Tips & Trik

Cara Menampilkan Marketplace di Facebook

Cara menampilkan marketplace di Facebook sangat penting untuk diketahui terutama jika kamu memiliki niat untuk menjual barang di Facebook. Ya, fitur marketplace menawarkan kemudahan bagi semua pengguna Facebook untuk melakukan jual beli online.

Pada umumnya fitur marketplace secara otomatis akan muncul di aplikasi Facebook, namun ada beberapa pengguna yang mengeluh bahwa fitur tersebut tidak bisa ditemukan di aplikasi Facebook mereka.

Adapun cara termudah untuk menampilkan fitur marketplace adalah dengan mengklik icon garis tiga di pojok kanan atas aplikasi Facebook.

Tapi jika icon marketplace masih belum ditemukan maka kamu bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini.

Cara Menampilkan Marketplace di Facebook

1. Pertama-tama, kamu harus logout dari aplikasi Facebook terlebih dahulu.

2. Kemudian, copot atau uninstal aplikasi Facebook yang terpasang di perangkat kamu. Agar lebih mudah silahkan kamu instal aplikasi Facebook biasa, jangan Facebook Lite.

3. Lalu login ke Facebook menggunakan akun yang sudah biasa kamu pergunakan.

4. Jika kamu menggunakan akun baru, silahkan lengkapi semua profil yang diminta, mulai dari tanggal lahir, tempat tinggal, foto profil dan lain-lain. Hal ini bertujuan agar akun Facebook kamu terlihat seperti akun real bukan akun robot.

5. Setelah selesai melengkapi profil, close aplikasi Facebook kemudian aktifkan mode pesawat selama 3-5 menit, lalu nonaktifkan kembali.

6. Terakhir, buka kembali aplikasi Facebook, lalu klik icon garis tiga di pojok kanan atas dan lihat fitur marketplace kini sudah muncul.

Cara menampilkan fitur marketplace di FB Lite. (SS)

Penyebab Fitur Marketplace Tidak Muncul

Apabila kamu sudah mengikuti semua langkah-langkah di atas tapi fitur marketplace masih belum muncul, mungkin akun kamu melanggar syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pihak Facebook.

Berikut adalah beberapa alasan yang bisa mengakibatkan fitur marketplace tidak muncul.

Masih di Bawah Umur

Hal pertama yang harus diperhatikan jika icon marketplace di Facebook muncul adalah umur. Ya, fitur ini hanya bisa diakses oleh pengguna yang telah berusia minimal 18 tahun.

Artinya jika umur kamu masih di bawah 18 tahun maka dapat dipastikan kamu tidak akan bisa mengakses fitur ini. Solusinya adalah dengan mengganti tanggal lahir di menu Profil.

Belum Masuk Dalam Negara yang Didukung

Indonesia menjadi salah satu negara yang sudah didukung oleh fitur marketplace. Tapi jika kamu mencantumkan negara asal di kolom Profil secara sembarangan alias ngasal, maka bisa jadi ini adalah penyebab mengapa akun FB kamu tidak bisa mengakses marketplace.

Adapun solusi untuk mengatasi masalah ini adalah merubah negara asal di kolom Profil menjadi Indonesia.

Akun Masih Baru dan Belum Terverifikasi

Demi kenyamanan pengguna saat berjualan di marketplace, Facebook mulai memperketat peraturan terlebih pada akun baru dengan tujuan untuk mencegah penipuan.

Ya, penipuan berkedok jual beli di marketplace Facebook memang sudah sering terjadi dan biasanya oknum yang melakukan penipuan tersebut sering menggunakan akun fake atau akun Facebook yang baru dibuat.

Lalu bagaimana solusinya bagi pemilik akun Facebook baru yang benar-benar niat untuk jualan? Jawabannya adalah gampang, kamu tinggal melakukan verifikasi nomor hp dan alamat email kemudian lengkapi semua profil yang diminta.

BACA JUGA: Cara Live Streaming di Facebook

Demikianlah penjelasan mengenai cara menampilkan marketplace di Facebook, semoga informasinya bermanfaat dan menambah pengetahuan.