Tips & Trik

Cara Mengatasi Kamera HP Buram agar Jernih Kembali

Pernah mengalami kamera HP tiba-tiba buram ketika memotret? Jangan panik dan kesal dulu, karena ada cara mengatasi kamera HP buram yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

Seperti yang kita tahu, HP menjadi perangkat yang tidak bisa dipisahkan dari kebutuhan memotret atau merekam video.

Terlebih, sekarang ini banyak pengguna smartphone yang terjun ke dunia perkontenan. Ya, banyak orang yang membuat foto atau video berisi konten menarik, kemudian diunggah ke media sosial hingga menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Oleh karena itu, kamera menjadi komponen penting yang sangat diperhatikan ketika membeli HP. Tak heran, jika sekarang banyak vendor yang menghadirkan HP dengan kamera berkualitas, bahkan kualitasnya disandingkan dengan kamera DSLR.

Meskipun begitu, seiring penggunaan, kamera HP bisa saja mengalami suatu masalah. Salah satu permasalahan yang sering terjadi adalah kamera HP buram ketika digunakan. Sehingga, hasil jepretan tidak maksimal.

Tentunya hal tersebut menjadi kendala yang cukup besar. Apalagi, jika kamera HP buram terjadi ketika kamu ingin memotret atau merekam momen langka dimana kamu tidak ingin melewatkannya.

Jika kamera pada HP kamu juga buram, kamu harus tahu penyebabnya untuk bisa mengatasi dengan langkah yang tepat. Kamera HP yang buram harus segera diatasi agar tidak terjadi kerusakan yang parah.

Penyebab Kamera HP Buram

Faktor penyebab kamera HP tidak jernih atau buram umumnya karena adanya penumpukan debu, kotoran, atau ada embun di sekitar kamera.

Kotoran bisa dilihat secara langsung atau bahkan tidak sama sekali. Biasanya, kotoran yang tidak terlihat seperti minyak, sidik jari, debu, dan lain-lain.

Selain itu, kamera juga bisa tiba-tiba buram karena ketidaksesuaian dengan aplikasi kamera yang digunakan, atau ada kerusakan fisik pada kamera, contohnya goresan.

Cara Mengatasi Kamera HP Buram

Bersihkan Kamera

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi kamera HP buram adalah dengan membersihkan bagian luar kamera agar terbebas dari debu atau kotoran yang menghalangi.

Bersihkan kamera dengan kain bersih dan kering. Bisa dengan kain microfiber atau kain lainnya yang bertekstur lembut.

Jika ada benda kecil yang terselip di bagian kamera, gunakan bantuan selotip untuk mempermudah pengambilannya.

Adapun, jika kamu melihat ada embun pada bagian dalam kamera, segera hilangkan embun tersebut dengan silica gell. Untuk panduan yang lebih lengkap, simak artikel cara menghilangkan embun di kamera HP

yang telah Hallo GSM bahas sebelumnya.

Cara Mengatasi Kamera HP Buram dengan Mengganti Aplikasi Kamera

Kamera yang buram bisa disebabkan karena kamu memotret dengan aplikasi kamera yang tidak sesuai dengan HP kamu.

Untuk mengatasi kamera tidak jelas, gunakan aplikasi lain dan pastikan aplikasi yang kamu unduh sesuai atau kompatibel dengan HP kamu.

Untuk mengeceknya, kamu bisa melihat pada detail aplikasi sebelum mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Ganti Casing HP

Kerusakan fisik pada bagian kaca kamera seperti adanya goresan atau bahkan retak sudah pasti membuat kamera jadi buram.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mengganti casing HP jika HP kamu memiliki baterai bertipe removable atau bisa dilepas.

Hapus Cache Kamera

Selain beberapa cara di atas, menghapus cache pada aplikasi kamera juga bisa mengatasi buram. Pasalnya, cache yang dibiarkan menumpuk akan membuat kinerja tidak optimal, karena penyimpanan penuh.

Untuk menghapus cache kamera, langkah pertama adalah membuka menu Pengaturan atau Settings di HP kamu.

Kemudian, pilih menu Aplikasi > Manajemen Aplikasi. Setelah itu, cari dan klik aplikasi Kamera. Selanjutnya, klik menu Penyimpanan. Terakhir, klik Hapus cache.

BACA JUGA: Cara Mematikan Suara Kamera Samsung dengan Mudah

Itulah cara mengatasi kamera HP buram yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Jika dengan langkah di atas kamera HP kamu masih saja buram, kemungkinan ada kerusakan pada bagian lensa. Untuk mengatasinya, lebih baik serahkan pada service center terpercaya.