Tips & Trik

Tak Perlu Ganti Kartu, Begini Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Hangus

Apakah Anda pengguna Telkomsel dan mengalami kartu hangus? Jika ya, jangan langsung mengganti kartu, karena ada beberapa cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah hangus, lho.

Sebagaimana kita ketahui, Telkomsel merupakan salah satu penyedia layanan telepon seluler yang sangat populer. Jangkauan sinyal yang tersebar luas membuat daya tarik tersendiri bagi masyarakat.

Setiap kartu memiliki masa aktif. Masa aktif tersebut biasanya otomatis diperpanjang ketika pengguna melakukan pengisian pulsa atau paket internet.

Jika pengguna tidak melakukan pengisian pulsa atau paket internet dalam waktu yang lumayan lama, maka masa aktif kartu tersebut akan habis dan masuk ke masa tenggang.

Ketika kartu sudah melewati masa tenggang, namun tak kunjung diisi ulang pulsa atau kuota internet, kartu tersebut akan hangus dan tidak bisa digunakan lagi.

Pengguna Telkomsel juga tak jarang yang mengalami kartu hangus. Kebanyakan dari mereka memilih untuk menggantinya dengan membeli kartu baru.

Padahal, Telkomsel sendiri menyediakan layanan reaktivasi kartu yang bisa mengaktifkan kembali nomor pelanggan yang telah hangus.

Langsung saja, berikut ini Hallo GSM sajikan cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang hangus sebagaimana dilansir dari situs website resmi Telkomsel.com.

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Hangus

Melalui kode UMB

Cara pertama untuk mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah hangus adalah dengan mengakses *888*89# menggunakan kartu yang hangus.

Sebelum mengaksesnya, pengguna harus mempersiapkan KTP dan KK yang sebelumnya didaftarkan pada nomor yang hangus.

Setelah itu, langsung saja hubungi *888*89# pada aplikasi Telepon atau Panggilan. Nantinya, akan muncul instruksi. Pilih “1. Reaktivasi kartu

“. Kemudian, pilih “1. Setuju“.

Setelah itu, masukkan nomor KTP dan nomor Kartu Keluarga dengan benar.

Jika input nomor KTP dan KK telah selesai, maka Telkomsel akan mengirim SMS pemberitahuan yang menyatakan kartu tersebut bisa diaktifkan kembali atau tidak.

Apabila pengguna menerima pesan “Maaf, menu reaktivasi ini hanya tersedia untuk nomor hangus. Silahkan cek status kamu di *888#“. Namun, ketika mengakses *888# muncul pesan “Status nomor kamu hangus“, silahkan hubungi Call center 188 dan ikuti perintahnya untuk mengaktifkan kembali kartu Telkomsel.

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel dengan Telkomsel E-Care

Selain kode UMB, pengguna juga bisa mengaktifkan kartu Telkomsel yang hangus dengan menghubungi Telkomsel E-care.

Kirimkan direct message (DM) ke akun Instagram resmi atau Twitter @Telkomsel dengan pesan “reaktivasi prepaid”.

Setelah itu, pengguna akan dikirimkan link untuk melakukan upload KTP, nomor KK, dan foto kartu SIM fisik yang akan diaktifkan kembali.

Selanjutnya, pengguna akan tersambung ke antrian video call untuk validasi data. Cara ini dilakukan menggunakan kartu SIM lain yang masih aktif dan pastinya harus terhubung ke jaringan internet.

Melalui GraPARI

Selain dua cara tadi, mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah hangus juga bisa dengan mengunjungi GraPARI terdekat.

Pengguna diharapkan membawa data-data yang dibutuhkan seperti KTP, Kartu Keluarga, dan kartu SIM yang hangus.

Untuk diketahui, pengajuan ke GraPARI harus dilakukan oleh pengguna kartu tersebut, alias tidak dapat diwakilkan.

Mengaktifkan kartu yang telah hangus tidak dikenakan tarif. Akan tetapi, pihak Telkomsel menganjurkan pelanggan untuk langsung melakukan isi ulang pulsa atau kuota internet minimal Rp10.000.

Hal tersebut bertujuan agar masa aktif kartu langsung diperpanjang setelah kartu berhasil diaktifkan kembali.

Sebagai informasi, setelah kartu yang hangus diaktifkan kembali, maka sisa pulsa, Telkomsel Poin, serta bonus yang dimiliki sebelumnya tidak akan bisa digunakan lagi.

Jika kartu yang hangus tidak diaktifkan kembali, maka kartu tersebut tidak bisa digunakan kembali, dan data-data akan terhapus setelah melewati periode waktu yang ditentukan oleh pihak Telkomsel.

BACA JUGA: Cara Transfer Kuota Telkomsel, Lengkap dengan Ketentuannya

Nah, itulah beberapa cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang hangus. Semoga membantu.