Tips & Trik

Cara Mengatasi Panggilan Dialihkan Lengkap dengan Penyebabnya

Melakukan panggilan namun operator menyebutkan “Maaf, nomor yang Anda tuju sedang dialihkan..“? Cara mengatasi panggilan dialihkan di bawah ini bisa jadi solusinya.

Ketika menelpon seseorang, mungkin Anda pernah atau sering mendengar nada sambung berbunyi operator yang memberikan informasi bahwa nomor yang Anda tuju sedang dialihkan. Setelah itu, panggilan telepon tidak tersambung.

Adanya permasalah seperti itu, membuat pengguna handphone alias HP penasaran dan bertanya-tanya apa maksud dari panggilan dialihkan.

Terlebih, jika pengguna buru-buru ingin menelpon seseorang dan ingin menyampaikan pesan yang sangat penting yang sifatnya urgent.

Menurut beberapa sumber, panggilan dialihkan bisa diartikan dengan sebuah fitur telepon yang memungkinkan pengguna untuk meneruskan atau mengalihkan panggilan masuk ke nomor alternatif. Bisa dialihkan ke telepon rumah, nomor HP lain, pesan suara, atau pesan teks.

Jika pengguna mengaktifkan fitur tersebut, maka pengguna lain yang ingin melakukan panggilan akan menerima pemberitahuan seperti tadi.

Selain dari aktifnya fitur pengalihan panggilan, munculnya pemberitahuan panggilan dialihkan juga bisa saja memiliki arti bahwa nomor yang dituju pada saat itu sedang tidak bisa menjawab panggilan karena berbagai alasan.

Panggilan dialihkan bisa saja karena pengguna yang ditelpon sedang sibuk dan panggilan tidak terangkat, sedang menerima panggilan dari nomor lain, atau karena nomor yang dituju tidak terjangkau, contohnya karena tidak ada sinyal, operator sedang mengalami gangguan, dan lain-lain.

Dengan berbagai penyebab di atas, sistem otomatis meneruskan atau mengalihkan panggilan masuk. Sehingga, penelpon akan mendapat pemberitahuan bahwa panggilan dialihkan.

Untuk mengatasinya, ada dua cara yang bisa dilakukan. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mengikuti langkah berikut ini.

Cara Mengatasi Panggilan Dialihkan

Panggilan dialihkan bisa diatasi dengan menonaktifkan fitur pengalihan panggilan pada pengaturan HP nomor tujuan. Cara ini tentunya perlu dilakukan oleh penerima telepon.

Menonaktifkan fitur pengalihan panggilan juga perlu Anda lakukan karena bisa saja tanpa disadari nomor Anda juga termasuk nomor yang panggilannya sering dialihkan karena fitur pengalihan panggilannya aktif.

Menu pengalihan panggilan letaknya kemungkinan berbeda tergantung pada merk ponsel yang digunakan. Tapi secara umum, fitur tersebut bisa diakses di HP Android dengan cara berikut.

  • Masuk ke menu Telepon yang ada di HP Anda.
  • Klik ikon titik tiga dan pilih Pengaturan.
  • Pada halaman selanjutnya, klik menu Pengaturan lanjutan.
  • Kemudian, klik menu Penerusan panggilan.
  • Nantinya, Anda bisa menonaktifkan semua fitur pengalihan. Mulai dari Selalu teruskan, Bila sibuk, Bila tak dijawab, dan Bila tak dapat dihubungi.
  • Selesai. Dengan nonaktifnya semua fitur pengalihan tersebut, nomor yang menghubungi ke nomor Anda tidak akan menerima pemberitahuan yang menyebutkan bahwa nomor yang dituju sedang dialihkan.

Mengatasi Panggilan ke Orang Lain yang Dialihkan

Apabila Anda menghubungi orang lain namun operator menyebutkan bahwa nomor yang Anda tuju sedang dialihkan, maka langkah yang bisa dilakukan adalah menunggu.

Sebagaimana pemaparan diatas, panggilan yang dialihkan bisa terjadi karena berbagai hal. Selain fitur pengalihan yang aktif, bisa saja nomor yang Anda tuju sedang tidak dalam jangkauan sinyal atau yang lainnya.

Dengan begitu, Anda perlu menunggunya selama beberapa saat, kemudian coba hubungi kembali.

BACA JUGA: Mudah, Begini Cara Memblokir Kontak WA Tanpa Diketahui

Demikian dua cara mengatasi panggilan dialihkan yang bisa dilakukan dengan mudah. Anda bisa meminta pengguna nomor yang dituju untuk menonaktifkan fitur pengalihan dengan langkah di atas atau menunggu nomor tujuan dan menghubunginya lagi di lain waktu.