Tips & Trik

Jangan Dibanting! Begini Cara Mengatasi HP Ngelag

Cara mengatasi HP ngelag bisa dilakukan sesuai dengan penyebabnya. HP yang ngelag tentunya sangat menjengkelkan dan membuat aktivitas digital jadi terhambat. Untuk mengatasinya, perlu langkah yang tepat.

Penyebab HP ngelag beragam. Bisa karena sistem operasi yang sudah usang, memori internal yang sudah hampir habis, terlalu banyak data cache, dan lain-lain.

Istilah ‘ngelag‘ berarti ketertinggalan gerakan. Dalam hal ini, lag sering dimaksudkan program komputer atau hp yang mengalami macet ketika dijalankan.

Contohnya, ketika mengklik suatu menu, namun perangkat tak kunjung menampilkan menu yang diklik. Atau ketika scroll layar, respon layar buruk atau bahkan tidak memberi respon sedikitpun.

Jika kamu mengalami kondisi yang sama, pastinya sangat menjengkelkan, bukan? Apalagi, jika kamu sedang mengerjakan sesuatu dengan deadline yang sudah mepet, atau sedang asyik-asyiknya main game namun HP malah ngelag.

Agar kejengkelan tidak bertambah panjang, kamu bisa mengatasi HP ngelag dengan berbagai cara. Meskipun penyebab HP ngelag beragam, namun alangkah baiknya jika kamu mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Mengatasi HP Ngelag

Tutup Aplikasi yang Digunakan

Jika HP kamu saat ini sedang dalam kondisi ngelag, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menutup semua aplikasi yang sedang atau sebelumnya sudah dibuka.

Kamu bisa menutupnya dengan kembali ke Home Screen, atau dengan mengklik tombol navigasi Recent Apps yang biasanya ada di paling kiri.

Setelah itu, tutup semua aplikasi yang telah dibuka dengan menghapusnya dari Recent Apps.

Jika HP masih ngelag, ikuti langkah selanjutnya.

Cara Mengatasi HP Ngelag dengan Restart

Langkah kedua yang bisa dilakukan ketika HP ngelag adalah dengan merestart atau memulai ulang.

Caranya, tekan dan tahan tombol Power selama beberapa saat atau tekan kombinasi tombol Power dan Volume Atas. Kemudian, pilih menu Restart

atau Hidupkan Ulang. Tunggu beberapa saat sampai HP kamu menyala kembali.

Restart bekerja dengan menutup semua program yang sedang berjalan. Sehingga, proses ini biasanya mampu mengatasi permasalahan pada program, termasuk ngelag.

Hapus Cache Aplikasi

Untuk menghindari HP ngelag lagi, kamu perlu menghapus data cache pada aplikasi yang terinstal.

Cache sejatinya merupakan penyimpanan data aplikasi yang bersifat sementara yang berfungsi untuk memudahkan pengguna ketika mengakses aplikasi kembali.

Dibalik kegunaannya, cache yang dibiarkan menumpuk justru menimbulkan permasalahan seperti lemot dan ngelag.

Untuk mengatasinya, buka menu Pengaturan, pilih menu Aplikasi > Manajemen Aplikasi. Setelah daftar aplikasi yang ada pada HP kamu muncul, klik salah satunya.

Kemudian, pilih menu Penggunaan penyimpanan dan klik tombol Hapus cache. Lakukan langkah yang sama pada aplikasi lainnya.

Dengan begitu, ruang penyimpanan akan sedikit berkurang.

Hapus Aplikasi dan Media yang Sudah Tidak Digunakan

Jika HP kamu ngelag dikarenakan memori yang hampir penuh atau bahkan sudah penuh, kamu perlu menyeleksi dan menghapus aplikasi yang sudah tidak digunakan.

Menghapus aplikasi sangat mudah. Kamu bisa menekan beberapa detik aplikasi yang akan dihapus dan klik opsi Hapus.

Kemudian, beri konfirmasi dengan mengklik tombol Hapus. Selesai.

Selain aplikasi, kamu juga perlu mengosongkan penyimpanan dengan menghapus video berukuran besar, atau foto-foto yang sudah tidak penting. Kamu bisa menghapusnya melalui file manager atau dari galeri.

Jika perlu, kamu bisa menambah kapasitas penyimpanan dengan memori eksternal atau melakukan upgrade RAM dengan memanfaatkan fitur extended RAM.

Hapus Virus

Selain penyebab yang disebutkan tadi, virus juga sangat mungkin untuk membuat HP menjadi ngelag.

Untuk itu, setiap gadget termasuk smartphone penting untuk memiliki aplikasi anti virus agar bisa mendeteksi adanya virus pada perangkat, baik itu dari aplikasi yang diinstal atau yang lainnya.

Ada banyak aplikasi anti virus yang bisa kamu dapatkan dari Play Store. Seperti AVG AntiVirus & Security, Avast Antivirus, KeepClean, dan sebagainya.

Update Sistem Operasi

Jika HP kamu masih saja ngelag setelah mencoba semua metode di atas, kemungkinan besar sistem operasi pada HP sudah terlalu usang.

Sehingga, kamu perlu melakukan pembaruan. Untuk mengupdatenya ke versi terbaru, bisa melalui menu Pengaturan.

Buka menu Pengaturan > Tentang Perangkat. Kemudian, update sistem operasi jika sudah tersedia pembaruan.

Sistem operasi yang usang terdapat banyak bug di dalamnya. Itulah kenapa pihak smartphone sering menyediakan pembaruan agar berbagai permasalahan pada sistem operasi perangkat seperti lag teratasi.

BACA JUGA: Cara Mengatasi HP Mati Sendiri Paling Efektif

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi HP ngelag. Semoga membantu.