Categories: Tips & Trik

Cara Mengatasi HP Lupa Kata Sandi Tanpa Reset, Semua Data Tetap Aman!

Lupa dengan password yang kamu gunakan? Jangan panik dulu, karena ada cara mengatasi HP lupa kata sandi tanpa reset yang bisa dilakukan tanpa harus kehilangan semua data.

Handphone (HP) saat ini menjadi benda penting yang selalu dibawa kemana-mana. Selain karena bisa memudahkan komunikasi, seiring berkembangnya teknologi, HP juga memiliki fungsi lain yang tak kalah penting.

Ya, dengan kecanggihan teknologi, kini HP sangat membantu pada hampir semua aktivitas penggunanya. Aktivitas seperti pembayaran tagihan, belanja, pendaftaran, scan dokumen, transfer uang, transfer dokumen, dan lain sebagainya jauh lebih mudah dan praktis hanya dengan menggunakan ponsel pintar atau smartphone.

Oleh karena smartphone memiliki banyak fungsi seperti disebutkan tadi, tak sedikit pengguna yang menyimpan data-data penting pada smartphone.

Hal tersebut karena data bisa lebih mudah diakses. Kendati banyak data penting serta hal lain yang sifatnya pribadi, hampir semua merk smartphone dilengkapi fitur keamanan berupa sensor sidik jari, fitur face unlock, pola, serta password.

Dengan menggunakan salah satu fitur keamanan yang tersedia, pengguna merasa aman, karena tidak akan ada orang lain yang bisa mengakses smartphone miliknya sembarangan.

Hal tersebut sangat bisa meminimalisir terjadinya pencurian data penting atau hack oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Untuk bisa mengakses smartphone yang dipasangi fitur keamanan, tentunya pengguna harus memasukkan dulu kata sandi, gambar pola, atau sidik jari yang didaftarkan.

Setelah itu, baru bisa mengakses smartphone dan menggunakannya.

Dari banyaknya pengguna kata sandi dan pola sebagai upaya keamanannya, tak sedikit pengguna yang mengeluhkan tidak ingat alias lupa pada password yang telah didaftarkan. Alhasil, pengguna tidak bisa mengakses smartphonenya sendiri.

Jika kamu termasuk salah satunya, tenang saja, karena kamu bisa mengatasinya dengan beberapa metode mudah tanpa perlu ke service center

.

Cara Mengatasi HP Lupa Kata Sandi Tanpa Reset

Biasanya, HP yang tidak bisa diakses karena lupa sandi ketika dibawa ke tukang service akan dilakukan reset factory untuk bisa mengembalikannya ke pengaturan pabrik dan menghapus pengaturan keamanan yang sebelumnya dibuat, termasuk kata sandi.

Factory Reset juga bisa dilakukan sendiri. Namun, perlu diketahui bahwa prosesnya akan menghapus semua data yang ada secara permanen.

Oleh karena itu, sebelum melakukan reset selalu disarankan untuk memindahkan semua data penting terlebih dahulu ke media penyimpanan lain.

Jika kamu tidak ingin ribet, kamu bisa mengikuti beberapa metode di bawah ini untuk mengatasi HP lupa sandi tanpa harus reset.

Gunakan Fitur Lupa Sandi

  • Langkah pertama, nyalakan HP kamu.
  • Masukkan kata sandi apa saja berulang kali hingga muncul tombol “Lupa sandi?” atau “Forgot password”.
  • Klik tombol tersebut. Nantinya, kamu akan diminta untuk memasukkan akun Google.
  • Masukkan alamat email serta passwordnya.
  • Kemudian, pilih opsi Google akan mengirimkan kata sandi baru ke alamat email.
  • Buka email masuk dari perangkat lain, misalnya laptop atau HP saudara.
  • Gunakan sandi yang dikirim Google pada hp kamu yang terkunci.
  • Setelah HP berhasil dibuka, kamu bisa mengganti kata sandi yang lebih mudah dari menu Pengaturan.

Sayangnya, fitur ‘Lupa sandi’ ini sudah tidak tersedia di perangkat Android versi baru.

Cara Mengatasi HP Lupa Kata Sandi Tanpa Reset dengan Google Assistant

  • Sebelum menggunakan metode ini, pastikan fitur Google Assistant sudah diaktifkan.
  • Jika sudah, aktifkan HP hingga layarnya menyala.
  • Ucapkan “Ok Google” atau “Hey Google”.
  • Nantinya, kunci HP akan terbuka.
  • Untuk mengatasi lupa kata sandi, ubah sandi melalui Pengaturan dengan sandi yang lebih mudah diingat.

Pakai Trik Panggilan

  • Telpon HP kamu yang tidak bisa dibuka karena lupa kata sandi menggunakan perangkat lain. Kamu bisa meminjam HP teman atau anggota keluarga.
  • Ketika HP kamu berdering, angkat panggilan dan segera klik tombol navigasi Home.
  • Setelah itu, kamu akan diarahkan ke Home screen tanpa perlu memasukkan kata sandi.
  • Untuk mengatasi lupa kata sandi, masuk ke menu Pengaturan, kemudian ubah kata sandi menjadi lebih mudah diingat. Kamu juga bisa mengganti jenis keamanan yang dirasa lebih mudah, seperti pola.

BACA JUGA: Cara Ganti Password Gmail, Mudah dan 100% Berhasil

Itu dia beberapa cara mengatasi HP lupa kata sandi tanpa reset yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Semoga membantu.