Tips & Trik

Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis agar Awet Kembali

Cara mengatasi baterai HP cepat habis penting diketahui setiap pengguna smartphone. Pasalnya, baterai seringkali menjadi permasalahan yang banyak dikeluhkan pengguna.

Sedikit saja permasalahan pada baterai akan berdampak buruk jika dibiarkan begitu saja.

Baterai merupakan salah satu komponen penting pada setiap perangkat. Komponen ini memberi daya pada perangkat dan memiliki peran pada performa.

Baterai yang bekerja optimal tentunya membuat kinerja HP juga berjalan dengan optimal. Seperti yang kita tahu, baterai fungsi utamanya adalah memberi daya pada perangkat agar bisa hidup dan dioperasikan.

Jika kesehatan baterai tidak terjaga, pastinya pengoperasian perangkat akan terganggu. Masih untung jika HP tidak bisa digunakan karena baterai habis. Pengguna bisa mengisi daya.

Akan tetapi, jika HP tidak bisa digunakan karena masalah pada baterai, maka perlu tindakan khusus untuk mengatasinya.

Permasalahan pada baterai yang sangat umum terjadi adalah terlalu banyak konsumsi baterai dalam penggunaan normal, alias boros.

Meskipun kamu bisa melakukan charge, namun baterai boros perlu ditangani secepat mungkin. Jangan sampai kerusakan tidak terdeteksi dan membuat masalah menjadi lebih parah.

Baterai yang boros bukan hanya membuat aktivitas digital atau komunikasi terhambat, namun juga bisa membuat kinerja perangkat semakin buruk.

Baterai boros yang dibiarkan saja bisa membuat perangkat overheat atau terlalu panas, lemot, hang, lag, mati mendadak, dan lain sebagainya.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, kamu bisa mengecek penyebab baterai boros terlebih dahulu agar bisa mengambil langkah yang tepat untuk mengatasinya.

Penyebab Baterai HP Cepat Habis

Adapun, penyebab dari baterai boros diantaranya adalah tingkat kecerahan layar terlalu tinggi, usia perangkat sudah lama, perangkat berusaha keras menjangkau sinyal, dan banyak aplikasi berjalan di latar belakang.

Selain itu, penggunaan smartphone yang berlebihan, kebiasaan mengisi daya tidak sesuai dengan anjuran, sistem operasi usang, fitur dibiarkan terus aktif, juga menjadi penyebab baterai cepat terkuras habis.

Untuk mengatasinya, cukup dengan menghindari hal-hal yang menjadi penyebab baterai cepat habis. Agar lebih jelas, simak uraiannya di bawah ini.

Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis

Kurangi Kecerahan Layar

Tingkat kecerahan layar yang terlalu tinggi menjadi salah satu penyebab baterai HP gampang habis. Sistem perangkat memerlukan daya baterai yang lebih besar ketika kecerahan layar tinggi.

Agar perangkat tidak banyak mengkonsumsi daya, kamu perlu mengatur tingkat kecerahan menjadi lebih rendah.

Selain itu, kamu juga bisa mengaktifkan fitur kecerahan adaptif yang bisa menyesuaikan tingkat kecerahan dengan kondisi lingkungan sekitar. Dengan fitur tersebut, kamu tidak perlu mengatur kecerahan manual, karena sistem otomatis menyesuaikan.

Aktifkan Airplane Mode Saat Perjalanan

Cara mengatasi baterai HP cepat habis juga bisa dengan mengaktifkan mode pesawat atau Airplane Mode.

Meskipun mode ini dirancang untuk pengguna yang hendak melakukan perjalanan menggunakan pesawat, namun mode ini juga bisa diandalkan untuk menghemat baterai.

Ketika pengguna dalam perjalanan, dimana kondisi sinyal tidak menentu, perangkat bekerja keras untuk mencari dan menjangkau sinyal.

Hal tersebut membuat baterai cepat terkuras. Untuk itu, lebih baik nonaktifkan HP atau aktifkan mode pesawat ketika perjalanan untuk bisa menghemat baterai.

Tutup Aplikasi yang Sudah Tidak Digunakan

Setelah menggunakan aplikasi, sebaiknya ditutup dengan sempurna. Caranya, klik tombol navigasi Recent App, kemudian klik tombol Tutup Semua. Selesai.

Meskipun aplikasi ditutup dengan sempurna, namun hal tersebut tidak menghentikan proses latar belakang yang berhubungan dengan aplikasi tersebut.

Untuk menghindari banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang dan membuat baterai cepat terkuras, copot pemasangan aplikasi yang sudah tidak dipakai. Apalagi, aplikasi yang bukan berasal dari sumber resmi.

Isi Daya Sesuai dengan Anjuran

Kebiasaan mengisi daya dengan langkah yang tidak sesuai sangat berpengaruh besar membuat baterai cepat habis, bahkan bisa membuat umur baterai menjadi pendek.

Mengisi baterai dianjurkan dilakukan sebelum daya baterai di angka 20% dan mengakhiri pengisian ketika daya mencapai angka 80%.

Hindari pengisian baterai selama semalaman meskipun smartphone telah dilengkapi fitur yang bisa menghentikan proses charging secara otomatis ketika baterai penuh.

Nonaktifkan Fitur yang Tidak Digunakan

Smartphone dilengkapi dengan banyak fitur yang memudahkan penggunanya. Akan tetapi, banyak pengguna yang justru membiarkan fitur tetap aktif meskipun sudah tidak digunakan.

Hal tersebut menguras daya baterai. Fitur-fitur yang biasanya dibiarkan aktif diantaranya WiFi dan juga Bluetooth.

Hindari Wallpaper Bergerak dan Gunakan Mode Gelap

Wallpaper bergerak dan berwarna sudah pasti lebih banyak menguras baterai dibandingkan dengan wallpaper statis.

Untuk mengatasi baterai HP cepat habis, kamu bisa mengaktifkan mode gelap yang ada di setiap smartphone.

Update Sistem Operasi

Sistem operasi lawas juga bisa membuat baterai HP cepat habis. Pasalnya, di dalam versi OS yang sudah lama terdapat beberapa bug serta malware yang merusak sistem, termasuk daya tahan baterai.

Oleh karena itu, pihak perusahaan biasanya menyediakan pembaruan yang bisa mengatasi berbagai permasalahan.

Dengan begitu, mengupgrade sistem operasi bisa menjadi solusi untuk mengatasi baterai cepat habis.

BACA JUGA: Cara Menampilkan Persentase Baterai HP, Mudah dan Praktis

Itulah beberapa cara mengatasi baterai HP cepat habis yang bisa kamu lakukan dengan mudah agar baterai kembali awet dan beroperasi dengan maksimal. Semoga bermanfaat.