Tips & Trik

Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp Tidak Muncul

Komunikasi penting terhambat karena notifikasi tidak muncul? Cara mengatasi notifikasi WhatsApp tidak muncul di bawah ini wajib untuk dicoba.

Fitur notifikasi atau pemberitahuan pada aplikasi WhatsApp sangat memudahkan pengguna untuk mengetahui pesan serta panggilan yang masuk.

Normalnya, notifikasi akan muncul di Home Screen ketika terdeteksi ada pesan baru yang masuk tanpa harus membuka aplikasi. Akan tetapi, tak jarang pengguna WhatsApp mengalami permasalahan notifikasi yang tidak muncul di layar.

Alhasil, pesan yang masuk tidak diketahui sebelum pengguna membuka aplikasi WhatsApp. Ketika persoalan ini terjadi, tentunya sangat menjengkelkan.

Sebelum mencari cara untuk mengatasi masalah notifikasi WhatsApp atau WA yang tidak muncul, alangkah baiknya mencari tahu dulu penyebabnya.

Penyebab notifikasi WA tidak muncul bisa karena perangkat tidak tersambung dengan koneksi internet yang stabil. Seperti yang kita tahu, WhatsApp mengandalkan jaringan internet dalam pengoperasiannya.

Ketika terjadi gangguan koneksi, bertukar pesan atau melakukan panggilan akan ikut terganggu. Sehingga, notifikasi bisa terlambat atau bahkan tidak muncul sama sekali di layar ponsel.

Selain itu, penyebab notifikasi WA tidak muncul juga bisa disebabkan karena terjadi gangguan pada software atau perangkat lunak.

Software versi lama bisa saja membawa gangguan yang menghambat fitur-fiturnya untuk beroperasi.

Notifikasi WA tidak muncul juga bisa karena terjadi kesalahan dalam mengkonfigurasi pengaturan pemberitahuan.

Ketika opsi notifikasi aplikasi dinonaktifkan, otomatis perangkat tidak akan menampilkan pemberitahuan.

Nah, setelah penyebabnya diketahui, berikut ini Hallo GSM sajikan beberapa cara untuk mengatasi notifikasi WhatsApp yang tidak muncul sebagaimana dirangkum dari halaman resmi WhatsApp dan sumber lainnya.

Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp Tidak Muncul

Pastikan Memiliki Koneksi Internet yang Stabil

Tanpa jaringan internet yang memadai, fitur-fitur yang ada di WhatsApp tidak akan berjalan lancar. Termasuk fitur untuk menampilkan notifikasi pesan atau panggilan yang baru masuk.

Agar kinerjanya berjalan optimal, cek kuota internet yang dimiliki, atau coba tipe koneksi yang berbeda, seperti menggunakan WiFi.

Pastikan Data di Latar Belakang Tidak Dibatasi

Sejumlah aplikasi online seperti WhatsApp memang didesain untuk terus bekerja di latar belakang meskipun pengguna sedang tidak membuka dan menggunakannya. Hal ini yang membuat notifikasi pesan masuk muncul meskipun aplikasi tidak dibuka.

Untuk itu, data di latar belakang aplikasi WhatsApp disarankan untuk tidak dibatasi sehingga pembaruan notifikasi akan tetap muncul.

Untuk mengeceknya, buka aplikasi Pengaturan atau Settings > Aplikasi

. Setelah itu, cari dan pilih WhatsApp, kemudian pastikan penggunaan data seluler di latar belakang tidak dibatasi.

Jika dibatasi, ketika penggunaan data seluler telah mencapai batas maksimal yang telah ditentukan, maka data seluler akan mati dan pastinya aplikasi tidak akan beroperasi.

Periksa Pengaturan Notifikasi WhatsApp

Berikutnya, cara mengatasi notifikasi WhatsApp tidak muncul adalah dengan memeriksa pengaturan notifikasi nya.

Caranya, buka menu Setelan atau Settings pada aplikasi WhatsApp, kemudian klik Notifikasi atau Pemberitahuan, dan pastikan nada notifikasi terpilih tidak dalam opsi Hening.

Setelah itu, pastikan juga menu Gunakan notifikasi prioritas dalam keadaan aktif.

Boot Ulang Perangkat

Jika masalah notifikasi WhatsApp tidak muncul masih tidak ada perubahan, cobalah untuk boot ulang HP dengan mematikannya kemudian nyalakan kembali. Atau bisa juga dengan memanfaatkan fitur restart atau mulai lagi yang telah disediakan di setiap perangkat.

Cara ini bertujuan untuk menyegarkan sistem agar berjalan kembali dengan lancar.

Perbarui Aplikasi WhatsApp

Selain software pada perangkat yang usang bisa menyebabkan fitur pada WhatsApp tidak berjalan lancar, versi pada aplikasi itu sendiri juga berpengaruh.

Pembaruan versi aplikasi biasanya membawa perbaikan untuk mengatasi gangguan, termasuk pada fitur notifikasi.

Dengan ini, pengguna smartphone harus mengikuti uptade aplikasi ke versi terbaru ketika ada pemberitahuan.

Pengguna juga harus rajin mengecek ketersediaan pembaruan versi aplikasi WhatsApp di Google Play Store atau App Store.

BACA JUGA: Cara Mengatasi HP Lemot, Dijamin Ngebut Lagi

Nah, itulah beberapa cara mengatasi notifikasi WhatsApp tidak muncul. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.