Tips & Trik

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Xiaomi, Dijamin Berhasil!

Tak sengaja menghapus foto penting di Galeri HP Xiaomi? Jangan panik dulu, karena ada cara mengembalikan foto yang terhapus di HP Xiaomi.

Xiaomi saat ini menjadi salah satu merk HP populer yang banyak digunakan di Indonesia. Merk asal Tiongkok ini selalu menghadirkan produk berkualitas bagus dengan harga yang cukup terjangkau.

Produsen smartphone Xiaomi juga seringkali menambahkan fitur-fitur canggih yang memudahkan penggunanya.

Salah satu fitur yang ditawarkannya adalah fitur yang memungkinkan penggunanya untuk bisa memulihkan foto, video, dan media lainnya yang terhapus.

Fitur ini tentunya sangat bermanfaat ketika pengguna secara tidak sengaja menghapus foto penting yang ada di HP. Pengguna bisa memulihkan foto atau video yang terhapus tanpa perlu panik.

Pastinya, diantara banyaknya pengguna HP Xiaomi, ada yang pernah tidak sengaja menghapus foto dari galeri. Tak bisa dipungkiri, kejadian tersebut membuat pengguna khawatir.

Terlebih, jika foto yang terhapus berisi data penting atau cukup bermakna karena menyimpan kenangan.

Jika kamu termasuk salah satunya, jangan khawatir, karena HP Xiaomi memiliki fitur bawaan yang memungkinkan pengguna merestore atau memulihkan foto atau video yang terhapus.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Xiaomi

Pada HP Xiaomi ada menu ‘Item terhapus’ yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara untuk berbagai jenis file yang sudah dihapus, termasuk foto.

Sistem menyimpan media yang sudah dihapus terlebih dahulu selama 30 hari sebelum akhirnya dihapus secara permanen.

Nah, ketika kamu ingin mengembalikan foto yang sebelumnya dihapus baik itu sengaja ataupun tidak, kamu bisa memanfaatkan fitur bawaan tersebut.

Agar lebih mudah, berikut ini Hallo GSM sajikan tutorial lengkapnya. Pastikan simak hingga tuntas, ya!

  • Langkah pertama, buka Galeri pada HP Xiaomi yang kamu gunakan.
  • Di tutorial ini, kami menggunakan HP Xiaomi Redmi dengan MIUI 13 berbasis OS Android 12. Jika kamu menggunakan HP Xiaomi dengan versi MIUI atau OS yang berbeda, mungkin perlu sedikit penyesuaian.
  • Pada halaman utama galeri, klik tab Album.
  • Kemudian, scroll atau gulir layar.
  • Klik menu Item terhapus.
  • Nantinya, foto dan video yang sebelumnya dihapus akan ditampilkan.
  • Cari dan klik foto yang ingin kamu kembalikan.
  • Setelah foto yang dimaksud tampil, klik restore/pulihkan dengan ikon bulat dengan panah.
  • Nantinya, foto yang dimaksud otomatis dikembalikan lagi ke galeri.
  • Kamu juga bisa memulihkan atau mengembalikan lebih dari satu foto dengan cara yang sama, atau kamu juga bisa menandai foto-foto yang akan dipulihkan, kemudian memulihkannya dengan mengklik tombol Pulihkan.

Foto yang telah direstore atau dipulihkan akan kembali tampil di galeri. Kamu bisa mengakses foto tersebut seperti biasanya dengan mudah.

BACA JUGA: Cara Cek HP Xiaomi untuk Memastikan Kondisi dan Keasliannya

Itulah cara mengembalikan foto yang terhapus di HP Xiaomi dengan mudah dan cepat tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan. Semoga bermanfaat.