Tips & Trik

Cara Menambah RAM HP Oppo agar Kinerja Semakin Ngebut

Apakah Anda pengguna HP Oppo dan mengalami gangguan seperti lag, lemot, hingga tidak bisa memasang aplikasi? Cara menambah RAM HP Oppo berikut ini wajib untuk dicoba.

Salah satu penyebab smartphone menjadi bermasalah seperti sering lag atau lemot bisa jadi karena kapasitas RAM (Random Access Memory) pada perangkat sudah penuh.

RAM ini bertugas untuk menyimpan berbagai data atau instruksi dari aplikasi-aplikasi dan bersifat sementara.

Setiap smartphone biasanya memiliki ukuran RAM yang berbeda. Mulai dari beberapa MB, hingga kini belasan GB. Semakin besar kapasitas RAM yang dimilikinya, maka kinerja dari smartphone tersebut akan semakin gesit.

Kebanyakan smartphone pada saat ini dibekali dengan kapasitas RAM yang lega. Mengingat, banyak konsumen yang mengandalkan ponsel pintarnya untuk menjalankan banyak aplikasi.

Dengan begitu, berbagai aktivitas multitasking ataupun bermain game akan berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan.

Di masa serba digital ini, bagi sebagian orang, HP dengan RAM 4GB sudah terbilang pas-pasan. Alhasil, ketika banyak aplikasi penting yang sudah diinstal, kinerja perangkat akan semakin menurun.

Untuk mengatasi berbagai masalah yang timbul diakibatkan kapasitas RAM yang penuh, Anda bisa menghapus cache pada sejumlah aplikasi atau dengan cara menambah RAM.

Ya, disamping RAM yang besar, produsen smartphone juga tak jarang yang membekalinya dengan fitur RAM Expansion yang memungkinkan penggunanya untuk memperluas kapasitas RAM pada HPnya.

Agar lebih mudah untuk menambah kapasitas RAM pada smartphone Oppo, Anda bisa mengikuti langkah-langkah menambah RAM di HP Oppo berikut ini.

Cara Menambah RAM HP Oppo

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa tutorial di bawah ini menggunakan HP Oppo dengan antarmuka ColorOS 12.1 yang berbasis OS Android 12.

Jika Anda pengguna smartphone Oppo dengan sistem operasi yang berbeda, mungkin perlu sedikit penyesuaian.

  • Untuk menambah RAM, buka menu Pengaturan atau Settings yang ada di HP Oppo Anda.
  • Scroll atau gulir layar hingga menu terakhir dan klik Tentang perangkat.
  • Kemudian, pilih opsi RAM
    .
  • Pada halaman selanjutnya, pilih kapasitas RAM yang diinginkan.
  • Anda bisa memilih 1GB, 2GB, atau 4GB sesuai dengan kebutuhan.
  • Setelah itu, Anda perlu melakukan restart. Caranya, klik tombol Power dengan Volume Atas secara bersamaan. Kemudian, geser tombol slider ke menu Hidupkan Ulang.
  • Tunggu hingga HP Oppo Anda menyala kembali.
  • Setelah itu, kapasitas RAM pada HP Oppo berhasil ditambahkan.

Sejatinya, fitur RAM expansion bekerja dengan meminjam ruang kosong dari penyimpanan internal untuk menjadi RAM virtual.

Dengan adanya RAM virtual, membuat sistem menjadi lebih lancar dalam menjalankan banyak aplikasi dengan multitasking.

Untuk itu, sebaiknya penyimpanan internal pada smartphone Anda disisakan dan diberi ruang kosong yang cukup agar fitur RAM Expansion dapat berjalan dengan lancar ketika dibutuhkan.

Sebenarnya, RAM Expansion bisa dinonaktifkan jika Anda merasa tidak membutuhkannya. Apalagi, ketika penyimpanan internal sudah hampir penuh, lebih baik fitur RAM Expansion dinonaktifkan agar sistem dan juga aplikasi dapat tetap bekerja dengan optimal.

BACA JUGA: Cara Mengunci Aplikasi di HP Oppo agar Privasi Lebih Terjaga

Demikian cara menambah RAM HP Oppo yang bisa dipraktekkan dengan mudah. Semoga dapat membantu Anda pengguna HP Oppo yang mengalami masalah seperti lag, lemot, atau masalah lainnya yang menyangkut kinerja.