Tips & Trik

Cara Menampilkan Kecepatan Internet di HP Android Paling Simpel

Cara menampilkan kecepatan internet dibutuhkan agar pengguna tahu seberapa cepat speed internet yang digunakan.

Adanya indikator kecepatan internet membuat pengguna mengetahui speed internet pada saat itu dalam satuan waktu per detik.

Kecepatan internet berpengaruh pada cepat atau lambatnya suatu file terunduh, cepat atau lambatnya pembaruan, dan tentunya berpengaruh juga pada kuota internet yang terpakai.

Untuk mengetahui dan mengontrolnya, maka lebih mudah jika informasi mengenai kecepatan internet terpampang pada tampilan layar smartphone.

Kecepatan internet bisa ditampilkan di status bar. Sehingga, pengguna bisa lebih cepat dan mudah untuk memantau pergerakan kecepatan internet.

Selain itu, speed internet juga menggambarkan kualitas jaringan apakah sedang baik atau bahkan buruk.

Dengan mengetahui hal tersebut, kamu jadi bisa mencari tempat yang lebih strategis ketika hendak mengunduh atau mengupload sesuatu menggunakan internet agar prosesnya lebih cepat.

Jika HP yang kamu gunakan belum menampilkan speed internet, tenang saja. Karena, di artikel ini Hallo GSM sajikan tutorial lengkapnya.

Cara Menampilkan Kecepatan Internet

Tutorial ini menggunakan HP Oppo dengan ColorOS 12.1 berbasis pada Android 12. Jika kamu pengguna smartphone merk lain, mungkin perlu sedikit penyesuaian dalam mempraktikkannya.

Menampilkan kecepatan internet bisa dilakukan dengan aplikasi atau tanpa aplikasi sekalipun. Untuk lebih jelasnya, simak tutorial berikut ini hingga tuntas, ya!.

Menampilkan Kecepatan Internet Tanpa Aplikasi

  • Langkah pertama, buka menu Pengaturan.
  • Klik Notifikasi & bilah status.
  • Kemudian, klik menu Bilah status.
  • Pada halaman selanjutnya, akan muncul daftar ikon bilah status. Untuk menampilkan kecepatan internet, aktifkan menu Kecepatan jaringan waktu nyata.
  • Selesai. Kecepatan internet otomatis ditampilkan di bilah status.

Cara Menampilkan Kecepatan Internet Menggunakan Aplikasi

  • Buka menu Google Play Store atau App Store dan download aplikasi penampil speed internet. Tutorial ini menggunakan aplikasi Internet Speed Meter.
  • Setelah proses download selesai dan aplikasi terpasang, langsung saja buka aplikasinya.
  • Pada halaman utama, kamu akan langsung disuguhkan dengan informasi mengenai banyaknya kuota internet yang kamu gunakan pada saat itu. Di sana tertera tanggal, jumlah pemakaian selama siang dan malam hari lengkap dengan totalnya.
  • Untuk mengetahui kecepatan internet, kamu hanya perlu membuka bar notifikasi dengan menggeser layar dari atas ke arah bawah.
  • Nantinya, kecepatan internet pada saat itu akan ditampilkan.

Selain Internet Speed Meter, kamu juga bisa menggunakan aplikasi lain untuk menampilkan kecepatan internet.

Kamu bisa menggunakan aplikasi Internet Speed Meter Lite, Network Speed – Internet Speed, NetSpeed Indicator: Internet S, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA: Cara Mengetahui HP Disadap atau Tidak, Cek Sebelum Terlambat!

Itulah cara menampilkan kecepatan internet di HP Android. Dengan mengaktifkannya, kamu jadi lebih mudah memonitor kecepatan internet. Semoga bermanfaat.