Tips & Trik

Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh Sama Sekali, Ternyata Mudah!

Layar HP Xiaomi kamu tidak bisa disentuh? Jangan panik dulu, karena ada cara mengatasi HP Xiaomi tidak bisa disentuh yang bisa dilakukan dengan mudah tanpa perlu buru-buru membawanya ke service centre.

HP Xiaomi yang layarnya tidak bisa disentuh atau tidak ada respon sama sekali, pastinya menghambat aktivitas digital yang biasa dilakukan.

Bagaimana tidak, layar merupakan salah satu komponen perangkat keras pada HP yang memiliki peran sangat penting.

Jenis layar HP yang populer di pasaran saat ini kebanyakan menggunakan mode layar sentuh atau touchscreen.

Layar yang bisa disentuh tersebut merupakan gambaran dari teknologi yang berkembang pesat. Teknologi yang terus berkembang tentunya tidak bisa dipisahkan dari peran kecerdasan manusia yang selalu berinovasi.

Kendati begitu, secanggih-canggihnya teknologi yang diciptakan manusia, tidak akan terlepas dari kekurangan.

Tak sedikit pengguna HP dengan layar sentuh yang canggih mengeluhkan adanya gangguan atau error yang terjadi pada layar.

Biasanya, layar mengalami masalah tidak bisa disentuh seluruhnya atau sebagian yang ditandai dengan layar tidak memberi respon sama sekali ketika mendapat perintah berupa sentuhan dari pengguna.

Adapun, penyebab terjadinya layar tidak disentuh bisa karena penggunaan berlebih, HP terjatuh, layar terkena benturan keras, terkena air, HP terserang virus, dan lain-lain.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh

Untuk mengatasi layar HP Xiaomi yang tidak bisa disentuh, kamu bisa mengatasinya dengan mengikuti metode di bawah ini.

Bersihkan Layar HP

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan membersihkan layar HP terlebih dahulu. Pasalnya, bisa saja layar HP terganggu sensitifitasnya karena selama ini layar kotor dengan debu atau dengan benda lain seperti makanan atau minuman.

Kamu bisa membersihkan permukaan layar dengan kain kering dan bersih berbahan lembut. Jika terdapat kotoran yang menempel, tambahkan beberapa tetes air pada lap yang digunakan agar mempermudah proses pembersihan.

Sebelumnya, pastikan layar HP dalam keadaan mati untuk menghindari terjadinya menu tidak sengaja tersentuh.

Setelah dibersihkan, pastikan layar HP dalam keadaan benar-benar kering. Kemudian, coba nyalakan HP dan sentuh layar seperti biasa.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh dengan Mendiamkan HP Selama 1-2 Jam

Selanjutnya, langkah yang perlu dilakukan adalah dengan mendiamkan HP selama beberapa saat.

Layar yang tidak bisa disentuh sangat bisa terjadi karena suhu HP yang terlalu panas yang diakibatkan terlalu lama digunakan atau masalah lain pada HP.

Dengan tidak menggunakan HP selama 1-2 jam ketika layarnya tidak bisa disentuh, akan membuat suhunya kembali normal dan komponen serta kinerja perangkat berjalan optimal kembali.

Pastikan HP didiamkan di tempat aman, datar, dan tidak dekat dengan sumber panas seperti cahaya matahari, atau barang elektronik yang mengeluarkan panas.

Gunakan kembali HP ketika suhunya benar-benar normal.

Restart HP Xiaomi

Jika setelah dibersihkan dan didiamkan namun layar masih saja tidak merespon ketika disentuh, cobalah lakukan restart perangkat.

Dengan melakukan restart, sistem pada HP Xiaomi akan di refresh untuk mengatasi adanya aplikasi error yang mempengaruhi performa HP.

Untuk mencegah layar tidak bisa disentuh terjadi lagi, pastikan kamu melakukan restart secara berkala. Terlebih, jika HP sering mengalami berbagai masalah seperti layar tidak bisa disentuh dan lainnya yang berkaitan dengan performa.

Kamu bisa merestart HP dengan cara menekan tombol Power selama beberapa detik atau kombinasi tombol Power dan volume atas bersamaan, kemudian pilih menu Mulai ulang atau Restart.

Tak perlu khawatir data yang ada di HP hilang, karena proses restart tidak akan menghapus data yang tersimpan pada perangkat.

Reset HP dari Tombol Power

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi layar tidak bisa disentuh adalah dengan mereset HP.

Seperti namanya, reset atau reset factory mengembalikan HP ke pengaturan awal seperti pertama kali keluar dari pabrik.

Proses ini menghapus semua data, pengaturan, termasuk virus, bug, dan lain sebagainya yang menyebabkan HP tidak bekerja dengan optimal.

Reset pada HP bisa dilakukan dengan menekan tombol Power dan Volume Up bersamaan dalam kondisi HP mati.

Nantinya, HP akan masuk ke recovery mode secara otomatis. Setelah itu, pilih menu Wipe Data dan lanjut dengan reboot.

BACA JUGA: Cara Restart HP Xiaomi dengan Mudah dan Praktis, Bisa Tanpa Tombol Power!

Itulah cara mengatasi HP Xiaomi tidak bisa disentuh. Jika keempat metode tadi sudah dilakukan, namun layar HP Xiaomi kamu tetap saja tidak respon ketika disentuh, maka solusinya adalah dengan menyerahkan HP ke service centre terpercaya.