Tips & Trik

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi dengan Mudah

Pengguna laptop disarankan untuk mengetahui cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi, karena masalah ini sering dialami banyak orang.

Keyboard merupakan komponen yang sangat penting pada perangkat komputer ataupun laptop.

Sebagaimana diketahui, fungsi keyboard adalah untuk mengetik huruf, angka, hingga melakukan pengaturan yang membantu mempermudah penggunanya dalam menunjang pekerjaan ataupun membuat kreatifitas.

Menjadi komponen yang sering digunakan, menjadikan keyboard rentan rusak. Kerusakan bisa terjadi pada sebagian tombol pada keyboard atau bahkan keseluruhan.

Jika hal tersebut terjadi, pastinya membuat pengguna panik sekaligus kesal. Namun, jangan khawatir, karena ada banyak cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi.

Selain seringnya pemakaian, penyebab keyboard atau papan ketik pada laptop tidak berfungsi bisa saja karena faktor lain.

Penyebab umum laptop menjadi tidak berfungsi dengan semestinya bisa dikarenakan adanya masalah pada software (perangkat lunak) atau hardware (perangkat keras).

Mungkin saja ada perangkat lunak pada laptop yang tidak kompatibel dan tidak cocok digunakan dengan keyboard.

Masalah pada keyboard seringnya terjadi karena gangguan hardware berupa bantalan keyboard yang longgar, atau tombol terhalang dengan benda asing sehingga tidak bisa menjalankan perintah.

Jika masih bingung dengan cara mengatasi keyboard yang tidak berfungsi, berikut ini Hallo GSM sajikan beberapa cara memperbaikinya yang bisa dilakukan sebelum memutuskan untuk membawa perangkat ke tukang service

.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Cek Tombol Num Lock

Ketika sebagian tombol pada keyboard tidak berfungsi secara tiba-tiba, bisa saja itu disebabkan kesalahan pengguna yang tidak sengaja menekan tombol Num Lock.

Aktifnya tombol NumLock atau NmLk membuat bagian keyboard utama berubah fungsi menjadi keypad numerik.

Ketika aktif, sebagian tombol angka seringkali tidak bisa digunakan. Nah, untuk mengembalikan fungsinya, tekan tombol Num Lock atau NmLk pada keyboard.

Jika masih tidak bisa, gunakan kombinasi tombol Fn + NumLock.

Bersihkan Keyboard

Apabila tombol yang tidak berfungsi hanya salah satu saja, sedangkan tombol lain masih berfungsi, hal ini bisa disebabkan karena debu atau sisa makanan yang menumpuk hingga mengganjal di sela-sela tombol.

Untuk membersihkannya, tidak perlu membongkar keyboard. Pengguna hanya perlu membersihkannya menggunakan kuas atau memiringkannya hingga kotoran tersebut keluar.

Sebelum melakukan proses pembersihan, pastikan laptop atau komputer tidak dalam keadaan menyala.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi dengan Merestart

Fitur restart seringkali bisa diandalkan untuk mengatasi berbagai masalah pada setiap perangkat. Termasuk keyboard yang masih tidak berfungsi meski sudah melakukan berbagai cara.

Untuk itu, cobalah untuk merestart laptop dengan mengklik ikon windows, kemudian pilih ikon Power dan klik Restart.

Periksa Konektor Keyboard

Keyboard masih tidak berfungsi, bahkan total? jangan panik dulu. Kebanyakan kasus penyebabnya karena konektor keyboard tidak tersambung.

Konektor yang renggang, tertekuk, atau terlepas tentu saja membuat papan ketik tidak berfungsi. Untuk memastikannya, pengguna bisa membongkar sendiri konektor yang ada pada komponen keyboard.

Namun, jika ragu membongkarnya, sebaiknya serahkan pada ahlinya. Untuk memperbaiki, sebaiknya ke Service Centre resmi sesuai dengan merk laptopnya.

BACA JUGA: Begini Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang

Itulah beberapa cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi. Semoga bisa membantu.