Tips & Trik

Cara Menampilkan Persentase Baterai HP, Mudah dan Praktis

Meski bisa dibilang mudah, namun ternyata masih banyak pengguna smartphone yang bertanya-tanya bagaimana cara menampilkan persentase baterai.

Pengguna biasanya sudah mengotak-atik pengaturan yang ada di smartphone untuk memunculkan persentase baterai, namun masih saja tidak ditemukan.

Hal tersebut wajar saja, karena tidak semua pengguna tahu mengenai seluk-beluk pengaturan pada HP yang digunakannya, terutama pengguna baru.

Jangan khawatir, karena penggunaan HP Android bisa dibilang gampang-gampang susah. Ya, masih banyak gampangnya, termasuk menampilkan persentase baterai.

Jika kamu termasuk salah satu pengguna smartphone yang masih bingung ketika ingin menampilkan persentase baterai, kamu akan menemukan tutorialnya pada artikel ini.

Dengan menampilkan persentase baterai, pengguna bisa mengetahui sisa kapasitas baterai pada HP yang digunakan. Sehingga, pengguna bisa mempersiapkan jika baterai sedikit lagi dan akan habis.

Tanpa persentase, pengguna tentu akan kesulitan dalam memperkirakan sisa daya baterai yang ada jika hanya melihat dari batang baterai.

Nah, untuk itu, menampilkan persentase baterai rasanya sangat diperlukan. Jika masih bingung, simak terus artikel ini hingga tuntas, ya!

Cara Menampilkan Persentase Baterai HP

Menampilkan persentase baterai pada HP Android bisa dilakukan dengan mudah melalui menu Pengaturan. Selain itu, bisa juga menggunakan bantuan aplikasi tambahan.

Pada artikel ini, Hallo GSM akan membagikan tutorial lengkap menampilkan persentase baterai HP Oppo dengan langkah yang mudah melalui Pengaturan.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka menu Pengaturan.
  • Pilih menu Notifikasi dan bilah status.
  • Kemudian, klik Bilah status.
  • Pada halaman selanjutnya, klik Persentase baterai.
  • Kemudian, pilih opsi persentase baterai yang diinginkan.
  • Bisa memilih ikon persentase di dalam baterai atau diluar baterai.
  • Setelah mengklik salah satu pilihan tersebut, ikon baterai otomatis akan berubah dengan tambahan jumlah persentase.
  • Selesai. Persentase baterai berhasil ditampilkan.

Tutorial tadi menggunakan HP Oppo dengan ColorOS 12.1 yang berdasarkan pada OS Android 12. Tidak menutup kemungkinan jika langkah-langkah atau menu pengaturan pada versi ColorOS yang lain akan berbeda.

Untuk mempermudah, kamu bisa memanfaatkan kolom pencarian yang ada di Pengaturan. Dengan begitu, kamu akan menemukan menu untuk menampilkan persentase baterai dengan mudah tanpa membuang waktu mengotak-atik pengaturan.

Selain melalui pengaturan, menampilkan persentase baterai juga bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Terdapat beberapa aplikasi baterai khusus yang bisa ditemukan di Google Play Store. Diantaranya adalah AccuBattery.

Aplikasi ini memiliki ukuran yang ringan, sehingga tidak akan memakan banyak tempat pada ruang penyimpanan. Selain itu, penggunaannya juga bisa tanpa biaya alias gratis.

Untuk menggunakannya, download aplikasi AccuBattery di Play Store, kemudian buka aplikasi tersebut. Nantinya, akan muncul notifikasi pada bar notifikasi berisi informasi mengenai sisa baterai dan detail informasi baterai lainnya.

Menariknya lagi, aplikasi ini dilengkapi dengan alarm yang bisa memberikan pengingat ketika baterai sudah waktunya diisi daya.

BACA JUGA: Cara Menghemat Baterai HP, Dijamin Awet Seharian

Nah, itulah beberapa cara menampilkan persentase baterai HP. Mudah, kan? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.