Tips & Trik

Cara Mengatasi Instagram Eror dengan Mudah, Jangan Kesel Dulu!

Instagram kamu eror? Tenang, kamu bisa melakukan beberapa cara untuk mengatasi Instagram eror. Ketahui cara mengatasinya dengan membaca artikel ini hingga tuntas.

Pengguna Instagram terkadang mengalami aplikasi error yang membuat aplikasi IG tidak bisa berjalan dengan optimal atau bahkan tidak berjalan sama sekali.

Instagram error ditandai dengan aplikasinya tidak bisa dibuka, tiba-tiba aplikasi terhenti, keluar paksa dengan sendirinya (force close), fitur tidak berfungsi dengan baik, dan lain-lain.

Keadaan tersebut tentunya membuat pengguna Instagram yang mengalaminya merasa kesal. Terlebih, jika ada urusan penting yang harus dikerjakan melalui Instagram.

Seperti yang kita tahu, Instagram menjadi salah satu aplikasi media sosial yang populer dan banyak digunakan di Indonesia oleh berbagai kalangan.

Media sosial yang satu ini digunakan oleh pelajar, ibu rumah tangga, remaja, konten kreator, pebisnis, tokoh publik, dan lain sebagainya.

Setiap pengguna rasanya perlu mengetahui bagaimana mengatasi Instagram jika terjadi error. Perlu diketahui bahwa masalah Instagram error bisa terjadi karena berbagai alasan.

Misalnya, koneksi internet tidak stabil, aplikasi yang belum diperbarui, cache yang menumpuk, akun pengguna yang bermasalah, Instagram sedang melakukan perbaikan, atau memang server Instagram sedang down.

Sebagai upaya untuk mengatasi Instagram error, kamu bisa melakukan berbagai metode di bawah ini. Pastikan simak artikel ini hingga tuntas agar kamu menemukan cara yang sesuai.

Cara Mengatasi Instagram Eror

Periksa Koneksi Internet

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi Instagram error adalah dengan memastikan koneksi internet yang terhubung stabil.

Koneksi internet yang tidak stabil kerap menjadi masalah utama. Akan tetapi, pengguna tidak menyadarinya.

Ketika Instagram kamu error, cobalah periksa apakah jaringan WiFi atau paket data yang kamu gunakan stabil atau sebaliknya.

Kamu bisa mengeceknya dengan melihat kecepatan internet yang mungkin tampil di status bar HP atau mengeceknya dengan melakukan searching

sesuatu melalui Browser.

Jika Browser menampilkan hasil pencarian dengan cepat, itu berarti koneksi internet stabil. Jika tidak, bisa dipastikan ada masalah pada koneksi internet.

Hal itu membuat Instagram ikut error dan tidak bisa dibuka. Untuk mengatasinya, kamu bisa memperbaiki koneksi internet agar Instagram kembali berjalan lancar.

Cara Mengatasi Instagram Eror dengan Menghapus Cache

Error pada aplikasi, termasuk Instagram juga bisa terjadi karena cache yang menumpuk. Oleh karena itu, berkas cache harus rutin dihapus agar tidak terjadi penumpukkan.

Cache yang menumpuk dan dibiarkan begitu saja bisa berakibat pada penyimpanan perangkat yang menjadi penuh dan membuat kinerja menurun.

Agar Instagram kembali bekerja dengan optimal, hapus cache aplikasi dengan cara buka menu Pengaturan, Setelan, atau Settings di HP kamu.

Kemudian, buka menu Aplikasi > Manajemen/Kelola Aplikasi, lalu klik aplikasi Instagram. Setelah itu, klik Hapus cache.

Setelah proses pembersihan cache selesai, biasanya aplikasi akan berjalan lebih cepat dari sebelumnya.

Perbarui Aplikasi Instagram

Jika menghapus cache belum mengatasi errornya IG, kemungkinan aplikasi Instagram yang digunakan masih versi lama.

Aplikasi dengan versi yang sudah lawas seringkali menimbulkan berbagai permasalahan yang membuatnya error.

Untuk itu, pastikan aplikasi Instagram yang kamu gunakan merupakan versi terbaru. Kamu bisa mengeceknya melalui Pengaturan aplikasi.

Selain itu, kamu juga bisa mengecek pembaruan dari toko aplikasi Google Play Store atau App Store.

Periksa Status Instagram di Laman Down Detector

Error Instagram juga kerap kali terjadi karena memang server sedang down di kawasan tertentu atau bahkan sedunia.

Untuk mengecek terjadinya server down, kamu bisa mengakses laman ‘Down detector’ melalui Browser. Jika Instagram sedang mengalami down secara global, wajar saja aplikasi tidak berjalan atau error di HP kamu.

Kamu perlu bersabar menunggu aplikasi diperbaiki hingga Instagram kembali berjalan dengan normal.

Restart HP

Jika laman Down detector tidak mendeteksi adanya server down pada aplikasi Instagram namun pada HP kamu IG tetap error, lakukan restart pada HP yang kamu gunakan. Bisa jadi, akar permasalahannya ada pada sistem HP.

Dengan memulai ulang atau restart HP, membuat perangkat jadi lebih fresh dan kinerjanya bisa kembali pulih.

Restart HP dengan mengklik menu Restart atau dengan menekan kombinasi tombol Power dan Volume Up secara bersamaan.

Nantinya, proses restart HP akan dimulai yang ditandai dengan HP nonaktif. Setelah proses selesai, HP akan aktif kembali secara otomatis dan bisa digunakan lagi seperti biasa.

Setelah proses restart selesai, silahkan buka dan gunakan aplikasi Instagram.

BACA JUGA: Mudah! Begini Cara Ganti Password Instagram di HP dan PC

Demikian pembahasan mengenai cara mengatasi Instagram eror yang bisa dilakukan dengan mudah. Semoga bisa membantu.