Tips & Trik

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca di HP Oppo, Perhatikan Hal Ini!

Cara mengatasi kartu SIM tidak terbaca perlu diketahui pengguna ponsel baik itu merk Oppo, maupun yang lainnya. Pasalnya, masalah tersebut bisa saja terjadi secara tiba-tiba baik pada kartu SIM lama atau baru sekalipun.

Kartu SIM (Subscriber Identity Module) merupakan sebuah kartu pintar yang dibenamkan pada handphone dan menyimpan pengenal jasa penyedia telekomunikasi.

SIM card memiliki peran penting dalam keberlangsungan komunikasi. Dengan adanya kartu SIM yang menghasilkan koneksi jaringan seluler, pengguna handphone atau HP bisa mengirim SMS, melakukan panggilan, mengakses internet, hingga melakukan transaksi menggunakan pulsa.

Dalam penggunaan handphone, tak jarang pengguna yang kebingungan ketika kartu tidak bisa digunakan yang ditandai dengan tidak ada jaringan seluler serta muncul peringatan.

Peringatan yang muncul biasanya seperti ‘SIM tidak valid’, ‘Kartu SIM tidak dapat terdeteksi’, ‘Tidak ada kartu SIM yang disisipkan’, atau ‘Tidak ada layanan’.

Hal tersebut pastinya membuat pengguna kebingungan bahkan jengkel, apalagi ketika perlu komunikasi karena kondisi darurat.

Pasalnya, pengguna tidak bisa mengirim SMS, melakukan panggilan telepon, apalagi mengakses internet tanpa adanya jaringan seluler yang biasanya ditampilkan di bar notifikasi.

Hal tersebut terjadi karena beberapa faktor. Bisa jadi disebabkan karena provider penyedia layanan telekomunikasi yang kamu gunakan sedang mengalami gangguan. Selain itu, ada juga penyebab lainnya yang bisa kamu atasi.

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca di HP Oppo

Selain dari provider yang sedang gangguan, kartu SIM tidak terbaca juga bisa disebabkan karena kartu tidak dimasukkan dengan benar, kartu SIM atau slot kartu pada perangkat rusak, atau masa pakai yang terlalu lama.

Dari penyebab tersebut, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan jika berada pada kondisi yang sama.

Restart HP

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kartu SIM tidak terbaca adalah dengan memulai ulang atau restart

HP yang kamu gunakan untuk memulihkan sistem operasi.

Untuk merestart HP Oppo, kamu bisa membaca tutorialnya pada artikel ini.

Dengan merestart HP, sistem operasi akan jauh lebih baik dan bisa menormalkan kembali kartu SIM yang sebelumnya tidak terbaca.

Cek Kartu SIM

Posisi kartu SIM yang kurang pas sangat berpengaruh pada kinerjanya. Untuk itu, jika kartu SIM di HP kamau tidak terbaca, kamu bisa mengecek kondisi kartu SIM.

Pada HP dengan pengaturan baterai removable atau bisa dilepas, kartu SIM biasanya diletakkan di sebelah atas baterai berdempet dengan memory card.

Sementara pada HP dengan baterai non-removable atau biasa disebut dengan baterai tanam seperti yang ada pada kebanyakan HP Oppo saat ini, slot kartu SIM ada di bagian samping perangkat bersama dengan slot memory card.

Untuk mengeceknya, nonaktifkan HP terlebih dahulu. Gunakan SIM card ejector dan keluarkan slot kartu SIM. Setelah itu, bersihkan permukaan kartu SIM dengan kain bersih dan kering.

Kemudian, letakkan kembali kartu SIM pada slot dengan posisi yang benar. Hal ini sangat perlu diperhatikan dengan baik.

Setelah itu, aktifkan HP dan lihat apakah sinyal jaringan sudah muncul dan kartu bisa digunakan atau belum.

Coba Gunakan Kartu SIM Lain

Jika HP sudah aktif kembali setelah posisi kartu SIM dibenarkan, namun masih saja belum terbaca, coba pakai kartu SIM lain.

Setelah kartu SIM lain terpasang dan bisa terbaca, maka dipastikan kartu SIM yang sebelumnya digunakan tidak bisa dipakai lagi. Hal itu bisa karena rusak atau kartu sudah hangus.

Kamu bisa mengganti kartu dengan yang baru atau mengaktifkan kembali (reaktivasi) kartu tersebut jika tidak bisa dipakai karena hangus.

Lakukan Reset Factory

Jika dengan mengganti kartu SIM masih saja tidak terbaca, bisa saja hal itu dikarenakan adanya masalah pada HP yang kamu gunakan.

Untuk mengatasi kartu SIM tidak terbaca, kamu bisa melakukannya dengan cara reset factory atau mengembalikan pengaturan HP seperti saat keluar dari pabrik.

Perlu diketahui bahwa reset menghapus semua data yang ada pada perangkat secara permanen. Untuk itu, disarankan untuk melakukan back up atau memindahkan data penting ke penyimpanan lain sebelum mereset HP.

Dengan reset, pengaturan pada HP akan kembali seperti semula dan kamu bisa menggunakannya kembali.

BACA JUGA: Cara Mengembalikan Tema HP Oppo Seperti Semula, Mudah dan Cepat!

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kartu SIM tidak terbaca. Semoga bermanfaat.