Tips & Trik

Cara Mengetahui Aplikasi yang Boros Baterai di HP Android untuk Mengontrol Penggunaan

Aplikasi yang menguras baterai bisa diatasi dengan cepat dengan cara mengetahui aplikasi yang boros baterai melalui fitur pengaturan di HP atau aplikasi khusus.

Dengan mengidentifikasi aplikasi yang menguras baterai, setiap pengguna bisa tahu aplikasi mana saja yang menguras baterai perangkat dalam jumlah banyak.

Sehingga, penggunaan aplikasi yang diketahui memakan banyak daya bisa lebih dikontrol.

Selain untuk mengontrol penggunaan aplikasi, pengguna Android juga bisa menghemat baterai HP agar tidak terlalu sering diisi daya ulang karena aplikasi yang digunakan membuat baterai boros.

Terlebih, baterai boros merupakan salah satu permasalahan yang sering dialami pengguna smartphone. Sehingga, hal-hal yang menjadi penyebab baterai boros sebisa mungkin dihindari.

Seperti yang kita tahu, baterai termasuk komponen penting pada perangkat. Jika baterai mengalami suatu masalah, tentunya bisa membuat penggunanya kerepotan.

Bagaimana tidak, ketika melakukan aktivitas digital dan tiba-tiba baterai sudah habis saja padahal baru diisi, tentunya akan membuat aktivitas terhambat.

Salah satu penyebab baterai boros adalah penggunaan aplikasi di HP yang berlebihan. Misalnya saja, main game berjam-jam, scroll media sosial hingga lupa waktu, nonton film online seharian, serta aktivitas-aktivitas lain yang memakan banyak daya baterai.

Oleh karena itu, banyak pengguna yang ingin tahu aplikasi mana yang paling banyak memakan daya baterai. Jika kamu termasuk salah satunya, berikut ini Hallo GSM sajikan tutorial mengecek aplikasi yang menguras baterai di HP.

Cara Mengetahui Aplikasi yang Boros Baterai

Aplikasi yang menguras baterai dan membuatnya lebih boros dari biasanya bisa diketahui dengan mudah melalui menu Pengaturan atau Setelan pada HP.

Selain itu, saat ini juga sudah banyak aplikasi-aplikasi yang dikembangkan khusus untuk mengecek pemakaian baterai suatu aplikasi.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak tutorial lengkapnya di bawah ini.

Ketahui dari Pengaturan HP

  • Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengetahui aplikasi yang menguras baterai adalah dengan membuka menu Pengaturan atau Setelan pada HP.
  • Buka menu Baterai.
  • Setelah itu, informasi mengenai penggunaan baterai di HP kamu akan ditampilkan. Mulai dari perkiraan ketahanan daya baterai, mode penghemat baterai, dan lain-lain.
  • Untuk mengetahui aplikasi yang membuat baterai boros, scroll layar hingga kamu bisa melihat daftar aplikasi yang menggunakan daya.
  • Bisa dilihat, aplikasi yang paling atas urutannya dari daftar merupakan aplikasi atau perangkat lunak sistem yang paling banyak menguras baterai.

Selain cara tadi, kamu juga bisa mengetahui aplikasi yang memakan banyak daya baterai dengan menu lain pada Pengaturan HP.

  • Caranya, klik menu Aplikasi atau Apps pada halaman Setelan atau Pengaturan HP.
  • Kemudian, pilih menu Kelola aplikasi.
  • Nantinya, aplikasi yang terpasang di HP kamu akan ditampilkan.
  • Klik salah satu aplikasi.
  • Pada halaman selanjutnya, kamu akan disuguhkan dengan informasi aplikasi yang kamu klik. Termasuk informasi daya baterai yang digunakan aplikasi tersebut dalam bentuk persentase.
  • Untuk mengetahui pemakaian daya baterai aplikasi lain, kamu bisa mengklik nama aplikasi yang dimaksud pada halaman Kelola aplikasi.

Cara Mengetahui Aplikasi yang Boros Baterai via Aplikasi

  • Download aplikasi pengecek penggunaan baterai di Google Play Store. Di tutorial kali ini, Hallo GSM menggunakan aplikasi Accu Battery.
  • Setelah aplikasi terpasang, buka aplikasi tersebut.
  • Pada halaman utama, scroll layar dan beri izin akses penggunaan aplikasi untuk mengetahui penggunaan daya per aplikasi.
  • Tunggu beberapa saat, hingga muncul hasil persentase baterai yang digunakan oleh aplikasi.

Tutorial di atas menggunakan HP Xiaomi dengan MIUI 13 berbasis OS Android 12. Jika kamu merupakan pengguna HP merk lain atau versi MIUI berbeda, tidak menutup kemungkinan letak dan nama menu pada pengaturan agak berbeda dengan tampilan di atas. Untuk itu, kamu mungkin perlu sedikit penyesuaian dalam mempraktikkannya.

BACA JUGA: Cara Agar Baterai HP Tidak Cepat Habis, Perhatikan Hal Ini!

Nah, itu dia cara mengetahui aplikasi yang boros baterai di HP Android. Kamu bisa mengetahui aplikasi yang memakan banyak daya baterai menggunakan metode manapun yang dirasa paling sesuai. Semoga artikel ini bermanfaat.