Tips & Trik

Cara Mengaktifkan Dark Mode Instagram

Cara mengaktifkan dark mode Instagram bisa dilakukan dengan cepat dan mudah bahkan oleh pengguna Instagram baru sekalipun, asal mengetahui letak menu dari fitur tersebut.

Bagi pengguna hp Android, fitur dark mode di Instagram bisa ditemui di menu Pengaturan aplikasi itu sendiri. Sementara untuk pengguna iOS lain lagi, detailnya nanti akan kita bahas di bawah.

Nah, berbicara soal dark mode ini merupakan fitur unik yang dapat merubah tampilan atau tema aplikasi Instagram yang ada di hp kita jadi serba gelap atau hitam.

Lalu fungsinya apa? Adapun fungsi dari fitur tersebut adalah dapat membuat aktivitas scrolling feed jadi lebih meyenangkan, mata jadi tidak cepat lelah, serta tidak boros konsumsi baterai.

Jika kamu ingin mencobanya, silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

BACA JUGA: Cara Mengaktifkan Dark Mode WhatsApp

Cara Mengaktifkan Dark Mode Instagram

HP Android

Sebelumnya pastikan dulu aplikasi Instagram yang ada di hp kamu merupakan versi terbaru. Selain itu, hp Android yang kamu gunakan juga harus terhubung ke jaringan internet baik itu dengan data seluler atau WiFi.

Langsung saja buka aplikasi Instagram kamu, lalu klik icon Profil di pojok kanan bawah layar.

Selanjutnya, klik icon garis tiga yang terletak di pojok kanan atas dan masuk ke menu Pengaturan.

Klik menu Tema lalu cetak pada kolom yang berada di samping menu Gelap. Dalam sekejap, tampilan Instagram kamu bakal berubah jadi serba hitam.

Dark Mode Instagram Android. (SS)

Nah, jika sewaktu-waktu kamu ingin mengembalikannya ke tampilan semula atau kembali ke mode terang, kamu bisa melakukan hal sama seperti pada saat mengaktifkannya.

Cara Mengaktifkan Dark Mode Instagram di iPhone

Sementara untuk perangkat pabrikan Apple, yakni iPhone dan iPad caranya sedikit berbeda karena tidak bisa dilakukan langsung lewat aplikasinya.

Lantas gimana caranya? Pertama-tama pastikan terlebih dulu perangkat iPhone atau iPad sudah berjalan di sistem operasi iOS 12 ke atas.

Masuk ke aplikasi Pengaturan dan klik menu Tampilan & Kecerahan. Untuk mengaktifkan dark mode silahkan kamu pilih Mode Gelap.

Nantinya tema atau tampilan iPhone kamu akan jadi berwarna gelap termasuk semua aplikasi yang ada di dalamnya akan ikut jadi serba gelap.

BACA JUGA: Aplikasi Download Story Instagram

Itulah cara yang harus kamu lakukan apabila ingin mengaktifkan Dark Mode di Instagram.