Tips & Trik

Cara Memperpendek Link Gratis, Cepat dan Anti Ribet

Sering menyalin sebuah link namun terlihat runyam karena terlalu panjang? Jangan risau, karena ada cara memperpendek link yang bisa dilakukan dengan mudah dan bahkan gratis, lho.

Membagikan link biasanya digunakan untuk tujuan marketing atau pemasaran, pembelajaran, portofolio, dan lain-lain.

Seorang pebisnis online, pencari kerja, ataupun mahasiswa pastinya ingin link yang dibagikan terlihat rapi dan juga menarik agar audiens mau mengklik dan gampang mengingat link tersebut.

Jika menggunakan link yang terlalu panjang, alhasil terkesan tidak rapi, memakan banyak tempat, sulit diingat, dan parahnya membuat audiens malas untuk mengkliknya.

Sekarang, hal tersebut bisa dihindari karena sudah banyak situs yang menawarkan jasa mempersingkat link (short link). Caranya juga cukup mudah dan praktis.

Menariknya lagi, banyak situs penyedia layanan short link yang bisa diakses tanpa berbayar, alias gratis. Penasaran? Nah, berikut ini Hallo GSM sajikan berbagai situs yang bisa diandalkan untuk memperpendek link, lengkap dengan caranya. Yuk, simak artikelnya!

Cara Memperpendek Link

Menggunakan Bitly

Bitly merupakan situs untuk memperpendek link yang terbaik dan terpopuler saat ini. Menariknya lagi, situs ini juga bisa digunakan untuk mengedit bahkan membuat link, seperti link WhatsApp yang biasanya disebar atau dicantumkan oleh pebisnis online.

Dengan menggunakan Bitly, lalu lintas yang terjadi pada link yang dibagikan juga bisa terpantau dengan mudah. Misalnya, mengetahui jumlah klik dan dari mana saja orang yang mengunjungi link tersebut.

Untuk memperpendek link menggunakan situs ini, simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Masuk ke situs bitly.com melalui Browser yang tersedia pada perangkat HP, laptop, ataupun komputer.
  • Setelah itu, scroll atau gulir layar hingga menemukan kolom bertuliskan Shorten your link.
  • Lalu, Paste atau tempel link yang ingin diperpendek dan klik Shorten
    . Hanya dalam sekejap mata, situs tersebut otomatis mengubah link yang dimaksud ke dalam versi pendek.
  • Berhasil. Link telah berubah menjadi lebih singkat, dan bisa langsung di salin dengan mengklik Copy yang berada di bawah link terbaru.

Untuk memodifikasi dan memantau semua lalu lintas pada link yang dibagikan, pengguna harus mendaftar terlebih dahulu.

Jika sudah melakukan pendaftaran, pengguna juga bisa mengubah bagian belakang link menjadi nama bisnis, toko, nama sendiri, atau apapun itu, asalkan nama tersebut belum pernah digunakan.

Menggunakan TinyURL

Situs ini sudah ada sejak tahun 2002, lho, dan sampai saat ini masih banyak yang mengandalkannya untuk mempersingkat link.

Tampilan pada TinyURL sangat simpel, sehingga tidak membingungkan pengguna.

  • Membuat link menjadi lebih pendek menggunakan situs ini tinggal masuk ke Browser dan ketik TinyURL.com pada kolom pencarian.
  • Setelah itu, klik situs TinyURL dan langsung saja tempel link yang hendak diperpendek.
    Kemudian, klik Make TinyURL.
  • Selesai. Link yang dimaksud berubah menjadi lebih ringkas.

Cara Memperpendek Link Menggunakan Situs Cuttly

Selanjutnya, ada situs Cuttly yang bisa dimanfaatkan untuk mempersingkat link dengan mudah tanpa ribet. Caranya tidak jauh berbeda dengan situs penyedia layanan shorter link lainnya.

Cukup salin atau Copy link yang akan diperpendek, kemudian tempel pada kolom yang ada di situs Cuttly. Setelah itu, klik Shorten dan hasilnya otomatis akan muncul pada saat itu juga.

Situs ini memang bisa digunakan dengan gratis. Namun, sayangnya, pengguna tidak bisa menikmati fitur unggulan yang ditawarkan situs Cuttly jika hanya menggunakan layanan gratis.

Menggunakan Shorturl.at

Cara lain yang bisa dilakukan untuk memperpendek link adalah dengan memanfaatkan situs Shorturl.at. Selain prosesnya mudah dan cepat, keamanan pada situs ini juga terjamin, karena pelayanannya memiliki protokol HTTPS dan enkripsi data.

Shorturl.at kompatibel dengan smartphone, tablet, bahkan desktop.

  • Langkah pertama untuk memperpendek link menggunakan situs ini adalah dengan menyalin link yang dimaksud.
  • Kemudian, buka aplikasi Browser pada perangkat, dan masuk ke situs Shorturl.at.
  • Setelah itu, tempel link tadi pada kolom yang tersedia untuk membuatnya lebih pendek.
  • Klik Shorten URL dan hasilnya akan langsung muncul.

Selain mempersingkat link, situs Shorturl.at bisa digunakan untuk memantau jumlah klik pada link yang telah dipersingkat.

BACA JUGA: Cara Mengetahui Password WiFi yang Terhubung di HP dan PC

Nah, itulah beberapa cara memperpendek link yang bisa dilakukan dengan mudah, praktis dan juga gratis. Jika link sudah singkat, tampilannya akan lebih menarik dan mudah diingat.