Tips & Trik

Cara Mengembalikan Akun WhatsApp yang Terhapus, Mudah dan Cepat

Beberapa orang mencari tahu cara mengembalikan akun WhatsApp yang terhapus. Hal tersebut ingin dilakukan bukan tanpa sebab.

WhatsApp atau WA yang merupakan aplikasi perpesanan yang sangat populer bisa melakukan penghapusan akun penggunanya secara otomatis. Hal itu demi keamanan data.

WA memiliki berbagai metode untuk menjaga keamanan data. Salah satunya adalah dengan menghapus akun pengguna secara otomatis.

Dengan menghapus akun penggunanya, hal tersebut bisa melindungi privasi, hingga membatasi retensi data. Setiap akun WhatsApp akan terhapus secara otomatis setelah tidak aktif selama 120 hari atau empat bulan lamanya.

Dilansir dari Pusat Bantuan WhatsApp, untuk mengembalikan akun, yang dibutuhkan adalah koneksi internet. Jika pengguna mengakses WhatsApp tanpa terhubung ke jaringan internet, maka akun tersebut akan menjadi tidak aktif.

Mengembalikan akun WhatsApp yang terhapus bisa dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah sederhana di bawah ini. Simak hingga tuntas, ya!

Cara Mengembalikan Akun WhatsApp yang Terhapus

Seperti disebutkan tadi, untuk mengaktifkan kembali akun WhatsApp yang terhapus dapat dilakukan dengan menghubungkan perangkat smartphone dengan jaringan internet.

  • Pertama, hubungkan smartphone yang akun WhatsApp-nya terhapus dengan koneksi internet.
  • Pengguna bisa menghubungkannya melalui data seluler ataupun WiFi.
  • Jika sudah berhasil dihubungkan, langsung saja buka aplikasi WhatsApp.
  • Setelah itu, akun WhatsApp pengguna akan aktif kembali.

Ketika akun WhatsApp terhapus karena tidak aktif selama 120 hari, semua data pada aplikasi tersebut tetap ada. Jadi, meskipun akun WA terhapus, data pada WhatsApp tidak akan ikut terhapus.

Nah, jika WhatsApp telah diakses kembali dengan menggunakan jaringan internet, maka semua data seperti chat dan lainnya yang sebelumnya disimpan di penyimpanan lokal akan ditampilkan kembali.

Akan tetapi, berbeda ceritanya jika akun WhatsApp sudah dihapus otomatis dan pengguna menghapus aplikasinya.

Menghapus aplikasi WA membuat data yang tersimpan hilang. Ya, data berupa dokumen, foto, video, hingga pesan akan terhapus.

Agar terhindar dari kehilangan data penting yang ada di WhatsApp, jangan menghapus aplikasi tersebut kecuali pernah mencadangkan chat sebelum WhatsApp menghapus akun Anda.

Jika sudah terlanjur dihapus, Anda bisa mengunduhnya kembali di Google Play Store atau Apps Store. Kemudian, login menggunakan akun yang terhapus dan ikuti langkah-langkah atau cara untuk mengembalikan chat.

BACA JUGA: Cara Membuat Tulisan Berwarna di WhatsApp Agar Lebih Menarik

Nah, itulah cara mengembalikan akun WhatsApp yang terhapus. Sangat mudah, bukan? Semoga bermanfaat.