Tips & Trik

Begini Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang

Bingung dengan aplikasi yang tak kunjung terpasang di HP? Tenang saja, karena ada cara mengatasi aplikasi tidak terpasang yang bisa dilakukan dengan mudah, lho.

Banyaknya aplikasi menarik membuat pengguna smartphone tergiur untuk meng-instalnya. Namun, sayangnya tidak semua proses instalasi berjalan dengan mulus.

Toko aplikasi online pada HP Android yang sudah terjamin adalah Google Play Store. Menariknya, layanan yang dioperasikan dan dikembangkan oleh Google tersebut  menawarkan berbagai aplikasi untuk hiburan maupun pengetahuan seperti film, buku, game, dan lainnya.

Menginstal suatu aplikasi yang bukan berasal dari Play Store, contohnya melalui website atau link tertentu, sering kali membuat proses pemasangan tidak berjalan lancar atau bahkan tidak bisa dipasang sama sekali.

Selain sumbernya yang tidak terjamin, penyebab aplikasi tidak bisa diinstal atau dipasang di HP juga bisa karena hal lain.

Penyimpanan penuh, aplikasi tidak kompatibel, perizinan, hingga lokasi instalasi juga bisa menjadi penyebabnya.

Setelah ditemukan akar masalahnya, berikut ini beberapa cara mengatasi aplikasi tidak terpasang yang bisa disesuaikan dengan masalah pada HP Android.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang

Aktifkan Perizinan

Aplikasi yang hendak diinstal ke memori internal biasanya harus mendapat perizinan terlebih dahulu dari pengguna HP itu sendiri.

Jika suatu aplikasi contohnya berasal dari Play Store tidak bisa dipasang, maka coba cek perizinan penyimpanan pada pengaturan perangkat. Caranya, buka aplikasi Pengaturan atau Settings, kemudian buka menu Aplikasi.

Setelah itu, cari dan pilih aplikasi Google Play Store. Kemudian, pilih menu Izin, lalu aktifkan Izin Penyimpanan.

Setelah aplikasi dari Google Play Store diberi izin untuk disimpan di perangkat, install kembali aplikasi yang dimaksud.

Beri Izin Aplikasi yang Tidak Dikenal

Jika aplikasi yang akan diinstal berasal dari sumber lain, artinya bukan dari Google Play Store, maka untuk bisa memasangnya perlu mengaktifkan perizinan terlebih dahulu.

Untuk caranya, masuk ke Pengaturan, pilih Layar Kunci dan Keamanan atau Password & Security.

Kemudian, klik Privacy > Special app access > install unknown apps atau izinkan instalasi aplikasi dari sumber tidak diketahui.

Namun, perlu diketahui, dengan mengaktifkan perizinan ini, perangkat lebih rentan terhadap virus yang berasal dari aplikasi yang bukan dari Play Store.

Hapus Cache Play Store

Data cache pada aplikasi yang semakin menumpuk tentunya akan mengganggu kinerja perangkat, termasuk pada sektor penyimpanan yang membuat aplikasi baru tidak bisa diinstal.

Untuk mengatasinya, hapus cache pada aplikasi Google Play Store dengan membuka menu Pengaturan > Aplikasi > Google Play Store > Penyimpanan > Hapus cache.

Pastikan Memori Internal Cukup

Penyimpanan yang tidak cukup seringkali menjadi penyebab suatu aplikasi tidak bisa terpasang. Sebelum menginstal suatu aplikasi, pastikan dulu ukuran aplikasi tersebut dengan ruang penyimpanan internal yang tersedia.

Maka dari itu, jika kesulitan ketika hendak memasang aplikasi, cobalah cek kapasitas penyimpanan yang dimiliki.

Untuk mengeceknya, buka aplikasi File Manager yang telah tersedia pada perangkat. Disana terdapat rincian kapasitas memori internal, jumlah terpakai, serta sisa ruang yang tersedia.

Jika penyimpanan sudah penuh dan tidak memungkinkan untuk menambah aplikasi, sebaiknya hapus aplikasi, video, dokumen, musik, atau foto yang sudah tidak diperlukan.

Restart Perangkat

Jika langkah-langkah tadi sudah dicoba namun aplikasi masih belum bisa diinstal, gunakan cara simpel ini yang biasanya bisa mengatasi sejumlah masalah pada setiap perangkat.

Restart atau mulai ulang berfungsi untuk me-refresh sistem pada perangkat sehingga membuat kinerjanya beroperasi normal kembali.

Caranya, cukup menekan tombol Power selama beberapa detik sampai muncul opsi dan pilih Restart atau Mulai ulang.

Setelah itu, tunggu beberapa saat dan HP bisa digunakan kembali setelah menyala dengan kinerja yang lebih fresh.

Reset

Cara terakhir untuk mengatasi aplikasi tidak terpasang meski sudah melakukan berbagai macam cara bisa dengan mereset HP agar kembali ke setelan awal.

Seringnya menginstall aplikasi yang tidak resmi menjadi salah satu penyebab HP memiliki virus ataupun bug yang membuatnya error.

Nah, solusinya adalah dengan memanfaatkan fitur reset factory yang bisa mengembalikan fungsi perangkat menjadi normal kembali.

Perlu diperhatikan, pindahkan terlebih dahulu semua data penting yang ada pada perangkat sebelum melakukan reset.

Karena proses ini akan menghapus semua data secara permanen. Setelah di reset, perangkat menjadi seperti baru dan pastinya bisa digunakan untuk memasang aplikasi.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp Tidak Muncul

Nah, itu dia beberapa cara mengatasi aplikasi tidak terpasang. Semoga saja bisa membantu.