Tips & Trik

Cara Menambahkan Subtitle di YouTube Secara Manual dan Otomatis

Cara menambahkan subtitle di YouTube termasuk salah satu strategi penting yang harus kamu ketahui agar konten video yang ada di channel YouTube kamu disukai oleh banyak orang.

Membuat subtitle bahasa Indonesia pada video yang sudah di upload di YouTube bisa kamu lakukan dengan mudah, sebab prosesnya tidak membutuhkan keahlian khusus.

Selain videonya jadi lebih nyaman saat ditonton, dengan menambahkan subtitle Bahasa Indonesia penonton jadi bisa mengetahui secara jelas kata-kata yang kamu ucapkan pada video tersebut. Apalagi jika video yang kamu upload itu menggunakan bahasa daerah.

Buat kamu yang penasaran dan ingin segera mencobanya, berikut adalah tutorial cara menambahkan subtitle Bahasa Indonesia di YouTube.

Cara Menambahkan Subtitle di YouTube

Jadi cara menambahkan subtitle Indonesia di YouTube yang akan Hallo GSM bagikan kali ini tidaklah sesulit dengan apa yang kamu bayangkan. Kamu bisa mengerjakannya di waktu senggang kapanpun dan dimanapun kamu mau.

1. Login ke akun YouTube kamu. Jika sudah berhasil login, klik foto profil kamu kemudian klik pada menu Channel Anda.

Cara menampilkan subtitle di YouTube yang tidak ada CC. (SS)

2. Selanjutnya klik tombol Kelola Video dan secara otomatis kamu akan dibawa ke halaman YouTube Studio.

3. Setelah itu silahkan kamu pilih menu Subtitle yang berada di urutan keenam dari daftar menu yang ada di bawah foto profil.

Cara menambahkan subtitle Indo di YT. (SS)

4. Tinggal tentukan video yang ingin kamu tambahkan subtitle, klik Tambahkan Bahasa dan pilih Indonesia.

Nantinya kamu akan diberi tiga opsi yang bisa dipilih untuk menambahkan subtitle pada video tersebut, mulai dari Upload File, Sinkronisasi Otomatis dan Ketik Manual.

BACA JUGA: Aplikasi Pembuat Intro YouTube Paling Keren

Upload File

Apabila kamu sudah pernah menginput translate bahasa dari video tersebut kamu hanya tinggal menguploadnya saja. Tapi sebelum itu, pastikan terlebih dahulu file yang akan kamu gunakan sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh pihak YouTube.

Caranya sangat mudah, klik opsi Upload File setelah itu tinggal pilih jenis jenis subtitle, apakah dengan penunjuk waktu atau tanpa penunjuk waktu.

Klik Lanjutkan > Pilih file yang akan digunakan > Simpan.

Sinkronisasi Otomatis

Cara menambahkan subtitle Indonesia di YT yang berikutnya adalah dengan memanfaatkan fitur Sinkronisasi Otomatis, jadi dengan fitur ini kamu bisa mengetik kata-kata yang ada di video sembari menontonya.

Tapi agar subtitle-nya tidak ngawur kamu harus mengaktifkan penunjuk waktu.

Pilih Sinkronisasi Otomatis, kemudian ketik kata-kata yang kamu ucapkan dalam video tersebut. Selanjutnya klik Tetapkan Waktu dan YouTube akan otomatis menyinkronkan subtitle dengan waktu dan suara yang terdengar di video.

Jika sudah selesai tinggal klik Simpan.

Cara Menambahkan Subtitle di YouTube Secara Manual

Ini adalah cara menambahkan subtitle YouTube yang paling recommended. Kenapa? Karena dengan mengetik manual akan membuat subtitle sesuai dengan waktu dan kata-kata yang diucapkan.

Disini kamu tinggal mengetikkan kata-kata sesuai suara yang muncul di video dan menentukan waktu untuk menampilkan subtitle-nya.

Pilih Ketik Manual, lalu ketik secara manual kata-kata yang kamu dengar dari video. Tentukan waktu kapan subtitle tersebut akan dimunculkan.

BACA JUGA: Cara Verifikasi Akun YouTube

Itulah cara menambahkan subtitle di YouTube, semoga tutorial di atas bisa membantu kamu mendapatkan banyak subscriber.