Tips & Trik

2 Cara Mengecilkan Ukuran Foto Secara Online Tanpa Aplikasi

Cara mengecilkan ukuran foto sangatlah mudah, bahkan kamu bisa melakukannya secara online tanpa memerlukan tambahan aplikasi apapun. Ya, sekarang ini kamu dapat dengan mudah memperkecil ukuran foto baik itu format JPG, JPEG ataupun PNG yang awalnya ratusan MB menjadi puluhan KB.

Menariknya, meskipun ukurannya diperkecil kualitas dari foto tersebut tidak akan berubah alias masih bisa dipertahankan seperti semula. Hal ini pastinya akan sangat membantu kamu terutama pada saat hendak melampirkan foto untuk mengisi formulir online yang memiliki batasan ukuran.

Misalnya pada saat mendaftar prakerja, dimana calon peserta diwajibkan untuk mengupload foto KTP dengan ukuran maksimal 2 MB. Nah, apabila kamu mengetahui cara mengecilkan ukuran foto pastinya hal tersebut bukanlah menjadi masalah yang cukup berarti.

Namun apabila kamu belum mengetahui caranya, berikut Hallo GSM akan menjelaskan tutorialnya secara singkat, padat dan jelas.

BACA JUGA: Aplikasi Untuk Membuat Website Gratis

Cara Mengecilkan Ukuran Foto

Melalui Compress JPEG Images Online

Cara untuk memperkecil foto secara online tanpa aplikasi yang pertama adalah melalui situs Compress JPEG Images Online yang bisa diakses melalui aplikasi browser yang ada di perangkat kamu.

Nah, cara penggunaannya cukup sederhana tinggal masuk ke situs tersebut kemudian langsung saja klik tombol Upload Files.

Cara memperkecil ukuran foto JPEG. (SS)

Kemudian cari foto yang hendak dikompres. Nantinya, situs tersebut akan melakukan proses kompres, kamu hanya perlu menunggunya. Nggak lama kok paling 5-10 detik.

Cara mengubah ukuran foto menjadi 100kb. (SS)

Jika sudah selesai, tinggal klik tombol Download dan secara otomatis foto yang kamu kompres tadi akan tersimpan di Galeri.

Cara kompres foto di HP. (SS)

Cara Mengecilkan Ukuran Foto dengan TinyJPG

Selain Compress JPEG Images Online, kamu juga bisa mengecilkan ukuran foto lewat situs TinyJPG. Cara juga hampir sama, yaitu tinggal masuk ke website TinyJPG jika sudah masuk klik pada menu ‘Drop your png or jpg file here!‘.

Cara kompres foto. (SS)

Pilih File, lalu cari foto atau gambar yang ingin kamu kecilkan ukurannya. Sesaat setelah kamu mengupload foto yang dimaksud, TinyJPG akan langsung melakukan proses compressing.

Kompres JPEG. (SS)

Apabila sudah muncul tulisan ‘Finished‘, itu artinya foto sudah selesai dikompres dan kamu bisa langsung mendownloadnya.

Cara memperkecil ukuran gambar hingga 100kb. (SS)

BACA JUGA: Cara Download Scribd Tanpa Harus Bayar

Cara mengecilkan ukuran foto online sebetulnya tak hanya bisa melalui Compress JPEG Images Online atau TinyJPG saja, tapi bisa pula dilakukan lewat situs image image compressor lain seperti iLoveIMG, ResizeImage, Image Optimizer dan masih banyak lagi.