Tips & Trik

Cara Mengatasi HP Mati Sendiri Paling Efektif

HP tiba-tiba mati? Jangan panik dulu, karena ada cara mengatasi HP mati sendiri yang bisa dilakukan dengan mudah tanpa perlu buru-buru pergi ke service centre.

Keadaan HP tiba-tiba mati dengan sendirinya tak bisa dipungkiri bisa membuat pemiliknya panik, khawatir, dan juga jengkel.

Terlebih, jika HP tengah digunakan dalam pekerjaan penting atau tengah asyik-asyiknya menonton film favorit.

Perlu diketahui, kejadian HP mati dengan sendirinya bisa terjadi karena beberapa faktor dan bisa diatasi dengan berbagai cara.

Handphone dengan merk apapun bisa mati mendadak disebabkan oleh panas atau overheat, kapasitas penyimpanan penuh, permasalahan pada baterai, error pada sistem operasi, adanya bug, virus, dan lain sebagainya.

HP yang mati sendiri bisa diatasi dengan berbagai cara. Bisa dengan membersihkan penyimpanan, mengganti komponen, memperbarui sistem, hingga membawanya ke service centre.

Ketika HP tiba-tiba mati padahal pengguna tidak menekan tombol Power, cobalah melakukan beberapa cara untuk mengatasinya sebelum memutuskan untuk membawanya ke tempat service.

Tanpa berlama-lama, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi HP mati sendiri yang paling efektif sebagaimana Hallo GSM rangkum dari berbagai sumber.

Cara Mengatasi HP Mati Sendiri

Aktifkan HP dengan Tombol Power atau Lakukan Charging

Jika kondisi HP kamu saat ini dalam keadaan mati tiba-tiba, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengaktifkannya dengan cara menekan tombol Power seperti biasa ketika mengaktifkan HP.

Jika tidak ada respon apapun dari HP tersebut, lakukan charging. Sebelumnya, pastikan bahwa penyebab HP mati tiba-tiba bukan karena terkena air.

Pastikan tidak ada air pada smartphone kamu dan lakukan charging. Jika baterai sudah terisi, aktifkan HP seperti biasa.

Ketika HP sudah menyala dengan normal, lakukan langkah selanjutnya!

Cara Mengatasi HP Mati Sendiri dengan Membersihkan Penyimpanan

Agar kejadian HP mati dengan sendirinya tidak terulang lagi atau setidaknya bisa diminimalisir, berikan ruang kosong pada penyimpanan.

Hapus aplikasi, video, dokumen, atau foto

yang sudah tidak diperlukan, apalagi jika memiliki ukuran besar. Kamu bisa menghapusnya melalui menu File atau dari Pengaturan smartphone.

Ruang penyimpanan yang hampir penuh atau bahkan sudah penuh seringkali membuat permasalah muncul, seperti lag, lemot, hang, atau yang lainnya, termasuk mati sendiri.

Diamkan HP yang Overheat

Jika sebelumnya HP yang mati tiba-tiba mengalami overheat atau memiliki suhu yang terlalu panas entah itu karena pemakaian dengan intensitas tinggi atau adanya masalah pada baterai, diamkan terlebih dahulu di tempat yang aman.

Pastikan tidak menyimpan HP yang panas di dalam lemari es alias kulkas, atau di atas barang yang mengeluarkan panas.

Simpan HP di suhu ruang dengan tempat yang datar dan data seluler atau WiFi dimatikan. Setelah suhu HP membaik, lakukan langkah berikutnya!

Hapus Cache Aplikasi

Langkah selanjutnya untuk mengatasi HP mati sendiri adalah dengan menghapus data cache pada aplikasi. Kamu bisa mengakses menu Pengaturan, kemudian buka menu Aplikasi, lalu klik Hapus cache pada aplikasi yang ada.

Meskipun data cache ini memiliki peran yang cukup berjasa bagi pengguna, namun cache yang dibiarkan menumpuk terlalu lama bisa menjadi penyebab munculnya permasalahan, karena cukup memakan ruang penyimpanan.

Update Sistem Operasi

Versi Android yang dibiarkan saja tanpa dilakukan pembaruan juga bisa menjadi penyebab HP mati sendiri. Pasalnya, versi yang terlalu lawas memiliki bug di dalamnya.

Sehingga, melakukan pembaruan sangat penting untuk dilakukan. Ketika sudah tersedia pembaruan, langsung saja update ke versi terbaru.

Karena selain bisa menikmati fitur baru yang ditawarkan versi terbaru, update sistem operasi juga seringkali membawa perbaikan untuk mengatasi permasalahan.

Untuk update sistem operasi, kamu bisa membuka menu Pengaturan, kemudian klik Tentang perangkat atau About phone. Setelah itu, lakukan pembaruan sistem operasi ke versi terbaru jika sudah tersedia.

Reset

Selain mengupdate sistem operasi, melakukan Reset Factory juga biasanya bisa mengatasi berbagai problem. Karena dengan mereset HP, semua data yang ada akan dihapus secara permanen.

Jadi, HP akan kembali seperti saat pertama kali keluar dari pabrik. Sebelum melakukan reset, pastikan seluruh data penting telah dicadangkan atau dipindahkan ke media penyimpanan lain.

Kamu bisa melakukan reset dengan mudah melalui menu Pengaturan.

Bawa ke Service Centre

Langkah terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi HP mati sendiri jika kamu sudah berupaya melakukan beberapa cara di atas namun belum ada hasil yang baik, yakni dengan membawanya ke tempat service.

BACA JUGA: Cara Membagi layar HP Menjadi 2, Cocok Untuk Multitasking

Nah, itulah beberapa cara mengatasi HP mati sendiri yang bisa dilakukan dengan mudah sebelum memutuskan untuk menyerahkan pada ahlinya. Beberapa langkah di atas seperti menghapus cache aplikasi, update OS, menghapus video atau aplikasi yang tidak dipakai memang sudah seharusnya dilakukan sesering mungkin sebagai upaya pencegahan berbagai permasalahan muncul, termasuk mati sendiri.