Tips & Trik

Cara mempercepat koneksi jaringan WiFi yang super lemot

Berjelajah di internet memang menjadi sesuatu yang menyenangkan. Namun hal tersebut akan menjadi menyebalkan jika koneksi wifi ternyata lambat. Masalah seperti ini memang sering dialami oleh banyak orang dan mungkin kamu salah satunya. Sudah berbagai cara mempercepat koneksi wifi pun sudah kamu coba namun ternyata tak berhasil.

Perlu diketahui, jika masalah jaringan wifi yang lambat akan terjadi karena berbagai alasan. Maka dari itu kamu harus melihat terlebih dahulu apakah terjadi kesalahan atau tidak, sehingga kamu pun bisa menentukan solusi apa yang akan kamu lakukan.

Nah, berikut ini beberapa langkah-langkah yang bisa kamu coba di rumah untuk cara mempercepat koneksi internet wifi kalian yang lemot, antara lain:

Cara memepercepat koneksi wifi

Letakkan router di tempat yang strategis

Penempatan posisi router menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk kamu perhatikan. Sebagai alat pemancar wifi, jika ia diletakkan dalam posisi yang salah maka efektivitasnya pun akan berkurang. Maka dari itu, sangatlah dianjurkan agar kamu menempatkan router dalam posisi yang strategis sesuai kebutuhan.

Tak hanya itu, usahakan juga agar memposisikannya pada tempat yang agak terbuka, jangan langsung bertemu pada dinding yang malah akan mengakibatkan sinyal wifi menjadi terganggu dan tak menyebar dengan baik.

Atur posisi antena pada router

Jika kamu menggunakan router yang mempunyai antena eksternal, maka bisa mencoba cara mempercepat wifi yang satu ini. Karena tanpa disadari, ternyata arah dari antena pada router juga berpengaruh terhadap kinerjanya. Cobalah untuk mengubah arah dari antena tersebut sampai mendapatkan koneksi yang lebih bagus dari yang sebelumnya.

Coba aplikasi heatmapping

Software yang satu ini membantu kamu dalam melihat seberapa efektif cakupan sinyal wifi.

Dengan begitu kamu dapat menentukan dimana posisi router yang efektif agar sinyalnya menyebar dengan efektif.

Coba juga tips untuk mengubah arah antena seperti diatas agar mendapatkan hasil yang lebih baik.

Ubah jadi jaringan tertutup

Semakin banyak orang yang memakai jaringan wifi, maka koneksinya akan semakin lambat. Maka dari itu jika kalian tak ingin ada para pemburu wifi gratisan yang ikut numpang tanpa ijin.

Maka cara mempercepat wifi yang paling ampuh yakni dengan memberikan password pada jaringan hotspot kalian.

Dengan begitu hanya perangkat tertentu saja yang bisa terkoneksi dan menggunakan wifi tersebut.

Ubah frekuensi ke 5GHz

Sekarang ini ada 2 jenis frekuensi pada wifi yakni 2,4GHz dan 5GHz. Lebih bagus yang mana? Tergantung dengan kondisi kalian, jika ada banyak barang elektronik yang menggunakan frekuensi 2,4GHz maka konkesi wifi pun juga akan terpengaruh.

Apabila terjadi, maka alangkah baiknya untuk kamu mengubah setting router kamu dari frekuensi 2,4GHz ke 5GHz.

Namun sebelum itu pastikan terlebih dahulu perangkat kamu telah mendukung frekuensi 5GHz juga ya.

Pilih saluran yang tak terlalu ramai

Selain pemilihan frekuensi, pengaturan saluran pada router juga terbilang penting. Pada umumnya di frekuensi 2,4GHz akan banyak yang menggunakan saluran 1, 6 dan 11.

Maka dari itu disarankan untuk kamu memilih saluran yang lain. Namun akan lebih baik lagi jika kamu sudah beralih pada frekuensi 5GHz.

Tambahkan perangkat repeater

Salah satu penyebab koneksi wifi lemot yakni penyebaran sinyal yang lemah. Nah, cara mempercepat koneksi wifi ini kamu dapat memanfaatkan repeater.

Perangkat itulah yang akan bermanfaat untuk memperkuat dan memperluas cakupan sinyal yang ada.

Dengan begitu kamu bisa mendapatkan koneksi yang lebih bagus dari sebelumnya.

Ganti router dengan yang baru

Kembali lagi jika router merupakan faktor yang sangat penting dalam hal ini. Jika perangkat yang kamu gunakan sudah lama maka disarankan untuk kamu agar cepat menggantinya.

Selain karena kinerjanya yang sudah kurang efektif, maka router jenis baru jelas mempunyai teeknologi yang lebih baik.

Hal ini akan sangat baik jika kamu ingin mempunyai wifi berkecepatan tinggi.

Minta bantuan ke ISP

Jika semua cara mempercepat wifi di atas belum dapat mengetasi wifi kamu yang lemot, maka alangkah baiknya kamu segera meminta bantuan.

Kamu bisa menghubungi ISP untuk mengirimkan tanaga ahli agar dapat mempercepat koneksi wifi kamu.

BACA JUGA: Cara membobol password WiFi menggunakan ponsel Android

Mereka tentu lebih kompeten dan dapat mencari tahu sebenarnya penyebab dari masalah tersebut. Selain itu, cara yang satu ini juga sangatlah cocok untuk kalian yang tak mau repot.

Demikianlah beberapa cara mempercepat koneksi wifi yang lemot. Semoga dengan cara-cara di atas bermanfaat untuk kamu dalam mengatasi internet hotspot yang lambat di tempatmu. Semoga bermanfaat!