Tips & Trik

Cara Mendapatkan Centang Biru di Instagram dan Persyaratannya

Banyak orang yang penasaran dengan bagaimana cara mendapatkan centang biru di Instagram, apakah mudah atau justru sulit untuk mendapatkannya.

Seperti kita ketahui, akun Instagram bercentang biru atau akun terverifikasi (verified account) merupakan sebuah penanda yang diberikan secara resmi oleh Instagram jika akun tersebut asli.

Memiliki akun Instagram yang telah terverifikasi cukup penting apalagi bagi publik figure, selebriti, merek atau label ternama. Karena akun mereka bisa berpotensi dipalsukan oleh oknum-oknum tertentu.

Jika ada centang biru, kita pun bisa dengan mudah membedakan mana akun asli dan mana akun palsu (fake account).

Dengan begitu, pemilik akun dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, salah satunya adalah penipuan yang dilakukan akun palsu tapi mengatasnamakan mereka.

Selain itu, mempermudah juga orang-orang untuk menemukan pencarian akun asli.

Akan tetapi, untuk mendapatkan verified account di Instagram bukanlah perkara mudah. Kamu harus memenuhi beberapa pesyaratan untuk hal tersebut.

Tapi bukan berarti hanya kalangan publik figure saja yang bisa mendapatkan verified account, kalangan masyarakat biasa pun tentunya bisa.

Nah, berikut ini HALLO GSM telah menyiapkan cara mendapatkan verified account di Instagram sekaligus syarat-syarat mendapatkannya.

Cara Mendapatkan Centang Biru di Instagram

Berikut ini tata cara dapat centang biru di Instagram yang harus kalian ikuti satu persatu langkah-langkahnya.

  • Pertama, buka aplikasi Instagram yang terpasang di ponselmu.
  • Kemudian, klik foto profil untuk menuju profil akun Instagram kalian > klik simbol garis tiga di pojok kanan atas > pilih Pengaturan > Akun.
  • Di sana ada berbagai opsi menu yang bisa kalian pilih, karena ingin mendapat verifikasi akun, maka klik Minta Verifikas
    i.
  • Tahap selanjutnya, silakan isi setiap poin pada form tersebut.
  • Pada langkah 1, kalian diminta menambahkan dokumen identitas resmi untuk diri atau bisnis kamu.
  • Pada langkah 2, yakni konfirmasi ketenaran. Kamu diminta menunjukkan bahwa tokoh publik, selebriti, atau merek yang diwakili akun kamu adalah untuk kepentingan publik.
  • Selanjutnya isi setiap poin dengan lengkap. Karena verifikasi ini bersifat resmi, kamu juga akan diminta mengunggah foto kartu identitas.
  • Setelah itu, tunggu proses peninjauan selesai. Jika akunmu memenuhi syarat-syarat yang ditentukan, maka Instagram akan mengirim notifikasi dan langsung menampilkan centang biru di akun Instagram-mu. Selesai!

BACA JUGA: Cara Membuat Akun Instagram Baru di HP yang Sama

Syarat dan ketentuan mendapat centang biru di IG

Seperti dijelaskan di awal, ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi untuk mendapatkan centang biru di Instagram. Silakan simak syarat-syaratnya di bawah ini.

Akun harus autentik

Syarat pertama untuk bisa mendapat centang biru di IG adalah akun kamu harus akun asli, original, bisnis, brand, mewakili orang, komunitas, atau entitas terdaftar lainnya.

Akun harus unik

Kedua, akun milikmu mewakili keberadaan orang atau bisnis secara unik. Tanda centang biru hanya akan diberikan satu untuk satu akun saja, keculi untuk akun dengan bahasa tertentu.

Pihak Instagram tidak bisa memverifikasi akun yang sifatnya umum, seperti akun untuk penggemar, meme, dan lainnya.

Akun harus lengkap

Syarat untuk mendapat centang biru di Instagram berikutnya adalah akunmu harus sudah melengkapi indetitas yang diminta Instagram.

Di antaranya seperti sudah menambahkan bio, foto profil, akun bersifat publik atau tidak digembok, website, isi kontak, dan lainnya.

Akun yang terkenal

Terakhir adalah akunmu harus mewakili orang, merek, atau entitas yang terkenal dan banyak dicari serta di follow oleh pengguna Instagram lainnya.

Pihak Instagram bakal meninjau akun yang ditampilkan di berbagai sumber berita. Yang tak kalah penting adalah jumlah like dan komentar yang banyak pun turut berpengaruh terhadap penilaian.

BACA JUGA: Cara Membuat Linktree di Instagram Untuk Berbagai Keperluan

Bagaimana, apakah akun Instagram kamu sudah memenuhi syarat-syarat untuk mendapat centang biru? Jika sudah silakan lakukan cara mendapatkan centang biru di Instagram seperti yang dibahas di awal. Semoga bermanfaat.