Categories: Tips & Trik

Cara mengatasi sinyal jelek tanpa harus mengotak-atik ponsel

Masalah yang sering sekali terjadi pada para pengguna smartphone yakni terjadinya sinyal yang jelek dan kurang bagus. Pertanyaannya, apakah ada cara untuk mengatasi sinyal jelek tersebut agar menjadi baik dan nyaman digunakan kembali?

Sinyal yang jelek tentu akan menjadikan penggunanya menjadi kesal karena tak bisa melakukan aktifitas-aktifitas tertentu yang harus dilakukan melalui smartphone, misalnya SMS, Telepon, dan Internet.

Pada umumnya sinyal yang jelek biasanya terjadi karena umur HP itu sendiri yang memang sudah tua atau lama, masalah lokasi tempat yang memang sulit mendapatkan sinyal yang baik, atau adanya masalah yang terdapat pada software atau hardware penangkap sinyal hanphone kamu.

Seperti yang diketahui, jika lokasi yang paling bagus untuk mendaptkan sinyal biasanya area perkotaan, karena jangkauan pemancar sinyal lebih banyak jika dibandingkan dengan area pelosok seperti desa dan hutan.

Akan tetapi, jika diarea perkotaan sinyal kamu tetap buruk, sudah bisa dipastikan jika memang smartphone kamu yang bermasalah. Namun ingat, jangan terlebih dahulu membongkar atau mengotak-atik ponselmu jika tak mengetahui pasti dengan benar keadaan ponsel seperti apa.

Alangkah baiknya ikuti cara-cara mengatasi sinyal yang jelek di bawah ini terlebih dahulu yuk.

Cara mengatasi sinyal yang jelek

Aktifkan dan nonaktifkan airplane mode

Airplane mode atau “Mode Pesawat” berfungsi sebagai menonaktifkan semua sinyal yang terdapat pada ponselmu. Fitur ini pada umumnya tersedia defaulat pada semua jenis smartphone apa saja.

Dengan mengaktifkan mode AirPlane ini maka semua sinyal akan hilang, tunggu dalam beberapa menit terlebih dahulu, kemudian nonaktifkan mode AirPlane tersebut maka dengan otomatis ponselmu akan mencari sinyal baru. Hal ini biasanya akan memperkuat sinyal handphone kamu yang buruk.

Mungkin cara yang satu ini tak banyak berpengaruh dengan ponsel kamu, namun tak ada salahnya jika kamu mencobanya terlebih dahulu. Jika cara ini tak berhasil juga, masih ada cara-cara berikutnya.

Lakukan penguncian jaringan

Cara mengatasi sinyal jelek selanjutnya yakni dengan pengucian jaringan. Yang dimaksud penguncian jaringan disini yakni untuk memilih satu tipe jaringan agar bisa memperkuat sinyal smartphone kamu, ya.

Secara default ponsel akan memilih jaringan dengan mode Otomatis namun kamu bisa mengubahnya dengan mode 2G Only (GSM), 3G Only (WCDMA), atau 4G Only (LTE).

Untuk pengguna ponsel android yang masih 3G alangkah baiknya kamu memilih tipe jaringan yang 3G Only (WCDMA) agar bisa memperkuat sinyal android kamu. Tak hanya bisa memperkuat sinyal, namun kamu juga bisa melakukan aktifitas diinternet dengan cepat dan lancar.

Sangat disarankan untuk kamu jangan memilih mode otomatis agar jaringan tak berubah-ubah. Pilihlah dengan mode Only (Hanya Satu) saja, selain agar memperkuat sinyal, baterai ponsel kamu pun akan terasa lebih hemat karena tak terus-terusan mencari sinyal.

Beri tempelan sticker penerima sinyal

Mungkin tak semua orang tahu jika memang terdapat sticker yang bisa menerima sinyal. Nah, cara mengatasi sinyal jelek juga bisa kamu lakukan dengan memasang sticker penerima sinyal di bagian belakang ponsel sehingga dapat membantu dalam menerima sinyal yang masuk ke ponsel kamu.

Tak hanya dapat kamu gunakan untuk menerima sinyal saja, namun bisa juga kamu gunakan sebagai aksesoris karena bentuknya yang lucu dan unik. Kamu pun bisa dengan mudah mendapatkannya di toko handphone dan toko online.

Install aplikasi perkuat sinyal

Cara yang selanjutnya bisa kamu lakukan yakni dengan menginstall aplikasi perkuat sinyal. Beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan dengan cara yang gratis misalnya Sinyal Guard Pro, Open Signal Maps, Network Signal Strenght, Signal Booster dan aplikasi yang lainnya.

Namun lebih disarankan jika kamu menggunakan aplikasi Signal Guard Pro karena mempunyai fitur yang cukup lengkap dan juga bisa kamu gunakan secara gratis.

Signal Guard Pro bisa mencari sinyal yang hilang secara otomatis, dan akan memberikanmu notifikasi jika ternyata sinyal secara tiba-tiba hilang, dan masih banyak fitur lainnya yang tak kalah menarik.

Jangan tutupi antena smartphone

Sebelum menggunakan smartphone, tak ada salahnya jika kamu mengetahui letak posisi antenanya terlebih dahulu. Cara ini bisa membantu kamu mengetahui posisi antena, sehingga tak menghalanginya saat sedang kamu gunakan.

Jika kamu memakai casing, jangan lupa untuk memperhatikan pula aksesoris tersebut jika menghalangi penerimaan sinya antena di perangkatmu. Jika casing yang menjadi penyebabnya, maka kamu harus menggantinya dengan bahan yang lebih ramah lagi.

Mengganti operator yang sebelumnya digunakan

Terkadang masalah tak hanya muncul dari ponsel yang kamu gunakan saja, akan tetapi juga bisa timbul dari operator yang saat ini kamu gunakan. Karena, ada kemungkinan operator yang kamu pakai kurang mempunyai jaringan yang baik di area lingkungan kamu.

Maka cara mengatasi sinyal jelek tersebut yakni dengan pertama-tama pastikan terlebih dahulu dengan orang lain yang juga mempunyai operator yang sama dan berbeda denganmu. Kemudian, jika telah menemukan operator yang pas, maka kamu bisa menggantinya dengan operator tersebut.

BACA JUGA: Cara membobol password WiFi menggunakan ponsel Android

Itu dia beberapa cara mengatasi sinyal yang kelek sehingga bisa memperkuat sinyalmu lagi tanpa harus membongkar maupun mengotak-atik sistem smartphone.

Namun, jika dengan cara di atas tak dapat juga mengembalikan sinyalmu menjadi bagus, maka langkah baiknya kamu segera bertanya kepada teknisi smartphone agar bisa membantu mengatasinya.