Tips & Trik

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air, Lakukan Sebelum Terlambat!

Mengalami insiden HP kemasukan air? Jangan buru-buru panik, cara mengatasi HP kemasukan air di bawah ini perlu dilakukan dengan segera.

HP yang terkena tumpahan air atau bahkan masuk ke kolam jika dibiarkan dalam waktu lama dan tidak mendapat tindakan yang tepat dikhawatirkan akan mengalami kerusakan.

Meskipun smartphone saat ini semakin canggih karena banyak yang dilengkapi dengan sertifikat rating anti air, namun perangkat elektronik rentan terhadap air.

Apalagi, jika kejadian HP kemasukan air dengan kondisi yang melebihi kemampuan rating dari smartphone itu sendiri. Hal tersebut berpeluang besar untuk membuat perangkat bermasalah atau parahnya lagi mengalami kerusakan.

Untuk mencegah adanya kerusakan yang disebabkan HP kemasukan air, cara mengatasinya disesuaikan tergantung seberapa banyak air yang mengenai HP.

Misalnya saja, jika hanya terciprat sedikit, maka langsung keringkan perangkat dengan kain atau tisu. Akan tetapi, jika air yang mengenai HP terlihat banyak, bahkan sampai terendam, maka perlu cara ekstra agar air benar-benar keluar.

Berikut ini langkah-langkah mengatasi HP kemasukan air agar terhindar dari kerusakan sebagaimana dilansir dari berbagai sumber.

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

Nonaktifkan HP

Ketika HP kemasukan air, sebaiknya langsung dinonaktifkan untuk mencegah kerusakan. Mematikan HP untuk berjaga-jaga agar kerusakan yang ada tidak menyebar dan meminimalisir terjadinya korsleting.

Semakin lama HP yang kemasukan air dengan kondisi menyala atau aktif, maka semakin rendah peluang untuk bertahan.

Cara pertama ini bisa dilakukan bagi HP yang kemasukan air dengan baterai tanam ataupun dengan baterai yang bisa dicopot-pasang.

Hindari Menekan Tombol

Menekan tombol ketika HP kemasukan air berpeluang untuk mendorong air lebih dalam ke bagian HP yang lain.

Untuk itu, jangan menekan tombol apapun.

Keringkan HP

Saat HP terkena air, segera keringkan dengan tisu atau kain hingga benar-benar kering. Langkah ini bertujuan untuk menghilangkan air yang ada di permukaan.

Jangan lewatkan setiap lubang yang ada di HP. Pastikan lubang speaker, microphone, dan charger kering.

Hindari Menggoyangkan HP

Cara mengatasi HP kemasukan air berikutnya adalah dengan tidak menggoyangkan perangkat. Termasuk meniup-niupnya dengan maksud mengeluarkan air.

Menggoyangkan dan meniup HP yang terkena air dikhawatirkan akan mendorong air masuk ke sudut lain. Sebaiknya, letakkan saja sambil dikeringkan.

Lepas Baterai dan Kartu SIM

Melepas baterai ketika HP terkena air tentunya dilakukan bagi HP yang baterainya removable alias bisa dilepas-pasang.

Tujuannya, agar air tidak merusak baterai yang merupakan salah-satu komponen penting dalam setiap perangkat. Jika dibiarkan, kemungkinan akan menimbulkan kerusakan permanen.

Selain baterai, kartu SIM dan SD card juga perlu dikeluarkan. Pasalnya, air juga bisa merusak kartu yang terpasang.

Keluarkan kartu dan keringkan menggunakan kain atau tisu. Setelah itu, biarkan berada di luar HP sampai HP bisa beroperasi dengan baik.

Hindari Mengisi Daya atau Charging

Perlu diperhatikan, sebelum HP benar-benar kering dan sudah dapat dipastikan tidak ada lagi air di dalam komponen HP, jangan melakukan pengisian daya.

Tentu saja, karena sambungan listrik sangat berbahaya jiga terkena air dan berpotensi semakin merusak HP.

Hindari Menjemur HP di Bawah Sinar Matahari

Banyak yang beranggapan bahwa menjemur HP yang terkena air di bawah sinar matahari akan mempercepat pengeringan.

Nyatanya, cara ini justru bisa semakin merusaknya.

Hindari Mengeringkan HP dengan Hair Dryer

Selain menjemur HP di bawah terik matahari, mengeringkan HP yang terkena air juga tidak boleh dilakukan menggunakan hair dryer.

Pasalnya, alat pengering rambut tersebut mengeluarkan panas berlebih yang bisa merusak komponen yang ada di dalam HP.

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air dengan Menyimpan Dalam Beras

Cara ini bisa dilakukan karena beras diyakini bisa menyerap air. Caranya, siapkan beras di dalam wadah secukupnya. Lalu, timbun HP hingga tertutup dengan sempurna.

Simpan HP selama selama 2-4 hari agar kering dengan maksimal.

Simpan dengan Silica Gel

Silica Gel yang biasanya ada pada kemasan makanan, obat-obatan, produk elektronik, sepatu, dan lain-lain berfungsi untuk menyerap partikel dan uap air.

Nah, mengeringkan HP yang terkena air juga bisa dilakukan dengan menyimpannya dalam suatu wadah dengan silica gel selama dua sampai tiga hari.

BACA JUGA: Cara Merekam Layar HP Oppo, Mudah dan Praktis

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi HP kemasukan air. Semoga membantu.