Tips & Trik

Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh Sama Sekali, Ketahui Penyebabnya!

Layar HP mengalami masalah seperti tidak bisa disentuh tentu membuat siapapun terganggu. Untuk itu, ketahui cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh yang bisa dilakukan dengan mudah.

Adanya masalah pada layar HP memang bisa saja terjadi. Terlebih, pada jenis smartphone yang menggunakan teknologi layar sentuh (touchscreen), seperti pada kebanyakan smartphone saat ini.

Meski tergolong praktis tanpa ada banyak tombol fisik di layar, HP dengan touchscreen tak jarang memiliki masalah seperti layar tidak bisa disentuh dalam artian tidak merespons perintah.

Jika hal ini terjadi, pengguna tidak bisa membuka aplikasi bahkan tidak bisa menggunakan HP sesuai dengan fungsinya.

Pasalnya, layar sentuh (touchscreen) merupakan komponen pada HP yang berfungsi sebagai output dan input device.

Layar menampilkan gambar, halaman, serta menu yang dibutuhkan oleh pengguna. Melalui layar, pengguna bisa memberikan perintah untuk menampilkan sesuatu atau untuk menjalankan fitur yang ada didalamnya.

Dengan begitu, layar merupakan komponen penting pada smartphone. Jika ada kerusakan atau kendala sedikitpun, pastinya membuat kinerja HP tidak optimal yang membuat aktivitas pengguna jadi terhambat.

Adapun, penyebab dari layar HP tidak bisa disentuh diantaranya karena perangkat terjatuh, terbentur, masuk ke dalam air, tertimpa benda berat, atau ada masalah pada software.

Jika HP kamu sedang dalam keadaan tidak bisa disentuh, simak penjelasan di bawah ini hingga tuntas agar bisa mengatasinya dengan mudah.

Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh

Restart atau Mulai Ulang HP

Dalam keadaan layar HP benar-benar tidak bisa disentuh sama sekali, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan restart.

Pasalnya, bisa saja layar tidak berfungsi karena ada masalah pada sistem operasi HP itu sendiri yang membuat layar tidak bisa menjalankan perintah.

Dengan restart, permasalahan pada HP yang berkaitan dengan sistem operasi biasanya akan mudah teratasi.

Untuk melakukan restart, tekan tombol Power atau kombinasi tombol Power + Volume atas selama beberapa detik. Setelah muncul opsi, pilih ‘Restart’ atau ‘Mulai ulang’.

Setelah itu, tunggu proses restart selesai. Ketika HP menyala kembali, tunggu beberapa saat dan coba operasikan kembali layar.

Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh karena Terkena Air

Meskipun saat ini sudah banyak HP yang dilengkapi sertifikat tahan air dan debu, namun tidak menutup kemungkinan jika salah satu komponen HP rusak seperti layar setelah terkena air dalam jumlah yang melampaui batas sertifikasi yang dimilikinya.

Jika layar HP kamu tidak bisa disentuh setelah terkena air, kamu perlu menonaktifkan HP terlebih dahulu demi keamanan.

Setelah HP benar-benar mati, keringkan layar dan seluruh bodi HP menggunakan kain lembut, kering, dan bersih.

Pastikan tidak ada air yang tersisa pada perangkat, termasuk sela-sela layar.

Lepas casing atau pelindung layar jika HP kamu menggunakannya agar proses pengeringan bisa lebih optimal.

Setelah semuanya kering, aktifkan kembali HP dan coba sentuh layar seperti biasa.

Bersihkan Layar

Jika layar HP tidak bisa disentuh bukan dikarenakan terkena air, mungkin saja ada kotoran yang menempel pada layar. Sehingga, sebagian layar yang tertutupi kotoran tidak bisa menjalankan perintah.

Untuk itu, bersihkan permukaan layar dari debu yang menempel atau noda membandel seperti lem, bekas minuman, makanan, atau yang lainnya.

Sebelum membersihkan layar, lebih baik matikan dulu HP agar selama proses pembersihan berjalan dengan aman dan lancar.

Kamu bisa membersihkannya dengan kain bersih. Jika perlu, teteskan sedikit air atau cairan pembersih layar untuk membersihkan noda membandel.

Lepas Anti Gores

Hampir semua pengguna HP memakaikan anti gores pada layar HP sebagai bentuk keamanan pada layar yang memang rentan terhadap goresan.

Dari berbagai jenis anti gores yang ada, mulai dari antigores tipis hingga anti gores tebal yang disebut Tempered Glass (TG), pasti saja ada antigores yang bisa mengurangi bahkan menghalangi respon sentuhan, sehingga layar sulit untuk menjalankan perintah.

Jika kamu merasa layar tidak merespon setelah memasang TG atau anti gores lainnya, tidak ada salahnya untuk mencoba melepas anti gores tersebut.

Jika anti gores yang kamu gunakan adalah tempered glass, maka perlu teknik khusus untuk membukanya. Untuk lebih jelasnya, simak artikel cara melepas tempered glass HP yang telah Hallo GSM bahas sebelumnya.

Gunakan Layanan Service

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan jika layar HP masih saja tidak bisa disentuh meski sudah berupaya melakukan beberapa hal di atas, kamu bisa mengunjungi layanan Service Center.

Disarankan untuk menggunakan layanan purna jual dari vendor smartphone yang kamu gunakan agar mendapat suku cadang yang asli.

BACA JUGA: Cara Mengatasi HP Lupa Kata Sandi Tanpa Reset, Semua Data Tetap Aman!

Nah, itulah cara mengatasi layar hp tidak bisa disentuh. Kamu bisa melakukannya sendiri sebelum menyerahkan pada ahlinya. Semoga bermanfaat.