim pesan dengan cepat hanya dalam hitungan detik.

Pada saat itu juga, pemilik alamat email tujuan akan menerima email tanpa harus menunggu selama beberapa hari.

Seiring dengan perkembangan teknologi, penyedia layanan email menambahkan berbagai fitur. Salah satunya adalah notifikasi yang berisi informasi mengenai diterimanya email yang dikirim oleh penerima.

Bagi kamu yang belum mengetahui bagaimana cara melihat email sudah dibaca atau belum oleh penerima, kamu bisa menyimak penjelasan di bawah ini.

Cara Mengetahui Email Sudah dibaca atau Belum

Jika kamu penasaran dan sangat menanti-nanti balasan dari penerima email, kamu bisa mengetahui apakah email kamu sudah dibaca atau belum dengan mengatur setelan pada email yang kamu gunakan.

Saat ini, banyak penyedia layanan email. Di antaranya adalah Gmail.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa akun Gmail yang bisa memunculkan tanda sudah dibaca atau belum hanya akun work atau school.

Selain itu, kamu juga harus memastikan admin yang menyediakan akun tersebut telah mengaktifkan tanda dibaca.

Jika sudah, langsung saja simak tutorialnya sebagaimana dilansir dari laman Google Workspace Learning Center.

Tulis Email

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menulis email. Caranya, buka menu Gmail dan klik tombol Tulis Email atau ikon plus (+).

Isi semua data, mulai dari alamat email penerima, subjek, isi email, dan lain-lain. Untuk mengetahui cara mengetahui email yang akan dikirimkan sudah dibaca atau belum, ikuti langkah selanjutnya.

Aktifkan Minta Tanda Dibaca

Untuk menerima tanda dibaca ketika penerima membuka email yang kamu kirimkan, klik ikon titik tiga yang ada di jendela untuk menulis email.

Kemudian, klik opsi Minta tanda dibaca. Jika kamu tidak menemukan menu tersebut, berarti admin belum memunculkannya. Minta admin untuk memunculkannya dan klik menu tersebut.

Kirimkan Email

Jika langkah di atas sudah dilakukan, kirim email. Nantinya, kamu akan menerima pemberitahuan ketika email yang kamu kirim dibaca oleh penerima.

BACA JUGA: Cara Menghapus Email di HP untuk Bantu Selamatkan Bumi

Itulah cara mengetahui email sudah dibaca atau belum yang bisa dilakukan dengan mudah. Semoga bermanfaat.