Tips & Trik

Cara Mengatasi HP Lemot, Dijamin Ngebut Lagi

HP lambat seringkali bikin kesal? Cara mengatasi HP lemot di bawah ini wajib untuk dicoba agar kinerja perangkat lancar kembali.

Seiring berjalannya waktu, kinerja handphone atau HP memang wajar mengalami penurunan. Selain dari faktor usia, HP lemot juga bisa disebabkan karena banyaknya aplikasi yang diinstal.

Berbagai jenis aplikasi yang diinstal tentunya akan banyak menghabiskan RAM dan meninggalkan cache yang akhirnya menghambat kinerja perangkat.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mengikuti beberapa cara mengatasi HP lemot di bawah ini agar aktivitas digital tidak lagi terhambat.

Cara Mengatasi HP Lemot

Hapus Aplikasi yang Tidak Terpakai

Aplikasi yang sudah tidak digunakan jika dibiarkan saja justru akan menjadi masalah. Pasalnya, selain menyia-nyiakan ruang penyimpanan, beberapa aplikasi juga ada yang tetap berjalan meskipun tidak sedang diakses.

Jadi, lebih baik memilah dan menghapus aplikasi yang benar-benar sudah tidak dibutuhkan.

Caranya cukup mudah. Masuk ke menu Pengaturan atau Settings > Aplikasi atau Apps. Kemudian, pilih aplikasi mana yang ingin dihapus, lalu tekan Uninstall atau atau Hapus Instalan.

Cara yang lebih simpelnya adalah dengan menekan aplikasi yang dimaksud pada halaman Menu kemudian menyeretnya ke ikon tempat sampah.

Mengatasi HP Lemot dengan Cara Membersihkan Cache

Jika cara pertama membingungkan untuk memilih aplikasi mana saja yang perlu dihapus, maka cara kedua ini bisa menjadi alternatif tanpa harus uninstal atau menghapus aplikasi.

Cache merupakan data sementara dari aplikasi yang telah digunakan. Cache memiliki manfaat yang memudahkan untuk mengakses kembali aplikasi dengan mudah dan cepat.

Akan tetapi, data cache yang terus dibiarkan hingga menumpuk seringkali membuat kinerja perangkat menjadi lambat alias lemot.

Langkah-langkah membersihkan cache sama ketika hendak menghapus aplikasi. Bedanya, ketika sudah mengklik aplikasi yang akan dihapus cache-nya, pilih Penyimpanan, lalu Hapus Data.

Perlu diingat, membersihkan data cache akan menghapus semua file, pengaturan, akun, serta basis data pada aplikasi tersebut secara permanen.

Tutup Aplikasi yang Sedang Aktif

Smartphone akan terasa lambat ketika banyak aplikasi yang digunakan secara bersamaan. Selain itu, baterai juga akan lebih cepat terkuras dan semakin melemah.

Maka dari itu, pastikan tidak membuka dan menjalankan terlalu banyak aplikasi. Kamu bisa menutup aplikasi yang sedang aktif yang biasanya berada di slide kiri tampilan Home.

Update Sistem Beserta Aplikasi

Pengguna smartphone sebaiknya harus sering mengecek ketersediaan software terbaru dan meng-updatenya. Berbagai aplikasi juga sering menawarkan pembaruan dan pengguna disarankan untuk mematuhinya.

Pembaruan ini sangat penting. Mengingat, sistem operasi yang lawas berisi bug (eror) yang menimbulkan masalah pada kinerja.

Bersihkan Penyimpanan

HP yang lemot juga bisa dipengaruhi oleh ruang penyimpanan yang terlalu penuh oleh berbagai file, aplikasi, video, foto, atau audio.

Agar HP berjalan dengan normal tanpa hambatan, hapus atau cadangkan media tersebut, terlebih lagi video atau file berukuran besar.

Lakukan Factory Reset

Jika HP sudah lemot tidak tertolong yang pastinya membuat jengkel, cara terakhir untuk mengatasi HP lemot adalah dengan factory reset.

Cara ini akan membuat perangkat kembali ke pengaturan awal seperti baru dikeluarkan dari pabrik. Sehingga, HP akan lebih ringan karena masih polos tanpa ada data ataupun penyimpanan.

Sebelum melakukan factory reset, pastikan file dokumen penting telah dipindahkan terlebih dahulu. Karena fitur ini akan menghapus semua data yang ada pada perangkat.

BACA JUGA: Cara Hemat Kuota Internet Agar Tidak Boros

Nah, itulah cara mengatasi HP lemot agar kinerjanya kembali berjalan normal tanpa masalah lag ataupun sejenisnya.