Tips & Trik

Cara Mendinginkan HP yang Panas dengan Aman

Sering mengalami HP bersuhu terlalu panas ketika digunakan? Jangan dibiarkan, segera lakukan cara mendinginkan HP yang aman agar terhindar dari resiko kerusakan pada komponen perangkat.

HP yang panas bukan hanya membuat pengguna tidak nyaman ketika menggenggamnya, tetapi juga berpotensi mengurangi performa ponsel sehingga kinerjanya menjadi lebih lambat alias lemot.

Penggunaan smartphone untuk menunjang kegiatan sehari-hari membuat pengguna jadi ketergantungan. Saat ini, smartphone tidak hanya dipakai untuk berkomunikasi. Melainkan bisa juga untuk bermain game, bekerja, menonton hiburan, belajar, dan melakukan aktivitas lainnya.

Oleh karena itu, HP panas atau overheating bukanlah hal yang jarang ditemui. Pemakaian dengan intensitas tinggi sangat berpotensi untuk membuat perangkat menjadi panas.

Apalagi, HP yang digunakan tidak didukung dengan Cooling System yang bisa meng-cover suhu menjadi lebih dingin.

Sebenarnya, HP mengeluarkan suhu panas ketika digunakan merupakan hal yang wajar. Akan tetapi, jika sering terjadi dan juga suhunya terlalu panas, maka hal tersebut perlu ditindaklanjuti.

Jika dibiarkan, permasalahan tersebut bisa menimbulkan masalah-masalah lainnya. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, pengguna smartphone perlu mengetahui cara mendinginkan HP yang tepat dan aman.

Dalam keadaan HP panas, langkah pertama dan sederhana yang bisa dilakukan untuk mengurangi suhunya adalah dengan melepaskan casing pelindung yang bisa membuat panas dari HP terperangkap.

Setelah itu, Anda bisa melakukan upaya lainnya yang telah Hallo GSM sajikan di bawah ini sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.

Cara Mendinginkan HP

Nonaktifkan Fitur yang Tidak Perlu

Pengguna handphone atau HP tak sedikit yang membiarkan fitur-fitur seperti GPS, Bluetooth, WiFi, atau yang lainnya tetap menyala meskipun sudah tidak menggunakannya lagi.

Membiarkan fitur terus menyala bisa menyebabkan smartphone menjadi lebih panas. Untuk meminimalisir panas tersebut, matikan semua fitur yang tidak digunakan.

Dengan menonaktifkannya, baterai pada perangkat juga akan lebih hemat. Untuk hasil yang lebih baik, aktifkan Mode Pesawat atau Airplane Mode ketika Anda sedang tidak memerlukan peran smartphone.

Cara Mendinginkan HP dengan Keluar dari Aplikasi yang Tidak Digunakan

Setelah menggunakan berbagai aplikasi, tutup aplikasi dengan menghapus history melalui tombol navigasi Recent yang biasanya berada di paling kiri.

Jika Anda merasa ponsel mengeluarkan suhu panas setelah menggunakan aplikasi tertentu, lebih baik nonaktifkan aplikasi tersebut, atau jika memungkinkan, uninstall aplikasi karena bisa saja aplikasinya yang bermasalah.

Biarkan HP Beberapa Saat

Setelah melakukan langkah di atas, lebih baik HP yang panas dibiarkan dalam arti tidak digunakan selama beberapa saat hingga kondisinya membaik.

Hindari menempatkan perangkat pada lemari pendingin atau perangkat lain yang mengeluarkan panas.

Nonaktifkan data seluler atau sambungan WiFi. Akan lebih baik, jika mengaktifkan mode pesawat agar suhu HP menurun dengan cepat.

Perbarui Aplikasi

Cara mendinginkan HP selanjutnya adalah dengan memperbarui aplikasi. Aplikasi yang dipasang pada smartphone harus selalu diperbarui.

Pasalnya, aplikasi dengan versi yang usang akan menyimpan banyak bug yang membuat kinerja perangkat menjadi lambat hingga menyebabkan panas berlebih.

Untuk memperbarui aplikasi, lakukan update melalui toko aplikasi yang tersedia seperti Google Play Store atau Apps Store.

Update Sistem Operasi

Selain aplikasi, sistem operasi pada smartphone juga harus selalu di-update. Sistem operasi yang belum diperbarui bisa menjadi penyebab HP cepat panas.

Oleh karena itu, pengguna harus selalu memperbarui sistem operasi ketika sudah tersedia pembaruan. Cara update aplikasi dilakukan melalui Pengaturan yang ada pada HP.

Pada menu pengaturan, pilih menu Tentang Perangkat, kemudian perbarui sistem operasi.

Penyebab HP Panas

HP yang mengeluarkan panas berlebih bisa terjadi karena beberapa faktor di bawah ini.

  • Masalah pada baterai.
  • Menggunakan HP ketika diisi daya.
  • Layar terlalu terang.
  • Diletakkan di benda atau lingkungan yang panas.
  • Penggunaan dengan intensitas tinggi.
  • Bug atau Error pada aplikasi.

BACA JUGA: Cara Mengatasi HP Kemasukan Air, Lakukan Sebelum Terlambat!

Itulah beberapa cara mendinginkan HP yang panas yang aman untuk dilakukan. Semoga bermanfaat.