Tips & Trik

Cara Menampilkan Notifikasi WA di Atas Layar HP, Balas Chat Jadi Lebih Mudah

Cara menampilkan notifikasi WA di atas layar kerap dicari ketika pengguna mengalami permasalahan notifikasi yang tidak muncul ketika menerima pesan baru dari WhatsApp.

WhatsApp sendiri merupakan aplikasi pesan online yang sangat populer pada saat ini. Penggunanya kini sebanyak 2 milyar lebih tersebar di berbagai belahan dunia.

Tampilannya yang sederhana serta fitur-fiturnya yang cukup komplit membuat orang-orang termasuk penduduk Indonesia memilih menggunakan aplikasi ini untuk kebutuhan komunikasi dalam setiap harinya.

WhatsApp dimanfaatkan sebagai media berkomunikasi yang sudah dianggap penting untuk berada di setiap smartphone. Aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan Meta ini dilaporkan mengirim 100 miliar pesan per harinya.

Ketika menerima pesan baru, pengguna akan mendapat notifikasi atau pemberitahuan. Sehingga setelah itu, pengguna bisa membaca, lalu kemudian membalasnya.

Notifikasi memiliki peran yang sangatlah penting. Sebab, tak jarang pengguna mengalami permasalahan ketika seseorang mengirim pesan namun penerima tidak mengetahui akan adanya sebuah pesan, hingga terlambat memberikan balasan.

Umumnya, ketika ada pesan WhatsApp masuk, muncul pop-up notifikasi di bagian atas layar yang menampilkan nama pengirim pesan, lengkap dengan pesan yang dikirimnya.

Menariknya lagi, dengan adanya pop-up notifikasi tersebut, penerima pesan bisa langsung memberi respon dan membalasnya tanpa perlu masuk ke aplikasi WhatsApp terlebih dahulu.

Akan tetapi, tak jarang pengguna WhatsApp yang mengeluhkan notifikasi dari aplikasi tersebut tidak muncul. Adapun, penyebab dari notifikasi tidak muncul beragam.

Mulai dari tidak aktifnya fitur pop-up pemberitahuan, hingga permasalahan lainnya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, langkah menampilkan notifikasi WA di atas layar berikut ini wajib untuk kamu coba.

Cara Menampilkan Notifikasi WA di Atas Layar

Untuk menampilkan notifikasi WhatsApp, bisa dengan menggunakan dua metode mudah melalui pengaturan aplikasi atau melalui pengaturan pada smartphone.

Caranya bisa dibilang mudah. Agar lebih mudah lagi, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Menampilkan Notifikasi Melalui Pengaturan WhatsApp

  • Langkah pertama, buka aplikasi WhatsApp yang kamu gunakan.
  • Pada halaman Chat, klik ikon titik tiga yang ada di sudut kanan atas layar.
  • Pilih menu Setelan atau Settings.
  • Kemudian, klik menu Notifikasi.
  • Pada halaman Notifikasi, klik ikon slider yang ada di samping menu Gunakan notifikasi prioritas hingga berwarna hijau untuk mengaktifkan tampilan pratinjau notifikasi di bagian atas layar.
  • Selesai. Kini, kamu akan menerima notifikasi setiap kali ada pesan masuk dan bisa langsung mengirim balasan tanpa perlu masuk ke WhatsApp terlebih dahulu.

Cara Menampilkan Notifikasi WA di Atas Layar Melalui Pengaturan HP

Metode selanjutnya yang bisa digunakan untuk menampilkan notifikasi WA di atas layar adalah dengan mengatur setelan pada HP.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa tutorial di bawah ini menggunakan HP Oppo dengan sistem operasi Android 12. Jika kamu pengguna HP merk lain atau versi Android yang berbeda, mungkin perlu sedikit penyesuaian.

  • Pertama, buka menu Pengaturan yang ada di smartphone kamu.
  • Pilih menu Aplikasi, kemudian Manajemen Aplikasi.
  • Pada halaman berikutnya, cari dan klik aplikasi WhatsApp yang kamu gunakan.
  • Kemudian, pilih menu Kelola notifikasi.
  • Untuk menampilkan notifikasi di atas layar, klik ikon slider yang ada di samping menu Izinkan notifikasi hingga berwarna hijau.
  • Selesai.

BACA JUGA: Mudah! Begini Cara Menyembunyikan Chat WhatsApp

Nah, itulah beberapa cara menampilkan notifikasi WA di atas layar yang mudah untuk diikuti. Semoga bermanfaat.