Tips & Trik

Cara Menentukan Arah Kiblat Menggunakan HP, Mudah dan Akurat

Di era serba digital ini, pengguna smartphone khususnya Muslim, penting untuk mengetahui cara menentukan arah kiblat yang memanfaatkan ponsel pintar atau smartphone.

Pasalnya, benda canggih tersebut pasti dibawa setiap kali pergi kemana-mana. Ketika bepergian ke tempat asing atau sedang dalam perjalanan dan sudah masuk waktu shalat, namun keadaan tidak memungkinkan untuk mencari mushola, Anda pasti bertanya-tanya “Arah kiblat ke mana, ya?“.

Dalam keadaan tersebut, salah satu solusi yang mudah dan cepat adalah menggunakan teknologi yang ada pada smartphone.

Ya, dengan smartphone atau HP, pengguna bisa menentukan arah kiblat selama perangkat yang digunakan terhubung dengan internet.

Selain itu, kebanyakan smartphone juga telah dilengkapi dengan fitur kompas yang tentunya bisa membantu menentukan arah kiblat walaupun perangkat tidak terhubung dengan internet. Itu solusi ketika HP yang digunakan tidak dapat menangkap signal.

Menentukan arah kiblat sangat penting. Karena, berhubungan dengan syarat sah seorang Muslim melaksanakan kewajiban ibadah salat.

Kiblat merupakan arah yang dituju umat Islam dalam sebagian konteks ibadah, termasuk salat. Arah kiblat menuju pada bangunan Ka’bah di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi.

Beruntungnya, untuk menentukan arah kiblat ketika bepergian, bisa memanfaatkan teknologi yang ada pada smartphone.

Anda bisa menggunakan aplikasi khusus atau tanpa aplikasi sekalipun. Meski demikian, menentukan arah kiblat tidak bisa dilakukan sembarangan. Untuk itu, pastikan aplikasi atau situs website yang digunakan sudah terpercaya.

Cara Menentukan Arah Kiblat Menggunakan HP

Melalui Aplikasi Muslim Pro

Aplikasi ini merupakan aplikasi populer yang paling banyak digunakan oleh umat Islam di seluruh dunia.

Muslim Pro digunakan sebagai aplikasi pengingat waktu sholat dan adzan terakurat, memiliki fitur Al-Qur’an, panduan do’a-do’a, fitur penunjuk arah kiblat, kalender hijriyah, hingga peta untuk menemukan lokasi masjid, rumah makan halal, dan lain-lain.

Untuk menentukan arah kiblat menggunakan aplikasi ini, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Download aplikasi Muslim Pro di Google Play Store atau Apps Store.
  • Setelah proses download dan instalasi selesai, buka aplikasi tersebut.
  • Beri izin aplikasi untuk mengakses lokasi perangkat Anda.
  • Simak dan setujui setiap syarat dan ketentuan yang berlaku.
  • Pada halaman utama, klik ikon Kiblat.
  • Nantinya, aplikasi otomatis akan menampilkan peta serta kompas dengan jarum bergambar ka’bah yang menunjukkan arah kiblat.

Cara Menentukan Arah Kiblat Melalui Situs Website

Cara kedua, Anda bisa memanfaatkan situs website Qibla Finder yang dikembangkan oleh Google. Situs ini memakai lokasi ka’bah dan lokasi penggunanya dari GPS untuk menentukan arah langsung antara dua titik tersebut.

  • Buka Browser pada smartphone Anda.
  • Akses situs website Qibla Finder.
  • Pada halaman utama, tentukan negara dimana Anda berada saat ini.
  • Kemudian, klik tombol Ayo > Oke.
  • Beri izin Qibla Finder untuk menggunakan kamera.
  • Nantinya, Qibla Finder akan menampilkan ikon bulat dan garis berwarna biru yang terbentang mengarah ke ka’bah.
  • Untuk menentukan kiblat, arahkan smartphone Anda pada garis biru yang ditunjukkan situs tersebut baik menggunakan kamera atau tidak, hingga menampilkan gambar ka’bah yang berarti Anda menghadap ke arah kiblat yang tepat.

Menggunakan Fitur Kompas

Selain menggunakan aplikasi Muslim Pro dan situs website Qibla Finder Google, Anda juga bisa menentukan kiblat dengan memanfaatkan fitur kompas yang hampir ada di setiap smartphone.

Cara ini bisa dibilang paling simpel dan mudah. Anda hanya perlu membuka menu Kompas yang ada pada smartphone yang digunakan.

Setelah itu, arahkan smartphone Anda ke arah Barat (West). Dengan begitu, Anda sudah bisa menentukan arah kiblat.

Kenapa ke arah Barat? Majelis Ulama Indonesia (MUI) menegaskan bahwa arah kiblat bagi umat Islam di Indonesia adalah menghadap ke arah Barat.

Dengan begitu, umat Islam biasanya menentukan arah kiblat dengan melihat posisi terbenamnya matahari di sebelah Barat.

BACA JUGA: Cara Edit PDF di HP, Simpel, Mudah, dan Gratis

Demikian beberapa cara menentukan arah kiblat menggunakan HP yang dapat dilakukan dengan mudah, cepat, dan akurat. Anda bisa menggunakan aplikasi, situs website, ataupun fitur kompas. Semoga artikel ini dapat membantu.