Tips & Trik

Cara Mengatasi Ghost Touch Pada Layar HP Tanpa Pergi Ke Tempat Service

Layar HP bergerak sendiri padahal tidak disentuh sama sekali? Kamu perlu coba cara mengatasi ghost touch yang akan dibahas pada artikel ini.

Kejadian layar bergerak sendiri tidak boleh dibiarkan begitu saja meskipun layar sudah normal kembali. Pasalnya, hal tersebut bisa membuat timbulnya kerusakan lainnya, seperti HP cepat panas, baterai boros, ngelag saat main game, dan lain-lain.

Jenis dan kelas smartphone di zaman teknologi yang semakin berkembang ini memang semakin banyak dan beragam.

Akan tetapi, secanggih-canggihnya teknologi yang ada pada smartphone, tetap saja yang namanya buatan manusia tidak luput dari kelemahan dan kekurangan.

Ya, dibalik canggihnya smartphone, ada saja masalah yang dikeluhkan oleh beberapa pengguna. Salah satu permasalahan yang bisa terjadi pada smartphone adalah ghost touch.

Ghost touch merupakan istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan gangguan pada layar HP dimana layar beroperasi sendiri tanpa ada sentuhan dari pengguna atau benda lain.

Gangguan tersebut bisa terjadi pada semua jenis layar, baik itu TFT, IPS LCD, OLED, bahkan AMOLED sekalipun.

Jika kamu termasuk salah satu pengguna HP yang layarnya juga mengalami ghost touch, Hallo GSM akan memberikan solusi untuk mengatasinya.

Untuk itu, simak terus artikel ini hingga tuntas, karena kami akan memaparkannya lengkap dengan penyebab dari terjadinya ghost touch.

Cara Mengatasi Ghost Touch

Nonaktifkan dan Bersihkan Layar HP

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi ghost touch adalah dengan menonaktifkan HP. Nonaktifkan dengan langkah yang benar.

Setelah HP benar-benar dalam keadaan nonaktif, bersihkan layar HP dari debu, kotoran, atau air dengan lap kering dan bersih. Pastikan tidak ada air di sela sela layar.

Jika sebelumnya HP kamu pernah kemasukan air, kamu bisa menghilangkan air yang merembes di layar menggunakan silica gel, atau dengan hair dryer dengan suhu paling rendah secara hati-hati.

Jika kamu melihat kotoran di bawah lapisan anti gores layar, segera bersihkan atau ganti saja dengan lapisan anti gores lain.

Layar yang kotor bisa menjadi penyebab terjadinya ghost touch, karena kotoran yang menempel atau adanya air pada layar membuat sensitifitas menjadi berkurang atau layar eror yang ditandai bergerak dengan sendirinya.

Gunakan Charger yang Tepat

Charger dengan kualitas rendah atau tidak original menjadi salah satu pemicu terjadinya ghost touch pada layar HP.

Untuk itu, menggunakan charger yang tepat menjadi cara yang perlu dilakukan untuk mengatasi ghost touch.

Bukan hanya masalah itu, pemakaian charger yang tidak sesuai juga seringkali menimbulkan permasalahan lain seperti HP cepat panas, baterai boros, ngelag, dan lain-lain.

Jadi, pastikan selalu menggunakan accessories yang original.

Tutup Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Banyaknya aplikasi yang bekerja pada latar belakang membuat HP jadi lag dan memicu terjadinya ghost touch.

Untuk itu, kamu perlu segera menutup semua aplikasi yang terus berjalan pada latar belakang.

Perbarui Sistem Operasi

Selain masalah dari benda asing atau menggunakan charger yang kurang tepat, timbulnya ghost touch juga bisa disebabkan karena sistem operasi yang bermasalah.

Ya, sistem operasi atau software juga menjadi salah satu penyebab terjadinya ghost touch. Versi software yang kadaluarsa serta adanya bug menyebabkan layar HP eror seperti bergerak sendiri.

Untuk mengatasinya, perbarui sistem operasi atau software melalui menu Pengaturan setiap tersedia versi terbaru.

Lakukan Factory Reset

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi ghost touch adalah dengan melakukan reset factory. Cara ini akan menghapus semua data yang ada pada HP secara permanen.

Semua pengaturan dan permasalahan pada HP tersebut akan dibersihkan. Sehingga, kamu bisa menggunakan HP seperti saat pertama keluar dari pabriknya.

Sebelum melakukan reset, pastikan data penting telah dipindahkan ke media penyimpanan lain.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh Sama Sekali, Ketahui Penyebabnya!

Itulah beberapa cara mengatasi ghost touch pada layar HP. Jika langkah di atas masih saja tidak bisa mengatasi masalah, serahkan pada ahlinya di service center terpercaya.