Tips & Trik

Cara Mengatasi Bluetooth Nyala Sendiri di HP Android, Dijamin Berhasil!

Fitur Bluetooth menyala sendiri padahal tidak menghidupkannya sama sekali? Jangan panik dulu, karena ada cara mengatasi Bluetooth nyala sendiri.

Bluetooth yang tiba-tiba menyala menjadi salah satu permasalahan umum yang cukup sering dialami para pengguna smartphone, termasuk pengguna Android.

Meskipun saat ini fitur Bluetooth sudah mulai ditinggalkan dalam urusan transfer data, tidak seperti beberapa waktu lalu dimana Bluetooth sangat populer untuk transfer file dan data antar perangkat.

Akan tetapi, fitur Bluetooth masih digunakan hingga saat ini. Seiring berkembangnya teknologi, Bluetooth kini digunakan untuk menyambungkan smartphone ke perangkat lain seperti True Wireless Stereo (TWS), headset, smart watch, speaker, mouse dan lain-lain.

Hanya dengan mengaktifkan Bluetooth kemudian menyambungkannya dengan perangkat yang dimaksud, smartphone serta perangkat tersebut akan terkoneksi.

Namun, Bluetooth yang mendadak aktif dengan sendirinya tanpa sepengetahuan secara terus menerus bisa mengganggu aktivitas.

Pasalnya, suatu fitur pada smartphone yang dibiarkan aktif mengakibatkan baterai menjadi cepat terkuras habis.

Hal tersebut bukan tanpa sebab. Adanya error pada sistem, kesalahan konektivitas, bug pada sistem operasi (OS) HP, dan lain sebagainya menjadi penyebab Bluetooth menyala sendiri.

Setelah mengetahui penyebabnya, kamu bisa mengatasi Bluetooth yang menyala sendiri. Pada artikel ini, Hallo GSM akan membahas satu persatu cara mengatasinya. Simak hingga tuntas, ya!

Cara Mengatasi Bluetooth Nyala Sendiri

Matikan Bluetooth dan Restart HP

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi Bluetooth yang menyala sendiri adalah dengan menonaktifkannya kemudian restart HP.

Kamu bisa mematikan Bluetooth melalui bar notifikasi atau melalui Pengaturan. Kemudian, restart HP dengan menekan tombol Power atau kombinasi tombol Power dan Volume Atas selama beberapa detik dan pilih Restart atau Hidupkan Ulang.

Setelah itu, HP otomatis akan mati dan aktif kembali dengan sendirinya.

Cara Mengatasi Bluetooth Nyala Sendiri dengan Menonaktifkan Akurasi Lokasi

Beberapa aplikasi atau layanan ada yang menggunakan koneksi WiFi dan Bluetooth terdekat untuk menentukan keakuratan sebuah lokasi.

Jika fitur Bluetooth pada HP kamu sering tiba-tiba menyala, coba matikan pemindaian Bluetooth pada pengaturan perangkat.

Caranya, masuk ke menu Pengaturan. Kemudian, klik kolom pencarian dan ketik ‘Pemindaian Bluetooth‘. Setelah itu, klik menu Pemindaian Bluetooth dan nonaktifkan dengan mengklik ikon toggle switch yang ada di samping menu ‘Pemindaian bluetooth’.

Hapus Cache Bluetooth

Data cache yang ada pada Bluetooth juga bisa membuat fitur tersebut menjadi error. Seperti pada aplikasi, cache yang dibiarkan menumpuk akan membuat kinerja aplikasi tersebut menurun, tidak terkecuali pada Bluetooth.

Kinerja menurun pada Bluetooth bisa ditandai dengan terjadinya eror seperti fitur menyala sendiri. Untuk mengatasinya, bersihkan semua data cache pada Bluetooth.

Caranya, masuk ke Pengaturan > Aplikasi > Manajemen Aplikasi. Setelah daftar aplikasi yang ada di HP kamu muncul, klik ikon titik tiga dan klik menu Tampilkan sistem.

Selanjutnya, klik Bluetooth > Penggunaan penyimpanan > Hapus cache.

Hapus Izin Aplikasi

Tak jarang, aplikasi pihak ketiga dapat mengaktifkan Bluetooth tanpa diminta karena sebelumnya telah mendapat izin.

Untuk menonaktifkannya, buka Aplikasi pada menu Pengaturan. Pilih Manajemen Aplikasi dan klik aplikasi yang memiliki izin Bluetooth.

Terakhir, nonaktifkan menu Hapus izin dan kosongkan ruang.

Perbarui Sistem Operasi HP

Seperti dijelaskan sebelumnya, sistem operasi Android juga bisa menjadi penyebab terjadinya fitur Bluetooth menyala sendiri.

Hal tersebut bisa terjadi karena di versi OS sebelumnya terdapat bug yang membuat fitur Bluetooth error. Kamu bisa mengatasinya dengan mengecek pembaruan sistem operasi pada HP kamu dan segera memperbaruinya jika telah tersedia versi terbaru.

Untuk memperbarui sistem operasi, masuk ke menu Pengaturan > Tentang perangkat. Periksa pembaruan dan segera perbarui jika tersedia versi terbaru dengan mengklik tombol Mulai mengunduh.

Pastikan selama proses update sistem operasi, smartphone kamu terhubung pada jaringan internet yang stabil agar prosesnya lancar dan tidak mengalami kegagalan.

Kamu juga bisa mengatur pembaruan agar dilakukan secara otomatis setiap tersedia pembaruan dengan mengklik ikon titik tiga pada halaman di atas dan klik ‘Perbarui otomatis’.

BACA JUGA: Cara Kirim Aplikasi Lewat Bluetooth Antar Handphone

Itulah beberapa cara mengatasi Bluetooth nyala sendiri yang bisa dilakukan dengan mudah. Jika fitur Bluetooth di HP kamu masih saja sering menyala tiba-tiba, meski sudah melakukan metode di atas, maka serahkan saja ke service center terdekat dan sampaikan keluhanmu. Semoga bermanfaat.