Tips & Trik

Cara Mengaktifkan GPS di HP Android Paling Mudah dan Cepat

Cara mengaktifkan GPS di HP bisa dilakukan dengan langkah-langkah sederhana yang pastinya mudah dan tidak akan memakan waktu lama.

GPS atau Global Positioning System umumnya ada di setiap perangkat sebagai alat untuk menentukan lokasi menggunakan satelit.

Fitur ini memiliki banyak kegunaan. Oleh karena itu, banyak aplikasi tambahan yang meminta perizinan dari pengguna smartphone untuk bisa mengakses lokasi dari GPS yang aktif.

Hal tersebut demi kemudahan aplikasi dalam menjalankan fungsinya secara optimal.

Selain untuk keberlangsungan fitur pada aplikasi, GPS juga berperan penting dalam pengaturan smartphone itu sendiri bahkan pada aspek keamanan.

Meskipun begitu, banyak pengguna smartphone yang memilih untuk tidak mengaktifkan GPS karena memang GPS lebih banyak menggunakan daya baterai.

Di sisi lain, pengguna smartphone tidak mengaktifkan GPS karena belum tahu langkah-langkahnya.

Jika kamu masih kesulitan menemukan menu untuk mengaktifkan GPS, jangan khawatir. Karena, pada artikel ini Hallo GSM akan membagikan tutorial mengaktifkan GPS di HP yang pastinya bisa diikuti dengan mudah.

Cara Mengaktifkan GPS di HP

Mengaktifkan GPS bisa melalui dua metode mudah. Bisa dengan membuka pengaturan, atau yang lebih mudahnya lagi dengan mengakses bar notifikasi.

Dari banyaknya merk smartphone Android, seperti Xiaomi, Oppo, Realme, Vivo, Nokia, dan lain-lain, tutorial di bawah ini menggunakan HP Oppo dengan sistem operasi Android 12.

Untuk itu, jika kamu menggunakan smartphone merk lain atau versi Android yang berbeda, mungkin perlu penyesuaian dalam mempraktikkannya.

Mengaktifkan GPS Melalui Pengaturan

  • Langkah pertama, buka menu Pengaturan atau Settings.
  • Scroll atau gulir layar dan pilih menu Informasi Lokasi.
  • Selanjutnya, aktifkan Lokasi dengan mengklik toggle switch di samping menu Lokasi.
  • Selesai.

Cara Mengaktifkan GPS di HP dari Bar Notifikasi

  • Pertama, geser layar dari bagian atas ke bawah hingga muncul berbagai ikon dari fitur yang ada.
  • Cari ikon Lokasi yang biasanya ditandai dengan gambar bulat dan meruncing ke bawah. Jika tidak ada, klik ikon edit di bagian atas. Kemudian, tambahkan ikon Lokasi.
  • Setelah ikon Lokasi muncul, aktifkan dengan mengklik ikon Lokasi.
  • Selesai. GPS pada HP kamu telah diaktifkan.

Dengan diaktifkannya GPS, perangkat yang kamu gunakan bisa dilacak ketika tidak dalam jangkauan, memberikan informasi geografis seperti pengukuran jarak, cuaca, dan waktu.

GPS bisa juga untuk melacak lokasi seseorang, mencari tempat menggunakan Google Maps, atau mencari bisnis terdekat dari aplikasi WhatsApp.

Selain dari itu, GPS juga sering digunakan ketika menggunakan aplikasi layanan transportasi seperti ojek online untuk menunjukkan arah hingga pengguna bisa sampai ke tempat tujuan dengan cepat.

BACA JUGA: Cara Membuat Google Form di HP Lengkap dengan Cara Membagikannya

Nah, itu dia cara mengaktifkan GPS di HP. Sangat mudah dan praktis, kan? Semoga membantu.