Tips & Trik

Cara Mengatasi Sinyal Hilang di HP Android, Dijamin Ampuh!

Sinyal hilang ketika menggunakan HP? Jangan kesal dulu, karena ada cara mengatasi sinyal hilang yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Pastikan simak artikel ini hingga tuntas, ya!

Sudah bukan rahasia lagi, sinyal merupakan hal penting di dunia serba digital ini. Dengan adanya jangkauan sinyal, pengguna gadget bisa melakukan aktivitas digital dengan lancar.

Seperti halnya berkomunikasi, berselancar di dunia maya, mencari informasi, bertransaksi secara online, dan lain sebagainya bisa berjalan salah satunya karena sinyal.

Ketika sinyal tidak muncul, tentunya bisa mengganggu aktivitas tersebut.

Jika kamu mengalami hal yang sama, ketahui penyebab sinyal hilang, karena bisa menjadi patokan untuk mengatasinya dengan tepat.

Adapun, penyebab sinyal di HP hilang diantaranya karena kartu SIM tidak bisa dijangkau sinyal karena berada di area yang tidak terjangkau.

Selain itu, sinyal hilang juga bisa disebabkan karena sedang dilakukan perbaikan jaringan oleh provider penyedia jaringan telekomunikasi yang digunakan, signal receiver bermasalah, faktor cuaca, kartu SIM yang digunakan sudah hangus, atau adanya kerusakan pada hardware.

Setelah mengetahui penyebabnya, berikut ini beberapa metode yang bisa dilakukan untuk mengatasi dan memunculkan kembali sinyal di HP.

Cara Mengatasi Sinyal Hilang di HP Android

Pindah ke Tempat Lain yang Terbuka

Jika kamu sedang berada di tempat baru apalagi tempatnya agar terpencil dan sinyal HP tiba-tiba hilang, cobalah bergeser ke tempat lain atau tempat yang lebih terbuka.

Besar kemungkinan, sinyal hilang karena tempat tersebut memang tidak terjangkau oleh sinyal.

Setelah pindah ke tempat lain, cek kembali sinyal apakah sudah ada atau belum. Jika sinyal masih saja hilang, ikuti metode berikutnya.

Cara Mengatasi Sinyal Hilang dengan Mengaktifkan Mode Pesawat

Mengatasi sinyal hilang bisa dengan mengaktifkan mode pesawat, kemudian menonaktifkannya kembali untuk memancing sinyal.

Meskipun mode ini ditujukan untuk pengguna yang ingin bepergian menggunakan pesawat, namun mode ini juga sangat bisa diandalkan untuk memancing sinyal yang tidak muncul.

Kamu bisa mengaktifkan dan menonaktifkan mode pesawat melalui bar notifikasi yang biasanya mode pesawat atau Airplane Mode bisa diakses dari sana dengan mudah dan cepat.

Restart HP

Jika cara sebelumnya masih saja belum bisa memunculkan sinyal yang hilang, coba untuk melakukan restart

HP. Kemungkinan, sinyal hilang karena ada masalah pada perangkat lunak.

Dengan restart, biasanya permasalahan termasuk sinyal hilang akan teratasi.

Untuk restart, tekan tombol Power beberapa saat, atau kombinasi tombol Power dan volume atas hingga muncul pop-up.

Pilih menu Mulai Ulang atau Restart. Setelah itu, tunggu HP hingga benar-benar aktif dan cek sinyalnya.

Cek Pemasangan Kartu SIM

Pemasangan kartu SIM yang kurang pas sangat berpengaruh pada sinyal. Pasalnya, jika posisi kartu tidak pas pada slot kartu, kartu SIM tidak akan terbaca oleh sistem dan sudah pasti tidak akan menampilkan sinyal.

Cek posisi kartu SIM dengan membuka slot SIM. Pastikan juga tidak ada debu atau benda apapun di bawah kartu SIM yang terpasang.

Cek Masa Aktif Kartu

Sinyal hilang bisa disebabkan karena kartu SIM yang justru sudah tidak aktif yang biasanya karena masa aktif habis atau bahkan hangus.

Kamu bisa mengecek masa aktif kartu dengan menggunakan dial up yang sesuai dengan provider yang kamu gunakan. Kamu juga bisa mengeceknya melalui aplikasi dari provider yang digunakan.

Jika ternyata kartu SIM sudah hangus, kamu perlu mengganti kartu SIM dengan kartu baru.

BACA JUGA: Cara Cek Masa Aktif Kartu Telkomsel, Mudah dan Praktis

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi sinyal hilang. Semoga bisa membantu.